Home Informasi Phrasering Adalah Pemenggalan Kata, Berikut Penjelasannya

Phrasering Adalah Pemenggalan Kata, Berikut Penjelasannya

Wartapoin.com – Menyanyi adalah salah satu aktivitas yang cukup menggembirakan. Dengan menyanyi, seseorang bisa mengungkapkan perasaannya. Ada banyak teknik yang harus dikuasai dalam bernyanyi salah satunya adalah phrasering. Phrasering adalah salah satu teknik menyanyi yang cukup sulit untuk dilakukan.

Jika dalam kehidupan sehari-hari, seseorang bisa saja menyanyi tanpa memperhatikan teknik yang benar. Hal tersebut karena seseorang menyanyi hanya untuk diri sendiri. Namun, berbeda dengan orang yang bernyanyi di depan umum dan didengarkan oleh banyak orang.

Salah satu hal yang perlu dipelajari adalah Phrasering. Yuk, cari tahu selengkapnya dibawah.

Pengertian Phrasering dan Tujuannya

Banyak orang yang belum memahami tentang phrasering. Phrasering adalah sebuah teknik dalam sebuah pemenggalan kalimat di musik atau lagu. Walaupun dipenggal atau dipisah, tetapi bagian-bagian tersebut harus bisa tetap padu atau utuh.

Phrasering adalah salah satu dari sekian teknik bermusik yang harus bisa dikuasai apalagi bagi pencipta lagu. Walaupun dalam bermusik dilakukan phrasering, tetapi arti dalam lagu tersebut harus tetap mempertahankan arti. Sebenarnya, apa tujuan dilakukannya phrasering?

Tujuan dalam melakukan phrasering adalah mengungkapkan sebuah lagu untuk bisa lebih sesuai dan dekat dengan kebenaran. Kebenaran tersebut tentunya juga sesuai dengan isi atau pesan yang ada dalam lagu. Dalam melakukan phrasering, tentunya juga harus memperhatikan kaidah-kaidah yang baik.

Macam-Macam Phrasering

Setelah mengetahui phrasering, saatnya mengetahui mengenai macam-macam phrasering. Phrasering sendiri dibagi menjadi 2 jenis. Apa saja 2 jenis tersebut? Untuk lebih jelasnya, berikut jenis phrasering yang bisa untuk pengetahuan:

1. Phrasering Kalimat Bahasa

Bernyanyi merupakan aktivitas yang membawakan lagu dengan penuh penghayatan dari pesan yang disampaikan. Pada sebuah nyanyian tentunya terdiri dari banyak kalimat bahasa atau kalimat musik yang mana saling bersatu. Untuk memahami pesannya, tentunya penyanyi harus membaca kalimat lagu dengan teliti.

Kalimat bahasa biasa dipakai dalam hal penghayatan sebuah kata serta kalimat. Dalam hal ini ada 3 bagian yang wajib diketahui pada seputaran kalimat bahasa. Apa saja itu? Berikut 3 seputaran kalimat bahasa :

  • Menyanyikan kalimat bahasa yang berguna untuk penghayatan kata-kata, misalnya kelompok kata.
  • Menonjolkan suatu kata pokok.
  • Menekankan suku kata.

2. Phrasering Kalimat Musik

Kalimat musik merupakan serangkaian nada di tema lagu. Tema lagu sendiri berguna untuk mengungkapkan ide bermusik. Berikut ini beberapa phrasering kalimat musik yang umum digunakan:

  • Kelompok nada atau motif.
  • Puncak lagu atau kalimat.
  • Tekanan nada.
  • Kalimat yang dinyanyikan, meliputi nyanyian resitatif dan melismatis.

Manfaat Dilakukannya Phrasering pada Lagu atau Musik

Jika dilihat dari mentahan suatu lirik pasti banyak yang bingung dari maknanya. Hal tersebut dikarenakan tiap lirik seperti bersambung sehingga maknanya sulit dipahami. Lantas, bagaimana untuk mengatasi hal tersebut? Salah satu untuk mengatasinya yakni dengan phrasering. Berikut beberapa manfaat phrasering:

1. Lagu Semakin Jelas

Sebuah lagu yang dinyanyikan akan semakin jelas jika dilakukan phrasering. Kalimat per kalimat akan semakin jelas. Selain itu, makna lagu juga akan terlihat sehingga mudah dipahami dan diresapi. Dengan demikian phrasering wajib dipakai saat bernyanyi.

2. Lagu Enak Didengar

Selain maknanya jelas, sudah pasti setiap kalimat yang dinyanyikan akan semakin enak didengar. Lagu yang semakin enak didengar maka maknanya juga akan mudah diterima oleh telinga.

Dengan informasi yang sudah dijelaskan kita tau bahwa phrasering adalah salah satu dari banyaknya teknik yang wajib digunakan dalam bernyanyi. Dengan adanya phrasering, maka lagu akan nyaman didengar dan maknanya pun juga semakin mudah diterima.

Postingan Terkait :