Home Informasi Mari Pahami Pengertian, Manfaat dan Jenis Sumber Belajar

Mari Pahami Pengertian, Manfaat dan Jenis Sumber Belajar

Wartapoin.com – Selama proses belajar terdapat bagian yang bersifat penting dan dibutuhkan oleh setiap orang, yaitu sumber. Sumber belajar ini memiliki berbagai jenis atau bentuk, sekaligus definisi yang perlu pengguna ketahui. Meski sudah sering mendengar istilah ini, ternyata masih banyak yang masih belum mengerti.

Tidak peduli apapun yang sedang dipelajari, maka pasti membutuhkan yang namanya sumber. Sumber dibutuhkan agar selama proses belajar bisa memunculkan sebuah gagasan.

Bagaimana, penasaran dengan sumber belajar? Ketahui lebih lanjut pada pembahasan berikut.

Pengertian Atau Definisi Sumber Belajar

Sebelum membahas hal lain, alangkah baiknya jika simak terlebih dahulu tentang definisinya agar lebih jelas. Jika bicara tentang definisi, maka terdapat beberapa pendapat yang bisa digunakan sebagai perbandingan. Seperti definisi menurut Edgar Dale misalnya.

Menurut beliau, hal tersebut berarti segala sesuatu yang memfasilitasi dan juga dapat dimanfaatkan untuk belajar seseorang. Jadi artian di dalamnya sangat luas. Sebab dikatakan bahwa segala sesuatu, maka apa pun itu akan dianggap sebagai sumber bila dapat memfasilitasi belajar seseorang.

Sedang menurut ahli kedua, sumber belajar bisa berupa lingkungan, pesan, teknik, orang dan lainnya. Entah dengan terkombinasikan atau secara tersendiri. Namun intinya tetap sama, definisi sumber bisa dari bentuk apa saja.

Manfaat Sumber Untuk Belajar

Setelah mengenal definisi atau pengertian sumber belajar, maka sekarang kita cari tahu beberapa manfaatnya. Dalam pembelajaran memang membutuhkan yang namanya sumber, jadi tentunya banyak sekali manfaatnya. Lalu apa saja manfaat tersebut? Yaitu sebagai berikut:

  • Dapat menampilkan sesuatu yang tidak mungkin didatangkan atau dilihat langsung.
  • Untuk memberikan suatu pengalaman belajar pada siswa secara tindak konkret dan langsung.
  • Bisa memberikan informasi dengan benar, akurat dan juga terbaru, hal ini bisa dari buku, atau narasumber dan macam lainnya.
  • Memperluas sajian dalam kelas belajar, hal ini karena nantinya pelajaran tak hanya dari guru namun juga bisa ditambah dengan beberapa sumber lainnya.
  • Bila sumber untuk belajar ini dirancang dalam penggunaannya secara tepat, maka akan dapat menimbulkan motivasi positif dan beberapa manfaat lainnya.

Jenis-Jenis Sumber Untuk Belajar

Sudah dijelaskan mengenai pengertian dan juga fungsi dari adanya sumber dalam teknik pembelajaran. Maka selanjutnya yang akan dibahas adalah tentang sumber belajar yang ada banyak sekali jenisnya. Berikut uraian lebih lengkapnya:

1. Pesan

Jenis pertama yang bisa menjadi sumber dalam belajar adalah pesan atau message. Pesan ini bisa berupa informasi, ide, ajaran, nilai dan lain sebagainya. Bisa dikatakan bahwa pesan merupakan suatu informasi yang bisa digunakan sebagai pembelajaran dengan di dalamnya.

2. Orang

Dikatakan bahwa sumber untuk belajar bisa dari apa dan siapa saja, salah satunya adalah dari orang. Orang ini dalam artian lain merupakan seorang yang mencari, mengolah dan juga menyimpan juga menyajikan pesan. Seperti misalnya adalah seorang dosen, pustakawan atau semacamnya.

3. Bahan

Jenis dari sumber untuk belajar selanjutnya adalah dari bahan. Bahan ini semisal bisa berupa perangkat lunak yang menyajikan informasi dengan peralatan tertentu. Seperti misalnya bisa berupa teks, modul, video atau lain semacamnya.

4. Lingkungan atau Latar

Keempat ada juga sumber untuk belajar adalah dari lingkungan. Nah lingkungan ini merupakan lingkungan di mana terdapat situasi terjadinya proses pembelajaran. Lingkungan tersebut nanti masih dibagi menjadi dua jenis bagian.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian sumber belajar yang bisa dipahami. Anda sekarang juga lebih paham tentang manfaat dan beberapa jenis dari sumber untuk belajar.

Postingan Terkait :