Home HPK Aplikasi SAS 2016 Terbaru

Aplikasi SAS 2016 Terbaru

Wartapoin.com – Aplikasi SAS (Sistem Aplikasi Satker) merupakan aplikasi keuangan satuan kerja yang digunakan untuk menerbitkan SPP, SPM, LPJ BENDAHARA, DATA KONTRAK dan KONFIRMASI PENERIMAAN.

Penyelenggaraan keuangan negara tentu harus dilakukan dengan terbuka dan mengikuti asas pengelolaan keuangan yang ada di Indonesia. Setidaknya ada empat asas utama perihal pengelolaan keuangan negara, yaitu proporsional, transaparan, akuntabel dan profesional. Untuk mewujudkan penyelenggaraan keuangan yang sesuai dengan asas tersebut, sudah pasti dibutuhkan sebuah sistem yang dapat memfasilitasi para pengelola keuangan.

Adalah aplikasi SAS, sebuah sistem yang dibuat sedemikian rupa guna membantu proses pengelolaan keuangan negara agar menjadi lebih transparan, akuntabel, profesional dan proporsional. Aplikasi SAS atau Sistem Aplikasi Satker ini ditujukan untuk berbagai fungsi kerja yang nantinya akan dilaksanakan oleh satuan kerja atau satker.

Memahami Aplikasi SAS atau Sistem Aplikasi Satker

Sistem Aplikasi Satker merupakan aplikasi berbasis desktop yang digunakan sebagai sarana untuk menjalankan berbagai tugas kerja mulai dari Data Kontrak, RPD Harian, SPM, LPJ Bendahara bagi Satker dan sebagainya.

Ada beberapa modul utama dalam SAS atau Sistem Aplikasi Satker, diantaranya:

  1. Modul Admin, yang dapat digunakan untuk pengaturan user modul yang lain, referensi, transfer Pagu, dan juga melakukan backup-restore aplikasi.
  2. Modul PPK, yang berfungsi untuk membuat SPP, daftar PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri/Tenaga Honor yang dibayarkan melalui APBN), dan juga konfirmasi penerimaan.
  3. Modul PPSPM, yang ditujukan untuk mencatat SPM serta perekaman rencana penarikan dana (RPD/APS) bagi transaksi besar.
  4. Modul LPJ/Silabi Bendahara Pengeluaran, yang berfungsi untuk pembuatan LPJ Bendahara serta perekaman transaksi pembukuan bendahara, baik Bendahara Pengeluaran dan Bendahara Pengeluaran Pembantu.
  5. Modul LPJ/Silabi Bendahara Penerimaan, yang difungsikan untuk pembuatan LPJ Bendahara serta perekaman transaksi pembukuan Bendahara Penerimaan.

Beberapa modul ini terus diupdate agar mendapatkan fungsi yang makin maksimal dan dapat mencakup semua bidang tugas.

Untuk pembuatan DPP pembayaran Penghasilan PPNPN bulan Desember wajib menggunakan aplikasi SAS versi 16.0.9.

Perubahan pada update SAS 16.0.9 :

  • Penambahan menu Update Kurs dari OM-SPAN di modul Silabi Penerimaan
  • Penambahan menu Referensi Kurs di modul Silabi Penerimaan
  • Perbaikan menu RUH Transaksi di modul Silabi Penerimaan
  • Perbaikan menu RUH SP2HL
  • Perubahan nama referensi bank BANK CHINATRUST INDONESIA menjadi BANK CTBC INDONESIA
  • Perbaikan menu RUH PPNPN terkait perubahan adjustmen pajak untuk akhir tahun
  • Perbaikan menu RUH SPP terkait pembuatan SPP menggunakan valuta asing untuk mitra kerja KPPN di Jakarta

untuk mengunduhnya Anda bisa ke halaman ini

Postingan Terkait :