Home HPK Kumpulan Aplikasi Linux

Kumpulan Aplikasi Linux

Wartapoin.com – Pengguna distro Linux yang masih baru pastinya akan dibingungkan dengan aplikasi apa saja yang harusnya ada di dalam sistem linux, karena sistem operasi komputer linux ini sangatlah berbeda dengan sistem operasi komputer lainnya, contohnya saja seperti windows.

Ketika anda akan memilih distro Linux, sebaiknya menyesuaikan dengan kebutuhan saja. Saat ini distro Linux memiliki banyak sekali varian desktop yang tersedia dari yang tampilannya simpel minimalis sampai ke yang modern dan elegan.

Supaya penggunaan berjalan lancar, sebaiknya gunakan tampilan desktop yang sesuai dengan spesifikasi hardware komputer yang akan di install distro Linux. Misalnya bila anda mempunyai komputer desktop maupun laptop dengan spesifikasi hardware minim, gunakanlah juga distro Linux dengan desktop tampilan yang ringan. Sebaliknya jika kamu mempunyai komputer atau laptop dengan spesifikasi yang maksimal, anda bisa memilih distro linux secara bebas untuk dipakai.

Linux Mint mungkin akan cocok untuk anda pengguna baru distro linux, karena dalam linux mint kita akan diberi kemudahan dalam proses pengoperasiannya. Namun jika anda ingin mencoba yang lainnya boleh-boleh saja, itu hanya rekomendasi dari saya sendiri.

Kumpulan Aplikasi Linux

Pada umumnya setelah kita menginstall sistem operasi Linux, tidak semua distro Linux menyertakan aplikasi yang lengkap dalam proses instalasinya. Nah maka dari itu saya akan merekomendasikan beberapa aplikasi yang terbilang penting dalam penggunaan sehari-hari untuk melengkapi kebutuhan anda dalam berakivitas menggunakan komputer. Berikut merupakan kumpulan aplikasi linux yang sangat dibutuhkan.

Mozilla Firefox Browser

Mozilla Firefox adalah peramban situs web yang sangat terkenal, mampu memberikan kenyamanan saat anda menjelajah dunia maya. Selain itu mozilla firefox ini juga cukup ringan dan cepat, oleh karena itu banyak yang menyukainya.

Dengan berbagai fitur mengagumkan yang diberikan oleh Firefox, tentu akan membuat anda merasa lebih nyaman dalam mengunjungi berbagai situs web untuk mencari informasi, data, video, audio dan berbagai keperluan lainnya.

Firefox banyak dipakai sebagai aplikasi default sistem berbagai distro Linux populer seperti Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Bila anda tidak terlalu suka dengan Mozilla Firefox, sebagai alternatif anda bisa mencoba Google Chrome, Vivaldi atau Opera Browser.

VLC Media Player

Selanjutnya yaitu aplikasi media player yang bisa digunakan untuk mendengarkan musik bahkan bisa digunakan juga untuk menonton video film, yaitu VLC Media Player. Bila anda pengguna komputer yang cukup lama, pasti pernah mendengar nama media player terkenal ini.

VLC Media Player merupakan pemutar audio dan video yang cukup powerfull, memiliki banyak fitur yang menarik dan tentunya bisa digunakan dalam mode offline maupun online. Memiliki fitur yang bisa menangkap layar komputer (screenshot) pada saat sedang memutar video merupakan satu hal yang menarik untuk digunakan.

Tidak hanya itu saja fitur menarik lainnya yang dimiliki VLC yaitu bisa merubah (convert) format video dalam berbagai format sesuai dengan yang kita inginkan.

LibreOffice

Yang pertama adalah LibreOffice, LibreOffice merupakan salah satu aplikasi perkantoran yang berbasis open source, memiliki fitur yang lumayan lengkap dan tentunya bisa menjadi alternatif terbaik pengganti Microsoft Office.

Di era digital ini aplikasi perkantoran memang harus ada dan terpasang di perangkat komputer, karena aplikasi perkantoran bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti menulis dokumen, membuat presentasi, database, penghitungan data numeric dan masih banyak lagi.

