Home Tutorial Oppo Joy Stuck di Logo! Begini Cara Ampuh Mengatasinya

Oppo Joy Stuck di Logo! Begini Cara Ampuh Mengatasinya

Cara Mengatasi Oppo Joy Stuck di Logo – Jika Oppo Joy mengalami bootloop dimana ponsel stuck atau berhenti pada logo Oppo, pengguna pasti merasa panik. Kemudian muncul pertanyaan, apa yang harus dilakukan tanpa membawanya ke tempat service? Tenang, karena itu mudah. Pada artikel berikut akan dibahas bagaimana cara mengatasi hp Oppo Joy bootloop.

Karena sudah tergolong sebagai ponsel lama, sehingga Oppo Joy stuck di logo kemungkinan akan sering terjadi. Penyebabnya selain bootloop ialah apk yang error, masalah Force Close, sampai lupa kata sandi.

Untuk mengatasinya, pemilik bisa mengunduh lagi firmware Oppo Joy supaya ponsel kembali fresh sama seperti HP baru. Berikut langkah-langkah mengatasi ponsel stuck, baik  itu memakai bantuan PC maupun tidak.

Mengatasi Bootloop dengan PC

Ada baiknya pemilik ponsel mencoba memperbaiki masalah sendiri sebelum membawa Oppo Joynya ke tempat service. Jika kemungkinan kerusakannya bukan pada hardware, jadi pemilik bisa mencoba memperbaikinya dengan bantuan PC. Ini dia langkahnya:

1. Mengunduh Software yang Diperlukan

Perangkat lunak yang diperlukan guna mengatasi  Oppo Joy stuck di logo ialah Firmware Oppo – R1001 dengan kata sandi untuk mengunduh oppomobile.vn kemudian unduh SP Flashtool dan terakhir MTK Driver USD. Pengunduhan MTK Driver harus disesuaikan dengan Windows.

File yang diunduh tadi harus diletakkan pada luar folder. Pengguna bisa meletakkan file tersebut di SD card. Karena PC sudah disiapkan, pakai card Reader yang akan dibuka di PC.

Setelah pengunduhan rampung, ekstrak dulu keduanya: SP Flash Tool beserta Oppo Firmware agar lebih memudahkan saat dipakai.

2. Mematikan dan Menghidupkan Ponsel Kembali

Langkah berikutnya, pengguna harus mematikan ponselnya dengan menekan sembari menahan tombol pengecil suara atau volume down bersama dengan tombol power. Tahanlah selama beberapa detik lalu lepaskan. Setelah ponsel dihidupkan lagi, pengguna mesti masuk pada Menu Recovery Oppo dan pilih English pada pilihan bahasa.

3. Melakukan Flashing

Setelah itu, pengguna mesti memilih Wipe Data dan Cache untuk memulihkan Oppo Joy stuck di logo kemudian pilihlah Yes. Lalu pilihlah Unduh From SD sesudah itu klik File yang bertuliskan R 1001 11 A 14OTA INT 014all 150623 (dot) zip yang tadi sudah diunduh. Tunggu sampai proses flashing yang sudah dimulai ini selesai

4. Melakukan Reboot

Selanjutnya, pilihlah tombol Reboot dan dilanjutkan dengan mengklik Yes. Tunggulah sampai kurang lebih lima menit sampai proses ini selesai. Tapi perlu diperhatikan cara ini bisa melenyapkan semua data yang telah disimpan pada storage internal. Karena itu sebelumnya bila sempat data yang penting harus diamankan terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Oppo Joy Bootloop tanpa PC

Ini tutorial memulihkan Oppo Joy stuck di logo jika tidak ada PC yang bisa dipakai. Pertama, pengguna mesti mematikan ponselnya. Jika tidak bisa dimatikan copot baterainya. Akses saja Mode Recovery.

Cara dengan menekan bersama-sama kenop power dan kenop pengecil suara. Tulisan mode recovery akan keluar di pojok kiri bagian bawah. Saat itu, lepaskan tombol yang ditekan lalu pilih bahasa yang mau dipakai.

Langkah selanjutnya ialah memilih “Wipe data dan Cache “. Pengguna harus menyetujui persyaratan dengan memilih “Yes” lalu menunggu selama beberapa waktu sampai wipe dan cache rampung.

Terakhir, pengguna mesti memilihlah “Reboot” begitu proses wipe rampung. Konfirmasi ulang lagi dengan memilih “Yes“.

Jika tahap-tahap pemulihan Oppo Joy stuck di logo tadi sudah selesai dilakukan, maka HP seharusnya sudah pulih lagi dan bisa dioperasikan. Kemungkinan pengguna akan diminta melakukan proses pendaftaran ulang seperti saat ponsel yang baru dibeli.

Kondisi ponsel setelah langkah-langkah di atas akan berada di kondisi standar dari pabrik. Semua data sudah hilang hanya ada program bawaan dari pabrik, sekaligus fresh tanpa adanya error.

Postingan Terkait :