Home Tutorial Tutorial Lengkap Membuat Desain Tiket Dengan Photoshop

Tutorial Lengkap Membuat Desain Tiket Dengan Photoshop

Tutorial Lengkap Membuat Desain Tiket Dengan Photoshop – Ingin mendesain tiket acara Anda sendiri? Tenang, kini Anda bisa melakukannya melalui aplikasi, seperti Photoshop dengannya. Jika Anda ingin membuat tiket untuk acara tertentu dengan desain sendiri, simak uraian berikut mengenai cara membuat desain tiket dengan photoshop.

Membuat Ukuran dan Mengisi Latar Belakang Tiket

Langkah pertama saat mendesain tiket menggunakan photoshop adalah membuka aplikasi tersebut. Klik menu file dan pilih Baru. Setelah itu, sesuaikan ukuran tiket yang ingin Anda buat, bisa 5,5 per 2,2 inchi, atau sesuai kebutuhan.

Setelah mengatur ukuran tiket, selanjutnya silahkan memilih Rectangle tool untuk mengambil layer baru. Lakukan seleksi di sekeliling tiket dengan bantuan tool tersebut. Kemudian, pilih warna melalui Tool Bar Gradien jika ingin memberikan warna dasar tiket yang bergradasi, dan terapkan.

Klik kanan pada layer yang bergradasi dan pilih Blending Option. Lalu akan muncul jendela Layer Style dan pilih Gradient Overly dengan mencentangnya, kemudian tekan Ok. Anda juga bisa memilih warna lain yang tidak bergradasi sesuai dengan keinginan.

Membuat Bentuk Potongan Dasar Tiket

Langkah selanjutnya, buat layer baru dengan menekan CTRL, Shift, dan N secara bersamaan. Kemudian, tekan Alt dan backspace untuk mengisi warna Foreground. Setelah itu, pilih Select dan Deselect untuk menghapus seleksi persegi panjang.

Untuk menambahkan Noise dalam tiket, Anda bisa menggunakan Filter dan pilih Add Noise dalam fitur Noise. Tekan shift dan buat lingkaran di sudut kiri atas untuk potongan tiket, kemudian untuk menghapus bagian tiket yang dipilih tinggal tekan hapus. Lakukan hal demikian untuk ketiga sudut tiket lainnya.

Menambahkan Judul Acara

Menambahkan judul acara adalah salah satu hal yang sangat penting dalam membuat desain tiket dengan Photoshop. Sebelum menambahkan Judul Acara, Anda bisa membuat bingkai dasaran tulisan menggunakan Rounded Rectangle Tool dan atur Radius, serta mengubah warna menjadi coklat.

Kemudian, klik kanan pada layer dan pilih Rasterize Layer. Lakukan modifikasi dengan pilih Select, Modify, Contract, dan atur dengan 3 pixel untuk memberikan bingkai dalam coklat pada tiket tersebut.

Anda bisa menambahkan Judul Acara pada tiket tersebut, lalu aturlah warna, jenis, serta ukuran font dengan sebaik mungkin dan proporsional.

Menambahkan Beberapa Divisi

Anda bisa menambahkan nama lembaga atau alamat dari acara terkait di bagian bawah judul acara. Tambahkan garis di bawah divisi tersebut melalui Line Tool dan atur ketebalan. Kemudian, atur Blend Mode layer ke Multiply, dan gandakan garis tersebut menjadi dua untuk di letakkan di bagian bawah.

Setelah itu, gambar garis vertical di bagian tengah agak ke kiri. Garis tersebut sebagai pembatas antara logo dengan tulisan lainnya yang akan dimasukkan ke tiket.

Menambahkan Logo Acara atau Lembaga

Anda bisa menambahkan logo acara atau lembaga penyelenggara acara tersebut pada kotak tiket sebelah kiri. Background logo bisa Anda sesuaikan dengan warna dasar tiket dengan fitur Layer, Smart Objects, dan Convert to Smart Object. Kemudian, sesuaikan ukurannya dengan lebar tiket Anda.

Menambahkan Kotak untuk Dasar Tulisan

Anda bisa membuat kotak baru untuk lapisan tulisan lainnya dengan Rectangular Marquee Tool. Buatlah persegi panjang di sebelah potongan tiket dan beri warna coklat sesuai warna garis. Kemudian, atur Blend Mode Layer ke Multiply.

Anda bisa menambahkan tulisan dengan warna cerah pada dasar coklat tersebut untuk membuat desain tiket dengan photoshop yang menarik. Ketik tulisan yang ingin Anda masukkan dalam tiket tersebut, dan atur jenis font dengan baik untuk memperindah serta membuat tiket tersebut menjadi elegan.

Postingan Terkait :