Home Informasi Knitting Adalah? Berikut Penjelasan Lengkap Beserta Jenisnya

Knitting Adalah? Berikut Penjelasan Lengkap Beserta Jenisnya

Knitting Adalah? Berikut Pengertian, Perbedaan dan Jenis Benangnya | Dalam bidang konveksi banyak metode yang digunakan untuk membuat sebuah produk. Merajut adalah salah satu metode yang cukup populer. Nah, merajut juga memiliki beragam teknik yang salah satunya adalah knitting. Banyak orang menganggap knitting sama dengan crocheting. Padahal sebenarnya knitting adalah hal yang berbeda dengan crocheting walaupun memang keduanya memiliki kemiripan.

Supaya tidak rancau dalam memahami keduanya, silahkan baca artikel berikut sampai habis.

Apa Itu Knitting?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, knitting merupakan salah satu teknik merajut. Dalam prakteknya, knitting memerlukan sepasang jarum rajut atau yang sering disebut jarum breien.

Jika tidak punya, maka jarum tersebut bisa diganti dengan 2 buah sumpit bambu runcing atau pensil. Nah, teknik knitting ini terbagi menjadi 2. Penjelasan masing-masing teknik seperti dibawah:

1. Single Knitting

Teknik knitting yang pertama adalah single knitting. Single knitting adalah teknik rajut yang menggunakan sebuah benang rajut serta 2 buah jarum rajut. Teknik ini bagus untuk pemula yang baru mulai belajar merajut karena lebih mudah dan cepat untuk dipelajari. Namun, hasil rajutan single knitting lebih tipis dan cenderung mudah keriting.

2. Double Knitting

Teknik selanjutnya disebut double knitting. Sesuai namanya, teknik ini menggunakan 2 buah benang rajut namun masih tetap menggunakan 2 jarum rajut sama dengan single knitting. Teknik ini baru mudah dipakai jika sebelumnya sudah mempelajari dan paham mengenai single knitting. Keunggulan hasil rajut yang menggunakan teknik ini adalah lebih tebal dan tidak mudah keriting.

Perbedaan Knitting dan Crocheting

Sebelumnya sudah dibahas kalau knitting dan crocheting adalah 2 teknik yang berbeda. Jadi, sebenarnya apakah yang membedakan 2 teknik ini? Jika dilihat dari namanya yang berasal dari bahasa inggris maka knitting memiliki arti merajut.

Sedangkan crocheting diartikan sebagai merenda. Tentu saja perbedaan knitting dan crocheting bukan hanya dari namanya. Berikut penjelasan lebih gamblang tentang perbedaan keduanya:

1. Arti Namanya

Sebelumnya sudah dibahas kalau arti knitting yaitu merajut dan arti dari crocheting adalah merenda. Kedua metode tersebut sama-sama menggunakan benang, lantas apakah yang membedakan 2 aktivitas tersebut?

Nah, merajut sendiri cenderung digunakan untuk menghasilkan benda-benda besar seperti baju. Sedangkan merenda cocok dilakukan dalam proses membuat benda-benda kecil untuk hiasan atau aksesoris.

2. Alat dan Pola Yang Digunakan

Teknik knitting membutuhkan alat yang cenderung lebih banyak jika dibandingkan dengan teknik crocheting. Untuk hasil yang lebih baik, maka bisa menggunakan alat tambahan seperti stitch marker, jarum tapestry, dan sebagainya.

Untuk polanya, knitting menggunakan pola garis lurus sedangkan crocheting memiliki pola yang lebih beragam seperti tanda silang, tambah, dan lain-lain.

3. Jenis Tusuk dan Tekniknya

Contoh jenis tusuk yang digunakan untuk knitting yaitu knit dan purl. Sedangkan jenis tusuk yang digunakan untuk crocheting contohnya adalah single stitch dan double crochet.

Kemudian untuk teknik yang digunakan pada knitting adalah membolak-balik jarum rajutnya. Sedangkan untuk crocheting yang dibolak balik adalah benangnya. Crocheting bagus untuk membuat hiasan sedangkan knitting bagus untuk membuat baju.

Jenis-Jenis Benang Rajut

Dalam merajut, selain teknik masih ada hal lainnya yang perlu diperhatikan. Yakni jenis benang yang digunakan, karena tidak semua jenis benang bisa digunakan untuk merajut. Bahkan benang rajut itu masih terbagi lagi menjadi beragam jenis sesuai dengan fungsinya. Seorang perajut harus bisa memilih benang sesuai dengan kebutuhannya untuk mendapat hasil rajutan yang maksimal.

Salah satu aspek yang membedakan jenis-jenis benang ini adalah ukurannya. Misalnya jenis benang wol besar atau biasa disebut wol kinlon yang berdiameter besar dan cocok untuk membuat syal karena hangat.

Ada pula benang wol lokal yang berukuran sedikit lebih kecil. Lalu ada benang katun dan benang bali yang ukurannya lebih kecil dibandingkan 2 benang sebelumnya.

Demikianlah penjelasan tentang apa itu knitting. Karena knitting adalah salah satu teknik merajut yang menggunakan tangan secara manual maka sudah pasti diperlukan kesabaran untuk mempelajarinya.

Namun, tidak perlu khawatir karena kini sudah banyak video tutorial yang bisa dijadikan media pembelajaran. Selain itu, komunitas knitting ataupun crocheting juga sudah sangat banyak.

Postingan Terkait :