Untuk pengguna baru distro linux, saya menyarankan untuk menginstall LibreOffice, karena bersifat gratis dan seharusnya wajib ada di sistem linux yang sedang anda gunakan saat ini.

Geany (Text Editor & IDE)

Geany adalah “text editor” yang menggunakan Scintila dan GTK+. Geany tidak hanya dapat digunakan sebagai “text editor” saja, dengan plugin yang lengkap, Geany menjadi salah satu IDE (Integrated Development tampilan) yang banyak digunakan oleh mereka yang gemar coding. Geany dapat di install di sistem operasi Linux, Windows dan OS X.

Geany memiliki tampilan yang bersih, simpel, sederhana dengan struktur teks (kode) yang tersusun rapi. Sangat menyenangkan saat menggunakan IDE yang satu ini. Geany berjalan cukup ringan di sistem komputer sehingga tidak terlalu memakan sumber daya. Sangat cocok digunakan untuk editing kode dalam berbagai bahasa pemrograman (C, C++, C#, Java, JavaScript, PHP, HTML, LaTeX, CSS, Python, Perl, Ruby, Pascal, Haskell, Erlang, Vala dan lain-lainya)

RedShift (Pengaturan Temperatur Warna Layar Monitor)

RedShift merupakan perangkat lunak yang bersifat gratis dan open source yang berfungsi untuk mengatur temperatur warna layar monitor secara manual maupun otomatis. Redshift otomatis berkerja berdasarkan pengaturan zona waktu yang sudah di setting pada sistem komputer yang anda gunakan, sedangkan Redshift manual anda bisa mengaturnya sesuka hati.

Aplikasi ini sangat berguna karena bisa mencegah mata menjadi cepat lelah dan tentu saja hal ini akan mencegah atau memperlambat kerusakan pada mata. Di era ini banyak produsen komputer bahkan smartphone yang melengkapi produknya dengan fitur eye protector untuk mencegah mata lebih cepat rusak akibat berlama-lama dalam menggunakan komputer atau smartphone.

Jadi kesimpulannya aplikasi ini sangat wajib untuk dipasang di sistem operasi linux anda.

Gimp (Gnu Image Manipulation)

Walaupun melakukan editing foto memang bukan hobi semua orang. Namun, bila anda sering menggunakan komputer, suatu saat pasti membutuhkannya walaupun hanya sekedar untuk crop foto atau hanya melakukan hal iseng dalam mengedit foto.

Gimp adalah salah satu aplikasi editing file gambar dengan fitur yang lumayan lengkap. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif terbaik untuk pengganti Photoshop di sistem operasi Windows. Jika anda suka dengan editing gambar dan photografi usahakan Gimp sudah terpasang di sistem komputer yang anda gunakan.

Shutter (Screenshot)

Banyak cara yang digunakan untuk mengambil cuplikan gambar pada layar komputer, bisa menggunakan kombinasi tombol keyboard atau aplikasi “screenshot”. Meskipun saat ini sudah banyak tersedia aplikasi screenshot yang bisa anda gunakan, namun aplikasi Shutter merupakan pilihan terbaik dengan fitur yang lumayan lengkap.

Shutter bisa memberikan berbagai kemudahan untuk mengambil gambar yang ada di layar komputer. Selain mengambil gambar, Shuter juga dilengkapi dengan fasilitas editing gambar dasar, seperti crop gambar, menambahkan tanda panah, menambahkan nomor dan lain-lainnya. Bila anda sering mengambil cuplikan gambar pada layar komputer, seharusnya aplikasi ini ada di sistem komputer yang anda gunakan.

Kesimpulan dari kumpulan aplikasi linux

Walaupun distro Linux memiliki cukup banyak varian, namun aplikasi yang digunakannya cenderung sama. Yang mungkin berbeda antara distro Linux satu dengan distro Linux lainnya yaitu hanya tampilan desktop dan cara mengoperasikannya saja.

Demikianlah artikel tentang kumpulan aplikasi linux, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang masih baru tentang sistem operasi linux, kurang lebihnya saya meminta maaf, dan terima kasih telah berkunjung.

Postingan Terkait :