Home Informasi 30+ Nama Alat Elektronik di Sekitar Kita Beserta Fungsinya

30+ Nama Alat Elektronik di Sekitar Kita Beserta Fungsinya

30+ Nama Alat Elektronik di Sekitar Kita Beserta Fungsinya | Alat Elektronik merupakan alat yang menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Alat Elektronik juga bisa diartikan sebagai alat yang dibuat berdasarkan prinsip elektronika.

Di Indonesia sendiri, banyak masyarakat yang memakai berbagai jenis alat elektronik ini untuk mempermudah pekerjaan dan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Seiring berkembangnya zaman, penggunaan barang elektronik terus menerus mengalami peningkatan, bahkan banyak model dan jenis alat elektronik baru yang bermunculan.

nama alat elektronik

Tahukah Kamu? Dalam lingkup keluarga pun terdapat begitu banyak alat elektronik yang bisa kita temui dengan berbagai model dan fungsinya masing-masing. Dalam kehidupan sehari-hari Alat Elektronik juga biasa disebut dengan Peralatan listrik. Sedangkan jika kita membicarakan manfaatnya untuk kehidupan itu akan banyak sekali, jika kamu ingin tahu, berikut merupakan manfaat dari alat elektronik..

Manfaat Alat Elektronik

  • Membantu pekerjaan agar cepat selesai
  • Menyediakan peralatan penting untuk bekerja
  • Memudahkan pekerjaan
  • Membantu menghemat waktu
  • Mengurangi tenaga yang digunakan
  • Memudahkan proses komunikasi
  • Memberikan kenyamanan yang dibutuhkan
  • Meningkatkan kehidupan keseharian
  • Sebagai media hiburan
  • Dan masih banyak lagi hal yang bisa kamu temukan

Contoh dan Nama Alat Alat Elektronik

Sedangkan jika kamu bertanya, apa saja nama alat elektronik dalam kehidupan sehari-hari? serta apa saja fungsi dari masing-masing alat elektronik tersebut?, berikut ini merupakan contoh dari beberapa nama alat elektronik atau peralatan listrik yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari beserta pengertian dan fungsinya..

Televisi

Televisi atau yang biasa kita sebut TV adalah salah satu media massa yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat. Televisi merupakan barang elektronik yang bisa menghasilkan gambar dan suara. Untuk segi fungsinya televisi bisa dijadikan sumber informasi, pembelajaran dan hiburan untuk kita.

Remote Control

Remote Control dalam bahasa Indonesia memiliki arti pengendali jarak jauh, merupakan sebuah alat elektronik yang bisa digunakan untuk mengoperasikan sebuah mesin dari jarak jauh. Istilah remote control juga sering diucapkan menjadi “remote” saja. Pada umumnya, remot digunakan untuk memberikan perintah dari kejauhan kepada televisi atau barang-barang elektronik lainnya seperti speaker, pemutar DVD dan sebagainya. Fungsi dari remote yaitu mengendalikan barang elektronik lainnya.

Radio

Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Tidak seperti televisi yang bisa menghasilkan gambar dan suara, radio hanya bisa menghasilkan suara saja. Radio juga memiliki fungsi yang cukup banyak seperti televisi, yaitu sebagai sumber informasi, pengetahuan dan hiburan.

Loud Speaker

Loud speaker atau Speaker dalam bahasa Indonesia memiliki arti Pengeras suara, merupakan transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) melalui penggetaran komponen yang berbentuk membran untuk menggetarkan udara sehingga terjadilah gelombang suara yang terdengar sampai di gendang telinga dan dapat didengar sebagai suara. Untuk fungsinya sendiri dari Loud Speaker yaitu mengeraskan suara yang ada agar terdengar oleh jangkauan yang lebih luas.

DVD/VCD Player

CD, VCD, DVD merupakan jenis-jenis cakram optik digital yang digunakan untuk menyimpan data dan sifatnya portable atau bisa dibawa kemana-mana. Nah sedangkan dvd/vcd player adalah peralatan yang digunakan untuk memainkan cakram itu. DVD/VCD Player masih sangat sering kita temui di sekitar, karena tak lain fungsinya yaitu sebagai media hiburan.

Setrika

Setrika merupakan alat elektronik yang biasa digunakan untuk melicinkan pakaian dan sebagainya, berbahan dasar dari besi. Cara menggunakannya yaitu dengan dipanaskan lalu kita tinggal menggosoknya ke pakaian yang mau dilicinkan, tidak boleh terlalu lama karena bisa menyebabkan pakaian rusak. Saat ini setrika masih sangat banyak digunakan, bahkan baru-baru ini muncul inovasi setrika uap.

Pengering Rambut (Hair Dryer)

Hair Dryer atau yang biasa kita sebut pengering rambut adalah salah satu alat elektronik yang bisa mengubah energi listrik menjadi energi panas, hair dryer biasa di gunakan oleh kaum perempuan untuk mengeringkan rambut. Dengan adanya alat pengering rambut maka rambut akan lebih cepat keringnya, dan kita bisa lekas melakukan aktivitas lain.

