Home Informasi Ducting Adalah? Berikut Pengertian dan Rumus Menghitungnya

Ducting Adalah? Berikut Pengertian dan Rumus Menghitungnya

Ducting Adalah? Berikut Pengertian, Rumus dan Cara Menghitung Harga Ducting | Cara menghitung harga ducting merupakan hal yang perlu diketahui oleh kebanyakan orang, khususnya di kalangan kontraktor. Bahkan sangat penting untuk diterapkan pada perhitungan pengeluaran biaya yang diperlukan untuk membangun sistem di suatu gedung atau ruangan.

Secara umum, perhitungan ducting sendiri dilakukan dengan menghitung luas bahan yang digunakan dikali dengan harga per meter persegi. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara menghitung harga ducting secara terperinci, para kontraktor harus memahami pengertian dan fungsi ducting terlebih dahulu.

Pengertian dan Fungsi Ducting

Di dunia proyek pembangunan gedung, sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ducting karena salah satu komponen cukup penting. Bahkan tanpa disadari ducting diterapkan di gedung-gedung vital seperti rumah sakit, department store, pasar swalayan hingga apartemen sekalipun.

Namun, banyak orang yang belum mengetahui pengertian dari ducting itu sendiri. Padahal, sebenarnya sangat sederhana untuk dipahami dalam konteks fungsi bangunan. Ducting adalah sebuah material yang berfungsi menyalurkan suatu fluida berupa udara atau lainnya dari satu titik ke titik lainnya.

Secara harfiah dan diartikan dalam bahasa Indonesia bahwa ducting sendiri merupakan penyaluran berupa pipa. Ducting sendiri pada umumnya berasal dari bahan berupa BJLS (baja lapis seng) dengan 2 variasi berdasarkan fungsinya, diantaranya adalah:

1. Ducting BJLS Tanpa Isolasi

Ducting ini biasanya digunakan hanya sekedar penyalur udara saja tanpa mempertahankan suhu yang ada di dalamnya. Biasanya ducting ini digunakan pada beberapa titik di dalam suatu gedung diantaranya:

  • Ducting fresh air berfungsi untuk menyalurkan udara segar ke dalam sebuah mesin pendingin ruangan.
  • Ducting exhaust berfungsi menyalurkan udara buangan dari dalam ruangan
  • Ducting intake yang berfungsi menyalurkan udara segar ke dalam ruangan yang tertutup.

2. Ducting BJLS dengan Isolasi Luar

Biasanya ducting ini menggunakan isolasi dengan bahan berupa glasswool yang ketebalannya tergantung suhu fluida. Suhu yang sangat dingin akan lebih tebal dan rata-rata berukuran 24 kg/m3 dengan tebal 25 mm.

3. Ducting BJLS dengan Isolasi Luar dan Dalam

Jenis isolasi ini pada ducting berfungsi untuk mencegah kebocoran yang terjadi di sekitar lapisan material. Kebocoran yang terjadi biasanya diakibatkan oleh hawa dingin yang mengalir pada fluida di dalam ducting.

Ducting yang digunakan akan dilakukan perencanaan dalam bentuk gambar teknik yang selanjutnya dihitung berupa luas permukaan dengan satuan per meter persegi. Kemudian akan dihitung harga material ducting yang digunakan berdasarkan jumlah per meter persegi sesuai dengan gambar perencanaan.

Perhitungan Ducting dan Biaya yang Dikeluarkan

Setelah mengetahui penjelasan mengenai pengertian ducting secara keseluruhan, maka sekarang gilirannya memahami cara menghitung harga ducting. Terlebih dahulu dihitung ukurannya dengan rumus ducting yang dibutuhkan pada salurannya dalam satu sistem.

  • Tentukan terlebih dahulu jumlah titik supply
  • Berikutnya tentukan juga kecepatan udara yang diharapkan
  • Selanjutnya, merancang line ducting untuk membuat satu sistem saluran
  • Menghitung dan menentukan ukuran ducting masing-masing supply
  • Kemudian menjumlahkan volume udara yang diurut dari dua titik, lalu tiga titik dan seterusnya.
  • Terakhir menentukan ukuran ducting dari penjumlahan volume udara dari masing-masing titik yang dijumlahkan.

Setelah melakukan penentuan ukuran ducting, maka langkah selanjutnya adalah menghitung luas meter persegi yang dibutuhkan. Masing-masing ukuran akan dihitung luasannya dengan mengikuti rumus yang sudah ada yaitu, 2 x (panjang x lebar) x tinggi ducting.

Contohnya terdapat ducting dari satu sistem yang memiliki ukuran 100 x 50 cm dengan tinggi atau panjangnya 1,2 m. Maka perhitungannya adalah 2 x (1 x 0,5) x 1,2 yang hasilnya adalah 1,2 meter persegi.

Dari hasil perhitungan meter perseginya dari masing-masing ukuran maka dikonversikan menjadi harga yang akan direncanakan dalam rancangan anggaran biaya proyek. Cara menghitung harga ducting diperoleh dari list biaya yang dipatok berdasarkan fungsi dan ukuran ketebalan dari material BJLS.

Pada ducting yang berfungsi sebagai supply dan return berkisar diantara Rp337.000,- sampai Rp497.000,- per meter persegi dengan variasi ketebalan dari 0,5 sampai 1,0. Sedangkan ducting exhaust dan fresh air bisa dipatok dengan harga yang lebih murah yakni diantara Rp320.000,- hingga Rp467.000,-.

Harga tersebut lebih mahal untuk supply dan return karena harga sudah termasuk insulation berupa glasswool dan aluminium foil yang ditambah support. Beda halnya dengan ducting exhaust dan fresh air yang hanya support saja berupa gantungan behel dan siku.

Selain itu, adanya flendes pada ducting yang harganya diluar harga yang sudah dipatok sebelumnya. Untuk flendes pada ducting supply dan return dihargai Rp45.000 per buah, sedangkan exhaust dan fresh air lebih murah yakni Rp30.000,-

Demikian cara menghitung harga ducting yang dijelaskan dari awal sampai akhir. Untuk orang awam yang masih banyak belum tahu, penting juga memahami pengertian ducting itu sendiri.

Semoga bisa bermanfaat dan diterapkan oleh banyak orang, khususnya pihak terkait dari kontraktor HVAC, khususnya bagian design engineer dan estimator.

Postingan Terkait :