Home Tutorial Cara Memperbaiki Asus Zenfone 4 Bootloop Stuck di Logo Asus

Cara Memperbaiki Asus Zenfone 4 Bootloop Stuck di Logo Asus

Kejadian ponsel Asus restart berulang kali pada logo biasa dinamakan Bootloop. Beberapa penyebab HP Android mengalami bootloop yaitu gagal rooting, pengguna memodifikasi sistem Android atau gagal sewaktu melakukan upgrade dan downgrade. Zenfone 4 sendiri memang sering mengalami bootloop. Lantas bagaimana cara memperbaiki Asus Zenfone 4 bootloop stuck di logo Asus?

Bila Android Zenfone 4 pengguna mengalami Bootloop dan tidak bisa booting, jangan cepat dibawa pada pusat servis. Cobalah memperbaiki dulu sendiri di rumah, dengan catatan yang bermasalah hanya perangkat lunaknya, bukan hardwarenya.

Untuk memperbaikinya, sediakan SD card atau kartu memori dengan sedikitnya ruang kosong 2 giga bytes. Sebab, dengan langkah-langkah berikut ini akan terhapus semua apk dan game yang pernah terpasang.

Cara Memperbaiki Asus Zenfone 4 Bootloop Mudah

1. Mengunduh Firmware Zenfone4

Pertama-tama, cara memperbaiki Asus Zenfone 4 bootloop stuck di logo Asus ialah mengunduh Stock Firmware dari Zenfone4. Untuk  Firmware SKU WW v.4.3.11 Jelly Bean ukurannya 700 megabytes dari Mediafire. Jika yang diunduh ialah Firmware ww v6.5.27 Kitkat, ukurannya 830 mega bytes.

Untuk Firmware versi jelly bean, sesudah proses unduh selesai ubah namanya jadi A400CG all WW user V4(dot)3(dot)11(dot)raw.

2. Menyimpan FirmWare pada SD Card

Taruh firmware dengan format (dot)RAW yang sudah rampung diunduh tadi ke dalam memori eksternal, bisa micro SD atau kartu memori. Bila mungkin pakailah micro SD yang masih kosong. Format dulu kartu memori supaya tidak ada hambatan di proses selanjutnya. Sesudah terunduh, taruh file A400CG all WW user V6(dot)5(dot)27(dot)raw pada kartu memori / kartu SD.

Bila pengguna tidak memiliki PC, bisa meminjam ponsel teman guna mengunduh dan menaruh file unduhan itu di Kartu SD.

3. Melakukan Droidboot

Cara memperbaiki Asus Zenfone 4 bootloop stuck di logo Asus selanjutnya ialah memasukan Kartu Memori yang sudah berisi file unduhan pada Zenfone 4 milik pengguna yang mengalami bootloop. Sesudah itu, pengguna bisa mematikan ponselnya, kemudian masuk pada Mode DroidBoot atau nama lainnya FastBoot.

Caranya ialah menekan tombol volume up untuk membesarkan suara bersama dengan tombol Power. Tahan pada posisi itu sampai keluar ikon robot hijau memakai helm kuning.

4. Melakukan Factory Reset

Setelah berhasil masuk pada menu droidboot, cara memperbaiki Asus Zenfone 4 bootloop stuck di logo Asus dilakukan dengan memilih Factory Reset. Sesudah berada di menu droidboot, pengguna harus memilih SD Download. Caranya ialah memakai tombol volume untuk menaikan atau menurunkan suara dan tombol Power. Sesudah itu, pilihlah factory reset di pilihan yang ada.

5. Menunggu Proses Flashing dan Restart Selesai

Sesudah memilih SD Download, temukan dan pilih stock firmware. Saat itu flashing akan berjalan secara otomatis. Nantikan proses flashing sampai rampung. Jika sudah selesai, ponsel akan melakukan restart sendiri secara otomatis. Pada kasus tertentu, seringnya sesudah proses flash rampung, sistem ponsel hanya keluar sampai logo Asus Incredible.

Jika itu masih terjadi, matikan HP lalu ulangi proses dengan masuk Droidboot kemudian memilih Factory Reset lagi. Sesudah berhasil, pengguna bisa memakai Zenfone 4nya lagi. Zenfone 4 dengan Android Kitkat maupun Jelly Bean akan seperti HP baru

Demikian lima cara memperbaiki Asus Zenfone 4 bootloop stuck di logo Asus. Langkah-langkah yang harus dilakukan di atas tidaklah sulit, namun harus dilakukan secara hati-hati dan secara urut.

Ini untuk menghindari terjadinya error. Jika semua langkah sudah diikuti, seharusnya HP akan dapat dipakai lagi seperti sedia kala.

Postingan Terkait :