Home Informasi Probabilitas Adalah, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Probabilitas Adalah, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Wartapoin.com – Dalam kehidupan setiap harinya, manusia tak pernah lepas dari pikiran cemas terhadap kemungkinan sesuatu terjadi. Meskipun tidak selalu, tetapi hampir sering dihadapkan dengan banyak pilihan. Kemungkinan tersebut dapat ditentukan berdasarkan nilai probabilitas. Karena probabilitas adalah kemungkinan yang dapat diukur.

Masih bingung tentang pengertian probabilitas, bagaimana mengukurnya, dan pengaplikasian dalam kehidupan? Artikel ini akan mengulasnya lebih lengkap beserta rumusnya. Simak sampai selesai untuk mengetahui jawabannya.

Apa Itu Probabilitas?

Probabilitas adalah suatu kemungkinan yang bisa didapatkan dari suatu kejadian untuk mengukur peluang yang akan terjadi di masa datang. Jarak antara kemungkinan itu dinilai mulai dari 0 sampai 1. Apabila nilai dari peluang hasilnya 0, maka kemungkinan besarnya tak akan terjadi.

Berbeda jika hasil yang diperoleh ialah 1, maka peluang terjadinya peristiwa yang diharapkan akan terjadi. Biasanya konsep probabilitas sering digunakan untuk peranan yang sangat penting. Misal usaha, pemerintah, perusahaan dan ilmiah sampai perhitungan suatu bencana seperti banjir serta turunnya hujan.

Selain itu, konsep probabilitas juga dipakai di ilmu matematika. Teori tersebut lebih sering dimanfaatkan sebagai ilmu untuk menghitung suatu nilai kemungkinan, baik yang belum atau sudah terjadi.

Nilai Probability Suatu Peristiwa Beserta Contohnya

Sebenarnya nilai probabilitas ditentukan dari nilai 0 dan 1. Hasil dari kemungkinan nilai yang diperoleh dapat membantu tindakan selanjutnya atau pencegahan. Oleh karena itu, kenapa teori probabilitas lebih sering dipakai untuk kepentingan besar. Nilai peluang tersebut ditentukan dari hasil di bawah ini!

1. Nilai Probability Nol

Jika hasil dari suatu kejadian nilainya nol, bisa ditebak kalau probability tersebut sangat mustahil terjadi. Dalam sebuah pemilihan usaha atau apapun, hasil peluang 0 lebih banyak dihindari untuk diteruskan. Perumpamaan itu bisa dihitung pada contoh berikut:

  • P (E)) = Peluang terambilnya buah nanas sedangkan buah nanas sendiri tidak ada di dalamnya. Maka hasil dari P(E) = X / N adalah 0.

2. Nilai Probability Satu

Hasil dari kemungkinan 1 sudah pasti kebalikan dari 0 yang artinya kemungkinan terjadi peristiwa yang diharapkan sangat besar atau pasti.  Lebih tepatnya peluang itu akan berhasil sesuai prediksi jika terus dilanjutkan. Rumusnya hampir sama seperti nilai probability 0 yaitu P(E) = X / N.

Perbedaannya hanya terletak pada nilai X. Apabila ada nilainya, maka hasilnya sudah tentu tidak akan 0 atau mustahil.

3. Nilai Probability Antara 0 dan 1

Tidak hanya nilai kemungkinan akan dan tidak terjadi, ternyata ada pula nilai yang mendekati keduanya. Sehingga nilai tersebut masih bisa dipertimbangkan kembali antara lanjut atau tidak berdasarkan penilaian yang paling mendekati. Pasalnya letak terdekat mengartikan kemungkinan mana yang paling diyakini hasilnya.

Manfaat Probability Bagi Kehidupan Sehari-Hari

Selain untuk peran pemerintahan atau bidang besar lainnya, perhitungan probability juga berguna untuk menghitung kemungkinan dalam keseharian. Hal ini mungkin tidak banyak orang sadari dan gunakan. Padahal, nilai probability bisa membantu seseorang memutuskan sesuatu dari pilihan sulit dan besar. Juga membantu meramalkan sesuatu peristiwa, misalkan:

  • Dilihat dari banyaknya jawaban yang salah saat psikotes, kemungkinan besar akan gagal diterima kerja.
  • Suhu sekarang berada di 50 derajat, peluang turun salju sangat kecil.
  • Cuaca hari ini sangat cerah, kemungkinan besar orang-orang akan membeli jualan minuman dingin.
  • Karena hujan turun, peluang tinggi seseorang untuk memakan yang hangat dan pedas.
  • Ada musibah banjir di sekolah, kemungkinan tidak akan masuk.

Bagaimana, sudah paham bahwa probabilitas adalah kemungkinan yang mempunyai nilai dan bisa dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan sehari-hari? Selain hal-hal di atas, teori probability sering dipakai pemerintahan untuk mengetahui cuaca.

Postingan Terkait :