Home Tutorial Cara Reset HP OPPO ke Pengaturan Pabrik dengan Mudah

Cara Reset HP OPPO ke Pengaturan Pabrik dengan Mudah

Wartapoin.com – Reset HP ke pengaturan pabrik seringkali menjadi solusi terakhir yang biasa digunakan oleh seseorang untuk mengatasi smartphone lamanya yang sudah mulai lemot. Fitur reset ini menjadikan sebuah smartphone seperti baru lahir, karena memang setelah HP direset semua data maupun aplikasi yang sebelumnya sudah terinstal akan hilang, menjadi seperti HP baru.

Fitur reset ke pengaturan pabrik umumnya sudah tersedia di semua merek smartphone saat ini, salah satunya adalah produk smartphone merek Oppo. Oppo merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Tiongkok yang memproduksi dan menjual berbagai jenis ponsel pintar dan perangkat elektronik lainnya. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2004 dan telah berkembang menjadi salah satu produsen ponsel terkemuka di dunia termasuk Indonesia.

Cara Reset HP OPPO ke Pengaturan Pabrik dengan Mudah

Cara Reset HP OPPO ke Pengaturan Pabrik dengan Mudah

Cara reset HP oppo sebenarnya hampir sama seperti merek-merek smartphone lain seperti smartfren andromax, lenovo, asus dan beberapa merek lainnya. Mungkin yang sedikit membedakan adalah letak menunya.

Apa itu Reset ke Pengaturan Pabrik

Reset pengaturan pabrik adalah proses untuk mengembalikan pengaturan perangkat ke kondisi default seperti saat pertama kali dibeli. Melakukan reset pengaturan pabrik akan menghapus semua data yang ada di perangkat, termasuk aplikasi yang diinstal, file, dan pengaturan yang telah Anda buat.

Setelah reset pengaturan pabrik, perangkat akan kembali seperti baru dan siap untuk digunakan kembali. Reset pengaturan pabrik biasanya dilakukan ketika Anda mengalami masalah dengan perangkat Anda atau ingin menjual perangkat kepada orang lain.

Penyebab HP Harus di Reset ke Pengaturan Pabrik

Penyebab reset pengaturan pabrik biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti ketika Anda mengubah pengaturan sistem secara tidak sengaja dan tidak dapat mengembalikannya ke kondisi sebelumnya dan ketika Anda mengalami masalah dengan perangkat Anda, seperti error atau crash, dan perlu mengembalikan perangkat ke kondisi default untuk memperbaikinya.

Namun melakukan reset HP kebanyakan dilakukan oleh seseorang yang ingin menjual atau memberikan perangkat pribadinya kepada orang lain dan ingin membersihkan semua data pribadi dan pengaturan yang ada di perangkat tersebut, maka fitur reset HP ke pengaturan pabrik ini sangat diperlukan untuk menjaga keamanan data pribadi yang ada di HP lama.

Resiko Reset ke Pengaturan Pabrik

Tentu ada resiko dalam melakukan reset ke pengaturan pabrik ini, yaitu semua data akan hilang, entah itu dokumen, foto, video, musik dan aplikasi non bawaan yang sudah terinstall. HP yang sudah di reset ke pengaturan pabrik benar-benar menjadi seperti HP yang baru dibeli, di dalamnya hanya tersedia aplikasi bawaan smartphone saja.

Jadi sebelum melakukan reset, alangkah baiknya Anda mem-backup semua data yang ada di penyimpanan smartphone tersebut, supaya jika smartphone yang lama sudah tidak dipakai data-data tersebut bisa dipindahkan ke smartphone yang baru.

Cara Reset HP Oppo ke Pengaturan Pabrik

Ada 2 cara yang bisa Anda gunakan untuk reset HP Oppo. Pertama yaitu melalui pengaturan, cara ini bisa digunakan jika HP masih bisa masuk ke aplikasi pengaturan, keuntungannya Anda bisa memilih berbagai pilihan untuk mereset HP Oppo Anda.

Kedua yaitu melakukan hard reset, cara yang ini digunakan jika HP anda sudah tidak bisa masuk ke halaman awal smartphone atau biasa disebut bootlop, hard reset ini tidak menampilkan pilihan seperti cara pertama, melainkan akan menghapus semua data-data pada ponsel Anda. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut.

Reset HP Oppo Melalui Pengaturan

Masuk ke aplikasi Pengaturan → Pengaturan Tambahan → Buat Cadangan dan Reset → Reset ke Data Pabrik untuk me-reset HP OPPO Anda. Nanti akan muncul beberapa opsi seperti dibawah ini, Anda bisa memilih opsi yang dibutuhkan dan selanjutnya tinggal mengikuti langkah yang diberikan.

Tapi ingat! Anda harus menentukan pilihan secara matang, karena setelah di jalankan, proses tersebut tidak bisa dibatalkan lagi. Berikut menu opsinya:

1. Reset HP OPPO Pengaturan Sistem Saja
Pilihan ini akan mengatur ulang semua pengaturan sistem tanpa menghapus aplikasi, data atau file media apapun.

2. Hapus Aplikasi yang Diunduh dan Data Aplikasinya
Opsi ini akan menghapus aplikasi bukan bawaan HP yang sudah terinstall beserta semua data aplikasinya saja, tapi untuk file yang sudah didownload dan disimpan ke memori tidak akan hilang, seperi foto, video, musik, juga berkas-berkas lainnya.

3. Bersihkan Semua Data
Nah untuk pilihan yang ini sama seperti melakukan hard reset, semua data HP OPPO akan dihapus termasuk aplikasi, pengaturan sistem, nomor kontak, media seperti foto video dan musik. HP OPPO Anda akan disetel ulang ke keadaan awal seperti HP pembelian baru.

4. Bersihkan Kontak dan Riwayat Panggilan di Telepon Ini
Opsi ini hanya menghapus semua kontak dan riwayat panggilan yang disimpan di telepon/memori internal saja. Kontak yang disimpan di kartu SIM akan tetap ada. Data lain di HP OPPO Anda juga tidak akan terpengaruh. Namun untuk jaga-jaga, sebelum melakukan opsi ini alangkah baiknya membackup semua data kontak Anda.

5. Bersihkan Pesan SMS dan MMS di Telepon Ini
Opsi berikut ini akan menghapus semua SMS dan MMS yang tersimpan di HP Anda, jadi jika sekiranya ada sms yang penting, silahkan dicatat terlebih dahulu.

Hard Reset HP Oppo

Untuk melakukan hard reset, langkah pertama Anda bisa mematikan ponsel terlebih dahulu dengan menekan lama tombol power, selanjutnya mengaktifkannya lagi dengan tekan lama tombol Power dan tombol Volume bawah secara bersamaan untuk masuk ke Mode Recovery. Pilih bahasa, lalu klik Hapus Data untuk mulai melakukan penghapusan semua data HP Oppo.

Akhir Kata

Dengan demikian, kita dapat melihat bahwa melakukan reset ke pengaturan pabrik merupakan hal yang penting untuk dipahami dan dipertimbangkan dalam penggunaan sebuah smartphone.

Selesai sudah pembahasan tentang Cara Reset HP OPPO ke Pengaturan Pabrik dengan Mudah, semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang memang sedang membutuhkan tutorial ini. Terima kasih sudah berkunjung ke wartapin.com dan sampai jumpa di artikel menarik berikutnya.

Postingan Terkait :