Home Informasi Mengenal Tes PAPI yang Banyak Sebabkan Kandidat Pelamar Kerja Gagal

Mengenal Tes PAPI yang Banyak Sebabkan Kandidat Pelamar Kerja Gagal

Mengenal Tes PAPI yang Banyak Sebabkan Kandidat Pelamar Kerja Gagal | Saat mengikuti seleksi penerimaan karyawan atau mahasiswa baru, mungkin kamu akan diminta untuk mengikuti tes PAPI. Tes ini umumnya termasuk dalam rangkaian tes administrasi dalam proses penyeleksian kandidat di perusahaan.

Bukan sekadar tes optional biasa, ada makna di balik pemilihan jawaban-jawaban yang berpengaruh terhadap penilaian dan penerimaan kandidat di perusahaan tempat melamar. Sehingga tak jarang banyak yang gagal melewati tahap ini.

Pintar dan memiliki IPK terbaik saja tidak menjamin. Kamu perlu mengetahui aspek penilaian penting serta bagaimana strategi dan rahasia mengisi soal ini agar bisa lolos adalah hal yang perlu diperhatikan.

Sebelum membahas hal itu, kenali terlebih dahulu alasan di balik pengadaan tes ini saat penerimaan kerja. Kemudian akan dijelaskan strategi pengisian tes pada akhir ulasan.

Pengertian dan Pelaksanaan Tes PAPI

PAPI merupakan singkatan dari Personality and Preference Inventory atau kerap disebut sebagai tes kepribadian PAPI Kostick. Tes kepribadian PAPI Kostick ialah sebuah administrasi tes yang dirancang oleh seorang ahli dan diakui. Keberadaannya membantu para HR seluruh dunia dalam mendapatkan kandidat terbaik.

Di balik penjelasan singkat tersebut, banyak pertanyaan muncul terkait kegunaannya hingga wajib dilalui pelamar kerja.

Awal mula diciptakannya tes ini adalah untuk mengukur dinamika kepribadian seseorang dengan memperhatikan keterkaitan dunia sekitar, seperti nilai perusahaan atau situasi kerja. Hasil pengisian mencerminkan profil individu, baik dari segi kepribadian maupun konteks pekerjaan.

Saat tes berlangsung, akan muncul 90 wujud pernyataan pendek tentang situasi kerja yang berhubungan dengan posisi yang dilamar menyangkut 20 kepribadian.

Proses pelaksanaannya sendiri terbilang sederhana. Yakni, pemberi tes akan membagikan soal PAPI beserta alat tes. Kemudian, isi dengan melingkari tanda anak panah yang sesuai dengan gambaran diri. Usahakan untuk menyelesaikannya secepat mungkin.

Aspek Penilaian dalam Tes PAPI

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa penilaian berkaitan dengan 20 kepribadian. Berikut penjabarannya menyesuaikan simbol-simbol dalam soal PAPI beserta keterangan skornya masing-masing.

1. Work Direction (Arahan Kerja)

  • (N): kebutuhan menyelesaikan tugas
  • (G): peran diri sebagai pekerja keras
  • (A): kebutuhan presentasi di depan umum

2. Leadership (Perilaku Pemimpin)

  • (L): peran/perilaku dalam memimpin
  • (P): kebutuhan mengatur orang lain (tim)
  • (I): peran membuat keputusan

3. Activity (Aktivitas)

  • (T): peran sibuk
  • (V): peran penuh semangat

4. Social Nature (Sifat Sosial)

  • (O): kebutuhan kedekatan dari lingkungan kerja
  • (B): kebutuhan diterima dalam kelompok
  • (S): peran hubungan sosial
  • (X): kebutuhan untuk diperhatikan

5. Work Style (Gaya Kerja)

  • (C): peran mengatur
  • (D): peran kerja kejelian yang tinggi
  • (R): peran orang yang teoritis

6. Temprament (Respon Berbagai Hal dalam Hidup)

  • (Z): kebutuhan untuk berubah
  • (E): peran pengendalian emosi
  • (K): kebutuhan untuk agresif

7. Followership (Perilaku Bawahan)

  • (F): kebutuhan membantu atasan
  • (W): kebutuhan kandidat dalam mematuhi aturan dan pengawasan

Tips Mengerjakan Tes PAPI Kostick

Jika melihat contoh gambar tes kepribadian PAPI yang ada di internet mungkin tampak rumit. Namun, tidak perlu khawatir. Ikuti tips berikut sebagai pedoman memahami pengerjaan PAPI test.

1. Persiapkan Cara Menjawab yang Benar

Sebelum mengisi, perlu kamu ketahui bahwa lembar PAPI menampilkan dua pengelompokan wilayah berbentuk segitiga miring. Yang terletak di bagian atas kiri disebut segitiga peran (roles), sementara segitiga kanan bawah adalah segitiga kebutuhan (needs). Kemudian, mulai isi dengan mengarahkan setiap anak panah mengarah dan berakhir di huruf.

