Home Informasi Cek Alamat Saya Sekarang Lengkap dengan RT RW Kode Pos

Cek Alamat Saya Sekarang Lengkap dengan RT RW Kode Pos

Wartapoin.com – Alamat sering kali dibutuhkan dalam mengisi sebuah formulir, dokumen atau data-data lainnya. Namun terkadang kita sendiri bingung bagaimana cara mengetahui alamat kita sekarang secara lengkap beserta RT RW dan kode pos? apalagi pada saat sedang mengisi data lalu tidak tahu sama sekali alamat lengkap rumah kita dimana, tentunya kita akan menjadi panik dan sulit untuk mengisi data data yang dibutuhkan.

Alamat adalah kumpulan informasi , disajikan dalam sebagian besar format tetap, digunakan untuk memberikan lokasi bangunan, apartemen, atau struktur lain atau sebidang tanah, umumnya menggunakan batas-batas politik dan nama jalan sebagai referensi, bersama dengan pengenal lain seperti sebagai nomor rumah atau apartemen dan nama organisasi. Beberapa alamat juga berisi kode khusus, seperti kode pos , untuk mempermudah identifikasi dan membantu perutean surat.

alamat saya sekarang lengkap rt rw

Cek Alamat Saya Sekarang Lengkap dengan RT RW Kode Pos

Sebenarnya ada berbagai cara untuk cek alamat saya sekarang lengkap dengan rt rw kode pos yang cukup mudah untuk dilakukan, seperti menggunakan aplikasi google maps, menggunakan website google maps, menggunakan mesin pencari google, bertanya ke kelurahan/kecamatan, bertanya ke pak rt/rw, melihat data di ktp. Nah untuk mengetahui langkah-langkahnya bagaimana, bisa terus ikuti artikel dibawah ini.

1. Menggunakan Aplikasi Google Maps

Cara pertama yaitu dengan memanfaatkan aplikasi yang bernama Google Maps. Untuk menggunakannya pastikan layanan gps (layanan lokasi) smartphone kamu sudah aktif, jika belum aktif silahkan aktifkan terlebih dadulu melalui pengaturan atau tombol gps di status bar. Lalu download juga aplikasi “Google Maps” di apps store ponsel masing-masing. Jika semua persyaratan tadi sudah lengkap dan selesai, silahkan ikuti tahap berikut ini.

  • Aktifkan jaringan internet, bisa menggunakan wifi maupun data
  • Buka Aplikasi Google Maps
  • Klik tombol ⦾ yang berada dalam sisi kanan
  • Setelah itu klik titik biru yang muncul, biasanya berada di tengah-tengah bagian peta
  • Untuk melihat alamat kamu bisa mengeceknya di bagian ringkasan
  • Jika tidak ada keterangan RT RW, kamu bisa mengajukan sarankan edit dengan memilih pada bagian edit nama, lokasi, dan lainnya.

Google Maps sendiri bisa kamu gunakan untuk mencari tempat lain seperti mencari tempat fotocopy terdekat dari lokasi saya, mencari kios burung terdekat dari lokasi saya dan tempat-tempat yang ingin kamu tuju lainnya.

2. Menggunakan Website Google Maps

Untuk mengecek alamat saat ini, kamu juga bisa menggunakan google maps versi website, ini di khususkan untuk seseorang yang malas untuk mendownload sebuah aplikasi yang mana aplikasi itu mungkin akan menghabiskan memori internal smartphonenya.

Persyaratannya sama saja seperti google maps versi aplikasi, yaitu kamu diharuskan untuk mengaktifkan layanan lokasi/gps sebelum mencobanya. Sedangkan untuk langkah-langkahnya hampir sama dengan menggunakan aplikasi google maps, seperti berikut ini.

  • Aktifkan jaringan internet, bisa menggunakan data maupun wifi
  • Buka aplikasi browser kesayangan kamu
  • Akses website http://maps.google.com/
  • Setelah itu klik titik biru yang muncul, biasanya berada di tengah-tengah bagian peta
  • Untuk melihat alamat kamu bisa mengeceknya di bagian ringkasan
  • Jika tidak ada keterangan RT RW, kamu bisa mengajukan sarankan edit dengan memilih pada bagian edit nama, lokasi, dan lainnya.

3. Menggunakan Mesin Pencari Google

Search Engine Google juga bisa memberikan data alamat lengkap kita saat ini, walaupun terkadang tidak memberikan data yang cukup akurat dan secara detail namun hal ini juga perlu dicoba, berikut tahap-tahapnya.

  • Aktifkan layanan lokasi atau layanan GPS
  • Aktifkan jaringan internet (Data / Wifi)
  • Buka aplikasi browser kesayangan kamu
  • Akses halaman https://www.google.com/
  • Setelah muncul kolom, lalu ketikkan keyword “alamat saya sekarang
  • Setelah itu akan muncul peta dan keterangan berada dimana kamu sekarang ini.

4. Bertanya ke Kelurahan/Kecamatan

Jika sedang berada di lokasi yang tidak diketahui, lalu ingin tahu dimana alamat tempat kamu berdiri saat ini, kamu bisa mendatangi kantor kelurahan atau kantor kecamatan terdekat. Disana kamu bisa dengan mudah mendapatkan data alamat tempat kamu berada secara detail sampai rt rw dan kode pos.

5. Bertanya ke Pak RT/RW

Kalau merasa tempat kantor kelurahan maupun kantor kecamatan cukup jauh, kamu juga bisa mendatangi rt/rw setempat untuk bertanya tentang alamat sekarang secara lengkap. Untuk mencari rumah bapak rt/rw setempat dimana, kamu bisa bertanya ke penduduk sekitar lokasi.

Nah itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengetahui alamat saya sekarang lengkap dengan rt rw kode pos. Artikel ini dibuat karena terkadang kita takut untuk bertanya alamat kepada orang yang asing atau tidak dikenal, jadi lebih baik memanfaatkan layanan pihak ketiga atau bertanya langsung ke pemerintahan setempat.

Sekian artikel tentang cara mencari alamat saya sekarang secara lengkap, semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa lagi di update artikel terbaru dari wartapoin.com

Postingan Terkait :