Home Informasi PCS Adalah? Berikut Pengertian dan Kegunaan dari PCS

PCS Adalah? Berikut Pengertian dan Kegunaan dari PCS

PCS Adalah? Berikut Pengertian dan Kegunaan dari PCS | Pcs adalah sebuah singkatan yang sering didengar atau dibaca konsumen ketika membeli barang pada toko online atau produk bungkusan. Istilah pcs biasa digunakan untuk menunjukkan jumlah barang pada praktik jual beli. Istilah ini cukup penting digunakan sebagai informasi bagi pembeli untuk mengetahui kesediaan atau isi dari sebuah produk.

Dalam perdagangan online, banyak sekali istilah yang digunakan. Bagi orang awam mungkin akan sedikit kebingungan apa maksud dari istilah-istilah tersebut. Pengetahuan yang cukup tentu akan mengurangi kemungkinan kesalahan dalam bertransaksi online. Agar lebih paham tentang Pcs dan istilah lainnya, mari simak ulasan berikut.

Apa itu Pcs?

Pada dasarnya, Pcs adalah kepanjangan dari pieces yang berasal dari kata bahasa Inggris dan memiliki arti buah, potongan, atau lembar tergantung barang yang dijualnya. Pieces merupakan kata jamak dari piece yang berarti jumlah barang tersebut lebih dari satu.

Penggunaan istilah pcs memudahkan penjual untuk menunjukkan kesediaan barang dagangannya. Terlebih sistem aplikasi toko online biasanya menggunakan bahasa Inggris sehingga pemakaian istilah dalam bahasa tersebut sangatlah lumrah. Selain menunjukkan ketersediaan, pcs juga bisa digunakan untuk menunjukkan jumlah barang yang telah berhasil terjual.

Berbagai Kegunaan Istilah Pcs

Selain untuk menunjukkan jumlah satuan barang, istilah pcs juga digunakan untuk menunjukkan jumlah isi dari sebuah kemasan produk. Misalnya, seseorang membeli 1 bungkus coklat. Pada kemasan biasanya akan diberikan keterangan berapa jumlah isi satu bungkus tersebut dengan menggunakan pcs.

Kemudian, istilah pcs biasa terdapat dalam deskripsi barang yang akan dijual. Selain itu, pada laporan stok barang di gudang juga menggunakan istilah ini sebagai penunjuk jumlah barang yang tersedia. Bahkan dalam pelaporan accounting pun pcs digunakan dalam pengungkapan jumlah penjualan yang berhasil dijual sebuah perusahaan.

Istilah Lain dalam Penyebutan Satuan Barang

Selain pcs, terdapat beberapa istilah lainnya dalam penyebutan satuan barang. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, satuan barang bisa digunakan untuk menghitung jumlah stok yang tersisa. Kira-kira, apa saja istilahnya? Berikut ulasannya:

  • Quantity. Selain pcs, quantity atau disingkat qty juga dapat digunakan untuk menunjukkan besaran atau satuan jumlah barang. Dalam bahasa Indonesia, satuan barang ini berarti buah atau disesuaikan dengan jenis barangnya.
  • Unit. Istilah satuan barang unit biasa digunakan untuk barang elektronik, seperti televisi, handphone, AC, kulkas, dan lain sebagainya.
  • Tablet. Penggunaan istilah tablet biasanya terdapat pada penyebutan barang berbentuk silinder pipih atau tablet, seperti pada beberapa jenis obat dan pupuk.
  • Can. Merupakan bahasa Inggris yang berarti kaleng. Istilah ini digunakan untuk beberapa produk cair seperti oli, minuman, dan lain sebagainya.
  • Botol. Penyebutan satuan jumlah barang atau produk botol digunakan dalam beberapa jenis produk cair yang tidak dapat dihitung jumlah satuannya. Contoh produk dalam botol adalah saus, kecap, susu, minyak wangi, dan teh siap minum.
  • Pouch. Istilah ini berarti kantong yang biasa digunakan untuk produk seperti minyak goreng, sabun cair, atau produk makanan beku.
  • Batang. Satuan batang dapat digunakan untuk menyatakan isi dari sekotak rokok ataupun barang-barang berbentuk batang lainnya.
  • Sachet. Penggunaan sachet dapat ditemukan pada beberapa produk bubuk atau cair. Contohnya seperti bumbu serbaguna, susu bubuk, ataupun produk SKM.

Itulah ulasan tentang pcs adalah sebuah singkatan yang sering digunakan dalam dunia bisnis, terutama pada penyebutan jumlah stok barang. Selain pcs, terdapat istilah-istilah lainnya yang juga biasa digunakan dalam penyebutan satuan barang. Beberapa istilah seperti pouch, botol, atau kaleng biasanya mencantumkan jumlah volume dari produk di dalamnya.

Postingan Terkait :