Home Informasi Fungsi Sound Card, serta Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya

Fungsi Sound Card, serta Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya

Fungsi Sound Card, Beserta Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya | Sound Card merupakan salah satu komponen penting yang dimiliki komputer. Pada umumnya kita biasa mendengarkan atau memutar musik video di komputer menggunakan bantuan perangkat lunak (software) media player, namun dibalik itu semua ada perangkat keras (hardware) yang sangat dibutuhkan agar proses memutar musik tersebut berjalan secara lancar, yaitu sound card.

Sound card dalam bahasa indonesia memiliki arti “sound” berarti suara, dan “card” berarti kartu, jika digabungkan seluruhnya sound card akan memiliki arti “kartu suara”. Walaupun terlihat sepele, dalam dunia komputer peranan sound card ini termasuk penting, karena akan memudahkan kita dalam proses pengoperasian komputer. Nah maka dari itu, kali ini akan kita bahas tuntas tentang Pengertian, Penjelasan, Fungsi dan Jenis Model dari Sound Card, simak artikel berikut ini.

Pengertian Sound Card

Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. ~ dilansir wikipedia

Audio atau suara yang keluar melalui speaker pada komputer merupakan hasil olahan data dari sound card. Jika kamu sudah memutar musik dengan menggunakan media player pada komputer, dan ternyata tidak keluar suara apapun, maka bisa dipastikan ada sedikit masalah pada soundcardnya.

Sound card ini biasanya terkoneksi ke komputer melalui slot ISA atau PCI pada motherboard. Namun seiring dengan kebutuhan dan berkembangnya teknologi, muncul inovasi jenis sound card yang lebih simpel dan memiliki slot USB, disebut sound card eksternal.

Fungsi Sound Card

Pada intinya fungsi sound card yang paling utama tentunya sebagai pengolah data audio atau suara pada komputer, namun sound card juga memiliki fungsi lain yang perlu kamu ketahui, seperti:

  • Mengkoversi sinyal digital dan analog ke dalam bentuk gelombang sonic
  • Sebagai alat yang mendukung pemrosesan audio/suara pada komputer
  • Meningkatkan kualitas input dan output suara/audio misalnya kualitas audio surround HD, home theater, dan bioskop
  • Membantu menambahkan fitur-fitur pengolahan suara seperti bass booster, 3D sound, theater sound, live sound dan berbagai fitur lengkap lainnya
  • Membantu mengatur besarnya volume dan equalizer suara yang keluar atau masuk (rekaman)
  • Mengkonversi audio dari piringan hitam/kaset pita kedalam bentuk audio data digital
  • Mengolah data suara rekaman (suara input) baik secara langsung bicara atau melalui perangkat headset atau perangkat ketiga seperti amplier/microphone
  • Membantu editing dan mengolah suara atau audio musik

Cara Kerja Sound Card

Ketika kamu mendengarkan suara dari sound card, data digital suara yang berupa waveform .wav atau mp3 dikirim ke sound card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing: Pengolah signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter: Konversi digital ke Analog). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.

Ketika kamu merekam suara lewat microphone. suara kamu yang berupa analog diolah oleh DSP, dalam mode ADC (Analog Digital Converter: Konversi analog ke digital). Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan. Sinyal digital ini simpan dalam format waveform table atau biasa ditulis Wav(wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3.

Jenis Sound Card beserta Penjelasannya

Saat ini, sound card sudah memiliki beberapa jenis model berdasarkan cara pemasangannya, yaitu sound card onboard, sound card offboard, dan sound card eksternal. Berikut merupakan penjelasan lengkap dari 3 jenis sound card tersebut:

1. Sound Card Onboard (Internal)

Seperti namanya Onboard, sound card ini pada umumnya sudah terpasang langsung pada papan motherboard komputer. Sound card onboard ini memiliki bentuk chipset dan menempel pada motherboard yang kinerjanya membutuhkan tenaga dari processor. Sound card onboard biasanya sudah termasuk dalam pembelian motherboard.

2. Sound Card Offboard

Sound card offboard merupakan sound card yang dipasang ke dalam slot ISA atau PCI pada papan motherboard komputer. Sound card jenis ini memiliki kualitas pengolah suara yang lebih baik daripada jenis soundcard onboard, sehingga suara input atau outputnya juga memiliki hasil yang lebih bagus.

3. Sound Card External

Sound card external merupakan sound card yang cara pemasangannya ke komputer hanya melalui port USB. Sound card external menjadi inovasi terbaru yang sekarang ini banyak dibutuhkan, karena selain pemasangannya juga plug and play, hasil suara yang diberikan pun berkualitas. Sound card eksternal ini sangat cocok digunakan untuk proses perekaman suara.

Sound card merupakan hal yang wajib ada pada sebuah perangkat komputer, karena sound card memiliki berbagai fungsi yang akan memudahkan kita dalam pengoperasian komputer atau bahkan bisa memudahkan kita dalam hal pekerjaan. Jika sound card tidak ada atau rusak, kita tidak bisa mendengarkan suara dari perangkat komputer tersebut. Itu semua sama halnya dengan perangkat laptop, karena laptop juga membutuhkan sound card.

Demikian merupakan pembahasan artikel mengenai fungsi sound card, beserta pengertian, jenis dan cara kerjanya yang di ambil dari berbagai sumber referensi baik online maupun offline. Semoga informasi ini bisa bermanfaat, kurang lebihnya saya meminta maaf. Dan saya ucapkan terima kasih telah berkunjung ke website saya ini.

Postingan Terkait :