2. Ketahui Format Simulasi Soal

Saat penyeleksian, kamu akan diberikan lembar jawaban yang berisi simbol-simbol yang dikelompokkan dengan segitiga peran dan kebutuhan. Selain itu, kamu akan diberikan soal seperti beberapa contoh pernyataan berikut ini:

  • Saya suka mengerjakan pekerjaan sulit
  • Saya suka menarik perhatian
  • Saya senang berkenalan dengan orang baru atau tidak canggung bersama orang lain
  • dan lain-lain terkait masing-masing poin kepribadian yang berhubungan dengan posisi pekerjaan yang dilamar

3. Kenali Karakteristik Posisi Pekerjaan yang Dilamar

Masing-masing skor dalam poin kepribadian yang disimbolkan dalam lembar jawaban menentukan apakah kamu cocok menempati posisi tersebut. Maka dari itu, cari tahu apa saja karakter-karakter serta jangkauan skor yang tepat.

Semisal, kamu melamar sebagai Marketing yang mana orientasinya adalah target serta kemauan kerja keras yang tinggi. Pastikan skor kepribadian yang mewakili nilai tersebut tidak kurang dari 5. Sebab, kurang dari 5 mencerminkan jika kamu merupakan orang yang bekerja demi kesenangan saja sehingga tidak memungkinkan mewujudkan hasil yang optimal.

Artinya, kamu bukan orang yang tepat diandalkan dalam mencapai target perusahaan.

4. Pastikan Skor Horizontal Harus 45

Tidak berhenti pada pemilihan karakter dan batas skor, kamu juga harus memperhatikan jumlah skor akhir horizontal. Masing-masing harus berjumlah 45 sehingga dapat lolos ke tahap penyeleksian kerja berikutnya.

Kunci Jawaban Lolos Tes PAPI Kostick

Meskipun kamu diminta untuk mengisi dengan mengukur kepribadian, alangkah baiknya mengisi dengan menyesuaikan harapan perusahaan. Dengan begitu artinya kamu bisa lolos pada tahap psikotes yang satu ini.

Sebagai asumsi, anak panah yang berada di atas pada setiap nomor adalah a, sedangkan anak panah di bawahnya adalah b. Rekomendasi jawaban untuk anak panah b yakni pada nomor-nomor berikut.

Nomor jawaban tanda panah b: 1,3,8,11,12,21,22,31,32,34,35,36,37,43,44,46,48,49,50,58,59,60,63,68,69,70,79,80,90.

Kunci jawaban tersebut dapat berhasil untuk beberapa pekerjaan. Kamu bisa menerapkannya serta tidak lupa untuk menganalisis kecocokannya dengan karakter posisi pekerjaan yang dilamar.

Akan tetapi, alangkah baiknya untuk tidak terpaku dengan kunci jawaban atau hanya mengandalkan manipulasi skoring saja. Apalagi jika tidak memperhatikan soal yang mana akan menjadi boomerang. Tidak menutup kemungkinan terdapat soal jebakan seperti pernyataan negatif di beberapa soal.

Tes PAPI Kostick Online Gratis

Meskipun sudah mengetahui trik bagaimana mengisi tes kepribadian ini dengan tepat, penting untuk banyak berlatih sebelum menghadapi simulasi PAPI Kostick sebenarnya.

Caranya yakni dapat melalui tes online PAPI Kostick yang tersedia di internet. Format yang diberikan dapat macam-macam. Mulai dari excel, PDF, aplikasi hingga website berisi soal lengkap PAPI Kostick dengan contoh pernyataan yang telah disesuaikan dengan posisi yang ingin dilamar.

Cobalah mengisi semua soal yang tersedia sebagai latihan. Hindari terpacu hanya pada satu tes online PAPI Kostick saja, sebab soal tes bersifat fleksibel tergantung dari masing-masing perusahaan.

Jadikan contoh tes yang tersedia di internet sebagai latihan untuk mengasah kelihaian dalam mengisi soal. Makin sering berlatih, kamu bisa menentukan mana saja soal terkait posisi yang dilamar yang akan muncul dalam tes.

Nah, itu tadi informasi dasar serta strategi agar lolos tes PAPI. Ikuti tips yang telah dianjurkan di atas serta sebanyak mungkin lakukan tes online PAPI Kostick.

Selain meningkatkan kemungkinan lolos, mempelajari PAPI Kostick dapat memberikan informasi mengenai diri yang mungkin tidak kamu sadari selama ini.

Bagikan informasi ini untuk menyebar lebih banyak manfaat yang dapat menambah wawasan kepada para calon lulusan akan keberadaan tes ini sebagai penentuan penerimaan kerja.

Postingan Terkait :