Home Tutorial Cara Mudah Mengatasi Suara Speaker HP Kecil atau Pelan

Cara Mudah Mengatasi Suara Speaker HP Kecil atau Pelan

Cara Mudah Mengatasi Suara Speaker HP Kecil atau Pelan | Cara mengatasi suara speaker hp kecil atau pelan sebenarnya mudah jika sudah tahu penyebabnya. Pada saat suara speaker hp mengecil, memang sangat mengganggu. Terutama jika penggunanya seorang yang gemar mendengarkan musik. Sebelum membahas tentang cara mengatasinya, simak dulu apa penyebab suara speaker hp mengecil berikut ini.

Mengapa Suara Speaker hp Jadi Mengecil?

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan suara speaker hp mengecil. Beberapa diantaranya bahkan tidak disadari oleh si pemilik hp. Masalah yang terjadi bisa dikarenakan trouble pada hardware maupun software. Bagi pemilik hp yang awam tentang teknologi, masalah seperti ini memang cukup rumit.

Untuk mengetahui penyebab suara speaker hp mengecil, pemilik hp tidak perlu menjadi seorang teknisi hp dadakan. Cukup sadari dan lakukan pengecekan terhadap hp dengan cara yang standar. Suara pada speaker hp bisa mengecil akibat beberapa kondisi seperti berikut ini:

  • Speaker hp tersumbat debu atau kotoran.
  • Speaker hp terkena air atau kemasukan air.
  • hp terjatuh sehingga ada bagian dari speaker yang bergeser.
  • Ada kesalahan pada pengaturan volume.
  • Ada kesalahan pada software alat pemutar musik.
  • Kondisi speaker hp sudah rusak.

Langkah Mengatasi Suara Speaker hp Kecil Atau Pelan

Setelah mengetahui penyebab dari speaker hp bersuara pelan, kini pemilik hp dalam melakukan langkah antisipasi. Cara mengatasi suara speaker hp kecil atau pelan ini bisa menjadi solusi sebelum membawa hp untuk diperbaiki.

1. Periksa Pengaturan Volume hp

Salah satu penyebab suara speaker hp mengecil adalah pengaturan volume hp yang salah. Karenanya periksa pengaturan volume hp dan kembalikan ke standar volume yang benar. Pengaturan volume hp bisa dilakukan di menu Settings atau Pengaturan kemudian klik  menu Suara & Getaran. Pada menu ini, pemilik hp dapat melakukan pengaturan volume sesuai dengan keinginan.

2. Periksa Kondisi hp

Jika hp terjatuh dan mendadak volume hp mengecil, periksa kondisi tombol volume hp. Barangkali saja ada tombol yang rusak sehingga membuat volume hp menurun. Selain tombol volume, periksa juga kondisi speaker hp, jika hp pernah jatuh besar kemungkinan ada komponen speaker yang bergeser sehingga suaranya jadi mengecil.

3. Bersihkan Virus dan Cache

Cara mengatasi suara speaker hp kecil dan pelan selanjutnya bisa dilakukan dari internal hp. Periksa apakah hp terkena virus atau terlalu banyak cache yang menumpuk. Jika hp menyimpan virus dan cache yang menumpuk, akan berdampak buruk pada hp termasuk volumenya mengecil. Segera lakukan pembersihan menyeluruh.

4. Hapus Root Pada hp

Fungsi root pada hp adalah untuk membuka semua akses pada perangkat Android. Namun efek samping dari proses root ini bisa mengganggu beberapa aspek dari hp itu sendiri. Salah satunya adalah pengaturan volume speaker hp. Pemilik bisa mengganti ROM atau menghapus root agar suara speaker hp bisa kembali normal.

5. Lakukan Restart Pada hp

Terkadang volume speaker bisa mengecil jika OS hp mengalami error. Jika volume speaker hp mengecil karena ada masalah pada sistem OS hp, pemilik dapat melakukan Restart pada hp. Hal ini terbukti dapat mengatasi berbagai error pada OS termasuk jika volume speaker hp mengecil.

Jika semua langkah diatas sudah dicoba dan tidak membuahkan hasil, cara mengatasi suara speaker hp kecil dan pelan yang terakhir adalah dengan membawa hp ke tempat service untuk diperbaiki. Ini adalah langkah untuk mengembalikan suara speaker hp kembali normal. Namun tentu saja pemilik hp harus mau mengeluarkan biaya.

Postingan Terkait :