Home Tutorial 6 Cara Ampuh Atasi Error Galeri Android Tidak Bisa Dibuka

6 Cara Ampuh Atasi Error Galeri Android Tidak Bisa Dibuka

6 Cara Ampuh Atasi Error Galeri Android Tidak Bisa Dibuka | Bagi sebagian pengguna smartphone, terlebih Android pasti ada saja aplikasi yang tiba-tiba blank atau error. Bukan hanya game, bahkan aplikasi seperti Galeri juga sering gagal dibuka. Hal ini tentunya menjadi penyebab mood turun yang sangat mengesalkan. Jadi, perlu tahu cara ampuh atasi error Galeri Android tidak bisa dibuka tiba-tiba.

Ada berbagai macam penyebab kenapa tiba-tiba Galeri Android tidak dapat dibuka. Baik pengaruh luar atau dalam perangkat. Pengaruh luar meliputi hal-hal seperti tingkat suhu ruangan yang nantinya dapat memengaruhi keadaan ponsel.

Selain itu, penyebab seperti memori perangkat yang terlalu penuh, ketidakmampuan mengikuti perintah, dan sebagainya. Untuk mengatasi hal tersebut, simak yuk bagaimana cara ampuh atasi error Galeri Android tidak bisa dibuka sebagai berikut.

Cara Ampuh Atasi Error Galeri Android Tidak Bisa Dibuka

1. Memberhentikan Secara Paksa

Pertama yang dapat dilakukan sebagai langkah penanganan ketika Galeri error adalah memberhentikan perintah secara paksa. Hal ini dapat dilakukan apabila perangkat memberikan notifikasi seperti “Galeri tidak merespon”. Maka hanya perlu klik pilihan “berhenti” dibandingkan “tunggu”.

2. Mengosongkan Ruang Memori Melalui File Manager

Beralih ke cara ampuh atasi error Galeri Android tidak bisa dibuka selanjutnya adalah dengan mengosongkan ruang memori melalui File Manager. Karena aplikasi Galeri tidak dapat dibuka, maka dari itu mengosongkan ruang memori adalah pilihan tepat.

Langkah ini dipercaya paling ampuh karena Galeri memang berhubungan dengan penyimpanan memori. Akan lebih baik untuk menyisakan setidaknya 3 sampai 5 GB sebagai ruang aman penyimpanan agar perangkat tidak cepat blank.

3. Memperbarui Sistem Android

Perlu dipahami, bahwasannya beberapa perangkat bisa jadi tidak dapat melakukan perintah dengan benar, apabila sistemnya belum diperbarui. Hal ini juga dapat ditangani dengan memperbarui sistem Android. Lebih jelasnya untuk memperbarui sistem Android akan disampaikan berikut:

  • Buka pengaturan atau
  • Kemudian cari menu “System apps updater”.
  • Pada bagian paling bawah, akan ada tulisan untuk memperbarui semua aplikasi, baik yang diunduh maupun bawaan pabrik.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai dan coba lagi untuk membuka Galeri. Pastikan saat pengunduhan, jaringan internet baik dan stabil.

4. Mengaktifkan Ulang Perangkat Android

Cara ampuh atasi error Galeri Android tidak bisa dibuka selanjutnya ini paling direkomendasikan. Yaitu dengan mengaktifkan ulang perangkat. Sebenarnya, cara ini yang paling dipercaya karena hampir seluruh masalah pada Android bisa segera teratasi.

Pasalnya ketika melakukan restart, maka Android akan secara otomatis menghentikan seluruh perintah yang diberikan sebelumnya. Sehingga, secara sederhananya dapat menjadi lebih “fresh” dan kembali ke kondisi semula.

5. Menghapus Cache Aplikasi

Cara ampuh berikutnya adalah dengan menghapus cache aplikasi. Sehingga, memori penyimpanan dapat menjadi semakin luang. Selain itu, jangan lupa untuk menonaktifkan perizinan menjalankan aplikasi di belakang untuk menghemat RAM.

Untuk menghapus cache aplikasi, masuk ke menu Apps dan secara manual cek cache per aplikasi satu per satu. Kemudian pilih hapus cache dan tunggu kurang lebih 2 detik. Lanjutkan dengan aplikasi lainnya, termasuk ke Galeri.

6. Mengembalikan Perangkat Ke Setelan Pabrik

Rekomendasi terakhir untuk melakukan cara mengatasi error Galeri Android adalah dengan mengembalikan perangkat ke setelan pabrik. Untuk melakukannya, pertama buka aplikasi Pengaturan atau Setting, lalu cari menu “About Phone”.

Setelah itu, scroll hingga ke bagian bawah sampai menemukan factory reset. Cara ini menjadi terakhir yang direkomendasikan karena sangat mungkin data atau penyimpanan dalam aplikasi lain juga ikut hilang. Oleh karena itu, harap berhati-hati atau memilih langkah lainnya saja.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai cara ampuh atasi error Galeri Android tidak bisa dibuka tiba-tiba. Perlu diketahui juga bahwa pengguna perangkat, setidaknya harus mengetahui penyebabnya agar kejadian yang sama tidak terulang.

Postingan Terkait :