Laptop

Laptop adalah komputer pribadi yang berukuran relatif kecil, simpel dan ringan. Beratnya hanya berkisar dari 1–6 kg, tergantung pada ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Karena memiliki ukuran yang relatif kecil, laptop ini lebih mudah untuk dibawa kemana-mana dibandingkan dengan sebuah komputer yang memiliki ukuran lebih besar dan tentunya lebih berat. Laptop memiliki banyak fungsi, seperti membantu pekerjaan, menonton film, bermain game dan lain sebagainya.

Komputer

Komputer merupakan alat yang dipakai untuk menyimpan, mengambil, dan mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Komputer juga menjadi salsh satu perangkat keras yang sangat berkaitan dengan berkembangnya teknologi, biasa digunakan untuk membantu berbagai pekerjaan manusia. Komputer terdiri dari 3 elemen yakni: Hardware (perangkat keras), Software (perangkat lunak) dan Sistem Operasi yang akan bekerja sesuai perintah yang diberikan oleh Brainware (pengguna).

Keyboard

Keyboard atau bisa disebut juga dengan papan ketik merupakan sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol seperti huruf alfabet yang digunakan untuk mengetikkan kalimat pada komputer mauapun laptop. Tidak hanya itu saja, dalam keyboard juga terdapat angka 0 sampai 9 serta simbol-simbol khusus lainnya untuk menjalankan program komputer.

Mouse

Tetikus atau Mouse adalah peranti penunjuk yang berfungsi untuk memasukkan data dan juga perintah ke dalam komputer selain papan ketik. Dinamai dengan mouse/tetikus karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus. Mouse sendiri biasa disandingkan dengan keyboard, karena memang satu-kesatuan dalam fungsinya.

Blender

Blender atau pelumat adalah alat elektronik berupa sebuah wadah dilengkapi pisau berbentuk seperti baling-baling yang berputar sangat cepat pada bagian bawah wadah, digunakan untuk mengaduk, mencampur, mencincang, menggiling, sampai melunakkan bahan-bahan makanan yang dimasukkan ke dalamnya.

Air Conditioner (AC)

AC memiliki cukup banyak nama indonesia, misalnya seperti penyejuk udara, pendingin udara, pengkondisi udara, penyaman udara, atau erkon. AC merupakan sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area. Digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara ruangan pada waktu tertentu.

Microwave

Microwave merupakan salah satu dari sekian banyak peralatan dapur yang berfungsi untuk memanaskan makanan, namun microwave ini sedikit berbeda karena proses memasak atau memanaskan makanannya menggunakan radiasi gelombang mikro. Dengan begitu, makanan instan hingga sisa akan kembali hangat sebelum disantap.

Kulkas

Kulkas yang biasa kita sebut lemari es atau lemari pendingin adalah sebuah alat elektronik rumah tangga yang menggunakan proses pendinginan dan menghilangkan suhu panas untuk mendukung proses pengawetan makanan. Alat elektronik ini bisa mengawetkan makanan karena pertumbuhan bakteri melambat pada suhu yang lebih rendah.

Kompor Listrik

Kompor Listrik merupakan kompor dengan alat pemanas listrik yang terintegrasi untuk memasak dan memanggang. Kompor listrik saat ini sudah sangat banyak pemakainya, karena digunakan sebagai pengganti kompor berbahan bakar padat yang membutuhkan lebih banyak tenaga kerja untuk mengoperasikan dan merawatnya.

Mesin Cuci

Mesin cuci adalah sebuah mesin elektronik yang dirancang untuk membersihkan pakaian dan tekstil rumah tangga lainnya seperti handuk, sprai, selimut dan sejenisnya. Media yang digunakan untuk mencuci oleh mesin cuci tetaplah air. Dalam pemakaiannya mesin ini sangatlah membantu sekali dalam meringankan pekerjaan dalam rumah tangga, karena saat mencuci dengan mesin maka kita bisa melakukan kegiatan lain tanpa terganggu oleh kegiatan mencuci.

Lampu

Lampu merupakan sebuah alat elektronik yang memproduksi cahaya dan memiliki fungsi sebagai penerangan. Lampu memiliki bentuk seperti botol dengan rongga yang berisi kawat kecil, jika disambungkan ke aliran listrik akan menyala mengeluarkan cahaya.

Senter

Senter adalah sebuah alat listrik portabel yang merupakan sumber cahaya untuk menerangi dan dioperasikan dengan baterai. Biasanya sumber cahayanya adalah dari sebuah bola lampu pijar kecil atau lampu pendar yang dikenal dengan istilah lampu LED.

Powerbank

Powerbank merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk memasukkan energi listrik ke dalam baterai yang bisa diisi ulang tanpa harus menghubungkan peranti tersebut pada outlet listrik. Pengisi baterai ini tergolong portabel karena berbeda dengan pengisi baterai yang harus dihubungkan pada outlet listrik.

