Home HPK Download Aplikasi CRUD PHP MySQL

Download Aplikasi CRUD PHP MySQL

Wartapoin.com – Seperti yang sudah diketahui, dalam sebuah bahasa pemrograman ada banyak sekali fungsi yang biasa digunakan untuk mengembangkan suatu sistem dan aplikasi. Namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas salah satu fungsi dasar untuk mengolah data yang sering digunakan saja yaitu fungsi CRUD (Create, Read, Update dan Delete).

Pada umumnya aplikasi atau sistem yang memakai fungsi CRUD ini memiliki sifat dinamis. Karena bisa membuat, membaca, mengedit hingga menghapus data. Aplikasi dan sistem yang memiliki fungsi seperti itu biasanya membutuhkan database sebagai tempat untuk penyimpanan data. Berikut beberapa penjelasan berikut tentang CRUD.

Penjelasan Tentang Fungsi CRUD

  • Create merupakan fungsi untuk membuat data atau record baru. Disini digunakan perintah insert untuk menambahkan data baru atau record baru pada basis data atau database.
  • Read ialah fungsi untuk menampilkan data yang ada dalam database. Prosesnya, user ingin menampilkan data dengan kriteria tertentu. Lalu sistem melakukan pencarian data di database sesuai dengan kriteria tersebut. Jika ketemu, maka data akan ditampilkan.
  • Update merupakan fungsi untuk melakukan modifikasi terhadap data yang sebelumnya telah tersimpan di database. Pastikan kriteria data baru sesuai dengan kriteria data lama.
  • Delete yaitu fungsi untuk menghapus data atau record yang ada di database. Proses penghapusan bisa dilakukan sesuai kriteria, misal ingin menghapus satu record, beberapa record atau semua record.

Setelah kita menguasai cara kerja salah satu fungsi, tentunya kita akan mendapatkan keuntungan sendiri. Begitu juga dengan fungsi CRUD ini, jika Anda sudah menguasainya, Anda juga akan mendapatkan keuntungannya. Berikut kelebihan menguasai fungsi CRUD.

Kelebihan Menguasai Fungsi CRUD

  • Fleksibel. Jadi CRUD dapat diimplementasikan ke dalam banyak bahasa pemrograman selain PHP. Selain dapat dipakai dalam bahasa pemrograman, CRUD juga dapat diimplementasikan pada framework.
  • Dasar Aplikasi Besar. CRUD merupakan fungsi dasar pengolahan data. Jadi untuk bisa membuat sistem dan aplikasi yang kompleks maka Anda juga harus menguasai dasarnya yaitu fungsi CRUD ini.
  • Tampilan. Fungsi CRUD dapat dengan mudah dihubungkan dengan tampilan yang Anda gunakan, misalnya menggunakan tombol Tambah untuk fungsi Create, tombol Hapus untuk fungsi Detele, dll.

Setelah mengetahui keuntungan menguasai fungsi CRUD pastinya Anda akan lebih semangat dalam belajar, nah untuk membantu proses belajar tentang cara kerja fungsi CRUD, saya akan membagikan link download aplikasi crud php mysql lengkap dengan source codenya. Semoga contoh Aplikasi CRUD Sederhana Dengan PHP dan MySQL berikut ini bisa membantu Anda dalam proses belajar bahasa pemrograman.

=> Link download aplikasi crud php mysql

Postingan Terkait :