Home Informasi Pengertian Minat Belajar, Jenis dan Cara Menumbuhkannya

Pengertian Minat Belajar, Jenis dan Cara Menumbuhkannya

Wartapoin.comMinat belajar adalah sebuah hal yang harus ditumbuhkan dalam diri peserta pelajar atau anak. Melalui minat tersebut, anak lebih senang untuk memperbanyak wawasan baru mereka. Tidak ada alasan-alasan yang membuatnya merasa malas untuk belajar berbagai macam hal.

Memang, minat dalam belajar itu harus dicari dan ditumbuhkan. Namun sayangnya, banyak pihak yang melupakan faktor ini. Padahal, jika ada ketertarikan belajar, maka proses belajar akan lebih nyaman.

Untuk itu, mari membahas secara tuntas apa itu minat belajar, jenisnya, dan cara menumbuhkannya. Penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Definisi Minat Belajar

Dari segi definisi, minat belajar memiliki arti sendiri. Pengertian dari minat adalah suatu ketertarikan atau kecenderungan terhadap sesuatu. Arti minat di sini lebih mengarah kepada sesuatu yang positif, yakni belajar.

Sementara itu, belajar sendiri adalah sebuah kegiatan yang bersifat menambah ilmu atau wawasan baru. Jadi, arti minat dalam belajar adalah adanya sebuah ketertarikan yang besar untuk mempelajari ilmu baru.

Tentu ini merupakan sebuah hal yang bagus. Itulah mengapa minat dalam belajar harus ditumbuhkan dan dipelihara. Tujuannya agar anak memiliki semangat belajar dan ingin memiliki hal baru untuk dipelajari.

Macam Macam Minat dalam Belajar

Minat untuk belajar sendiri sebenarnya bisa dikembangkan melalui berbagai macam hal. Kurang lebih ada tiga bagian yang mampu mendorong minat belajar pada diri seseorang. Yaitu secara personal, situasional, dan psikologikal. Untuk lebih jelasnya mengenai tiga hal tersebut, silahkan simak daftarnya di bawah ini.

1. Minat Secara Personal

Jenis yang pertama adalah minat secara personal. Minat ini tumbuh dari dalam diri anak sendiri.

Terkadang memang ada beberapa anak yang menganggap belajar adalah hal yang sangat menyenangkan sehingga tidak keberatan saat memiliki hal baru untuk dipelajari. Ini disebut minat belajar yang tumbuh secara personal, sifatnya mutlak.

2. Minat Secara Situasional

Kemudian, macam minat untuk belajar yang kedua adalah minat situasional. Ini merupakan minat yang tumbuh tergantung dari situasi. Apabila situasi belajar dirasa cocok untuk seorang anak, maka pasti dirinya memiliki minat untuk belajar. Sebaliknya, apabila situasi belajar tidak menyenangkan, maka anak akan sangat malas dalam belajar.

3. Minat Secara Psikologikal

Jenis minat yang satu ini erat kaitannya dengan kondisi psikologis anak dengan subjek pelajaran. Apabila si anak memiliki ketertarikan khusus terhadap suatu pelajaran, dan memiliki bakat yang lebih dalam subjek tersebut, maka anak akan menyukainya. Minat psikologikal juga bisa tumbuh dari hubungan yang baik antara anak dan sang pengajar.

Tips untuk Menumbuhkan Minat Anak dalam Belajar

Menumbuhkan minat belajar memang penting, namun tidak bisa dipaksakan. Ada tips dan trik sendiri yang harus dikembangkan agar minat anak dalam belajar bisa tumbuh dan bisa bertahan dalam diri anak. Apa saja tips tersebut, mari lihat di bawah ini:

1. Memvariasikan Metode Belajar

Cara pertama yang mungkin bisa diterapkan adalah memvariasikan metode belajar. Jangan gunakan metode belajar yang sama setiap kali memberi pelajaran pada anak.

Sesekali gantilah metode belajar dengan game atau kuis berhadiah agar anak merasa tertarik dan menunggu pelajaran dimulai. Dari situ sudah mulai terlihat bahwa ketertarikan anak dalam belajar sudah ada.

2. Menciptakan Suasana Belajar yang Kondusif

Cara yang selanjutnya adalah berusaha membuat suasana belajar yang bersahabat. Bangunlah kondisi ruang belajar yang nyaman dan damai.

Hindari teriakan atau suara mengganggu lainnya. Mungkin sesekali ruang belajar dapat diberi musik akustik sebagai penambah endorfin bagi anak agar proses belajar semakin santai.

3. Memancing Bakat, Minat, dan Sikap Anak agar Keluar

Belajar itu memang sangat terkait dengan adanya minat, bakat, dan sikap. Pancing setiap minat anak keluar dalam tiap subjek. Ingat, setiap anak mungkin memiliki minat yang berbeda.

Tugas si pengajar adalah memberikan yang terbaik pada pembelajaran. Hal ini juga menghubungkan bakat si anak agar ketertarikan untuk belajar dapat tumbuh.

Minat belajar memang sangat penting untuk ditumbuhkan. Bagaimanapun, minat anak dalam belajar menjadi sebuah penuntunnya dalam mengenal banyak hal. Tumbuhnya minat dengan baik akan membawa anak dalam pembelajaran yang mudah dicerna oleh otaknya dan dipraktikkan dalam kesehariannya.

Postingan Terkait :