Ponsel

Ponsel (telepon seluler) memiliki nama lain seperti telepon genggam dan handphone adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun bisa dibawa ke mana-mana dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel.

Telepon

Telepon merupakan pesawat dengan listrik dan kawat, untuk berkomunikasi antara dua orang yang tempatnya berjauhan. Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon, sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.

Amplifier

Amplifier memiliki arti dalam bahasa Indonesia yaitu Penguat. Amplifier adalah rangkaian komponen elektronika yang secara umum digunakan untuk menguatkan daya. Dalam bidang audio, amplifier akan menguatkan signal suara berbentuk analog dari sumber suara.

Microphone

Berbeda dengan speaker yang mengubah gelombang listrik menjadi suara, Mikrofon atau Microphone merupakan suatu jenis transduser yang mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik. Mikrofon merupakan salah satu alat elektronik yang digunakan untuk membantu komunikasi manusia. Mikrofon dipakai pada banyak alat seperti telepon, alat perekam, alat bantu dengar, dan pengudaraan radio serta televisi.

Kipas Angin

Kipas angin dipergunakan untuk menghasilkan angin. Fungsi yang umum adalah untuk pendingin udara, penyegar udara, ventilasi, pengering. Kipas angin juga ditemukan di mesin penyedot debu dan berbagai ornamen untuk dekorasi ruangan. Kipas angin secara umum dibedakan atas kipas angin tradisional antara lain kipas angin tangan dan kipas angin listrik yang digerakkan menggunakan tenaga listrik.

Rice Cooker

Rice cooker atau Penanak nasi adalah wadah atau alat dapur untuk memasak nasi. Beras juga bisa dimasak di dalam panci biasa (periuk) yang terbuat dari tanah atau logam yang digunakan untuk tujuan umum lainnya.

Mikser

Mikser atau alat pengaduk merupakan alat mekanis yang digunakan untuk mencampur bahan adonan yang biasanya digunakan untuk proses pembuatan kue. Pencampuran ini dikenal dengan mix dalam bahasa Inggris, sehingga alatnya dikenal dengan nama pencampur (‘mixer’). Alat ini berfungsi untuk mencampurkan bahan adonan sehingga menjadikan semua bahan yang dicampurkan tercampur, untuk putih telur jika dikocok (campur) akan mengembang.

Dispenser Air

Dispenser air adalah sebuah mesin yang bisa digunakan untuk mendinginkan, memanaskan dan menyimpan air dengan ukuran seperti kulkas. Alat tersebut pada umumnya diletakkan di dekat kamar kecil karena akses yang lebih dekat dengan perpompaan. Dispenser air ini juga membutuhkan tenaga listrik untuk mengubah air biasa menjadi dingin ataupun panas.

Penyedot Debu (Vacuum Cleaner)

Penyedot debu ialah alat yang menggunakan pompa udara untuk menciptakan keadaan kosong untuk menghisap debu dan kotoran, biasanya dari lantai. Sebagian besar rumah dengan lantai berkarpet di negara berkembang memiliki penghisap debu sebagai pembersih. Kotoran dikumpulkan dengan sistem penyaringan maupun siklon untuk kemudian dibuang.

Router Wifi

Router adalah perangkat yang memungkinkan beberapa perangkat bisa terhubung ke internet. Selain itu, Fungsi router yang lainnya adalah mengelola lalu lintas antar jaringan dengan meneruskan paket data ke alamat IP yang dituju. Ada beberapa fungsi router yang bisa saya sebutkan yaitu misalnya menghubungkan perangkat ke jaringan internet, menyebarkan sinyal wifi, menghubungkan beberapa perangkat dan menghubungkan jaringan ke DSL

Kamera

Kamera merupakan seperangkat alat elektronik atau perlengkapan elektronik yang berfungsi untuk mengabadikan suatu objek menjadi sebuah gambar diam atau bergerak. Kamera adalah alat yang paling populer untuk digunakan fotografi. Dalam dunia fotografi, kamera merupakan suatu peranti untuk membentuk dan merekam suatu bayangan potret pada lembaran film.

Mainan

Mainan adalah sesuatu yang digunakan dalam permainan oleh kalangan anak-anak, orang dewasa maupun binatang. Disaat ini banyak juga mainan yang dibuat dari bahan elektronik, misalnya saja drone, mobil remot, play station, psp dan masih banyak contoh lainnya, bisa dilihat di sekitar kamu. Fungsinya tentu saja hanya untuk media hiburan dan pembelajaran saja.

Itulah beberapa contoh nama alat alat elektronik beserta fungsinya, mungkin ada banyak barang lagi yang masih kelewatan, karena barang elektronik di sekitar kita itu sangat banyak, jadi kalau ada kekurangan bisa kamu tambahi sendiri yaa. Sekian dari saya semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu yang mencarinya. Terima kasih sudah berkunjung di blog kecil saya ini.

Postingan Terkait :