Home Tutorial Begini Cara Memperbaiki Samsung Galaxy Chat Bootloop

Begini Cara Memperbaiki Samsung Galaxy Chat Bootloop

Cara Memperbaiki Samsung Galaxy Chat Bootloop – Perusahaan Samsung saat ini menawarkan banyak pilihan dari produk smartphonenya, salah satunya Samsung Galaxy Chat. Namun, smartphone yang satu ini juga tak luput dari berbagai kerusakan yang sering dialami oleh banyak pengguna ponsel lain. Salah satu permasalahan umum yang sering terjadi adalah Samsung Galaxy Chat bootloop.

Kondisi demikian tentu saja membuat sebagian orang merasa jengkel karena memungkinkan hilangnya berbagai data yang telah tersimpan.  Jika diartikan, kondisi bootloop pada sebuah ponsel berarti tidak dapat melakukan startup dan tak bisa masuk pada sistem.

Sebagai solusi, berikut beberapa langkah mengatasi bootloop pada hp Samsung Galaxy Chat.

Cara Mengatasi Samsung Galaxy Chat Bootloop

Mempersiapkan Flashing

Salah satu cara untuk memperbaiki Samsung Galaxy Chat bootloop adalah dengan melakukan proses flashing. Sebenarnya, jika diartikan proses tersebut berarti upaya untuk mengembalikan sebuah sistem operasi pada pengaturan awal. Dengan harapan tidak akan kembali terjadi proses bootloop yang sangat mengganggu.

Proses memperbaiki error lewat flashing ini sebenarnya bisa dilakukan seorang diri. Tapi, tentu pengguna harus memiliki sedikit ilmu agar tidak salah dalam mengotak-atik.  Berikut sederet hal yang perlu dipersiapkan.

1. Mengecek Kesesuaian

Untuk memperbaiki Samsung Galaxy Chat bootloop, pertama yang harus diperhatikan adalah mengecek bagaimana kesesuaian antara versi smartphone dengan firmware. Apabila firmware yang didownload ini justru tidak cocok, maka tidak akan bisa untuk melakukan proses berikutnya.

Maka dari itu, pentingnya proses pengecekan ini sebelum memulai proses atau tahap selanjutnya.

2. Kecukupan Baterai

Sebenarnya dalam melakukan hal apapun yang berhubungan dengan elektronik ataupun smartphone, keberadaan baterai sangatlah diperhitungkan. Begitupun untuk memperbaiki Samsung Galaxy Chat bootloop ini. Pengguna harus mengecek bahwa baterai yang tersedia melebihi 60%.

3. Gunakan USB Bawaan

Catatan berikutnya yang tidak kalah penting adalah pengguna harus menggunakan kabel USB dari ponsel Samsung Galaxy Chat. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar nantinya proses flashing berjalan dengan lancar dan stabil. Apalagi tidak semua ponsel cocok menggunakan sembarang kabel USB.

Memulai Flashing Ponsel

Setelah mempersiapkan berbagai hal yang diperlukan, tahap selanjutnya masuk pada flashing Samsung Galaxy Chat bootloop. Untuk itu, pastikan juga pengguna sudah melakukan instalasi pada berbagai hal yang diperlukan. Mulai dari driver USB Samsung, maupun firmware yang akan digunakan.

Sementara untuk langkah-langkah pengerjaannya terbilang sangat mudah. Karena pengguna hanya perlu mengikuti sederet hal yang tertera. Seperti penjelasannya berikut ini.

1. Mengekstrak Firmware

Langkah pertama pengguna harus melakukan ekstrak pada Samsung Galaxy Chat. Bersamaan dengan itu, jangan sampai pengguna lupa untuk melakukan instalasi pada driver USB Samsung. Setelah di ekstrak, maka bukalah file tersebut.

2. Masuk ke Download Mode

Langkah berikutnya pengguna harus masuk dalam mode download. Hal ini bisa dilakukan saat sebuah ponsel berada dalam kondisi mati total. Cara untuk bisa masuk dalam proses ini adalah tekan secara bersamaan tombol power dan Vol Down.

3. Masuk di Menu Warning

Setelah proses sebelumnya dijalankan, pengguna disarankan untuk lanjut serta masuk dalam menu warning. Saat proses ini akan tertera dua pilihan yaitu cancel dan kontinu. Agar bisa menekan tombol continue, pengguna bisa gunakan tombol vol up.

4. Sambungkan ke Laptop

Terakhir, sambungkan ponsel menggunakan kabel data ke laptop hingga terdeteksi. Kemudian tinggal masukkan firmware Samsung yang sebelumnya telah didownload. Tunggulah hingga proses ini selesai sampai muncul tulisan pass. Selanjutnya, ponsel akan secara otomatis di restart dan bisa kembali digunakan.

Itulah penjelasan panduan flashing di Samsung Galaxy Chat bootloop. Berbagai langkah mudah tersebut sebenarnya bisa dilakukan seorang diri dengan catatan jangan panik saat proses atau kesalahan terjadi. Tetapi bukan berarti pengguna tidak bisa meminta bantuan ahli secara langsung.

Postingan Terkait :