Home Informasi Mengenal Materi Defense Studies dalam Prodi Hubungan Internasional

Mengenal Materi Defense Studies dalam Prodi Hubungan Internasional

Wartapoin.com – Dalam kuliah prodi Hubungan Internasional atau yang seringkali disingkat dengan HI. Para mahasiswa akan belajar hal-hal mengenai hubungan internasional antar banyak negara. Salah satu materinya adalah defense studies atau studi pertahanan.

Materi studi pertahanan bukan berarti para mahasiswa akan belajar mengenai taktik militer atau semacamnya. Memang hal tersebut merupakan bagian dari materi, namun para mahasiswa akan mengenal lebih luas aspek dari pertahanan itu sendiri.

Pertahanan negara juga harus dipikirkan dari aspek ekonomi, moral, dan budaya. Mungkin Anda kurang familiar dengan materi satu ini. Karena itu, berikut adalah penjelasan mengenai studi pertahanan secara garis besar. Yuk, pelajari desense studies berikut.

Mengenal Defense Studies

Studi pertahanan secara sederhana dapat dikatakan sebagai materi yang mempelajari tentang pertahanan negara. Namun seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pertahanan negara bukan hanya masalah perang atau strategi militer saja.

Dalam materi ini, para mahasiswa akan diberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pengkajian strategis dan langka pertahanan dengan spektrum yang lebih luas. Mulai dari konsep keamanan dan strategi dalam mencapainya.

Tidak terlewat juga kaitan antara studi pertahanan ini dengan hubungan internasional antar negara. Pengetahuan ini sangat penting dalam konteks kenegaraan guna menganalisis berbagai isu yang berkaitan dengan strategi dan pertahanan negara.

Hal yang Dipelajari dalam Studi Pertahanan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, para mahasiswa akan memahami strategi dan studi pertahanan ini dalam spektrum yang lebih luas. Karena itu, dapat dikatakan ada banyak hal yang perlu dipelajari dalam studi pertahanan.

Ada beberapa hal yang akan dipelajari dalam studi pertahanan. Materi ini akan menjadi materi yang paling umum diberikan:

1. Konsep Perang dan Perdamaian

Memang perang dan dunia militer bukan hanya satu-satunya unsur dari pertahanan negara. Namun, membahas pertahanan negara pastinya tidak bisa lepas dari pembahasan mengenai perang dan perdamaian.

Oleh karena itu, penting bagi para mahasiswa untuk mengerti terlebih dahulu. Apa yang dimaksud dengan perang dan kondisi damai pada suatu negara. Pembahasan ini termasuk soal strategi perang nuklir, perencanaan pertahanan, dan juga tantangan terhadap keamanan negara.

2. Ancaman Pertahanan secara Politik

Kondisi politik antar negara juga dapat mempengaruhi kondisi pertahanan negara. Karena itu, selain mempelajari dunia pertahanan dari sisi militer. Para mahasiswa juga perlu mempelajari studi pertahanan dari sisi politik dan budaya.

Para mahasiswa akan mempelajari bagaimana proses kebijakan politik dan keputusan-keputusan tertentu dapat mempengaruhi kondisi keamanan negara. Hal ini termasuk dengan perencanaan ketahanan dalam menyesuaikan dengan kebijakan politik yang ada.

3. Mengenali Isu-Isu Keamanan Negara

Selain mengenali konsep dan strateginya, tentu saja mahasiswa harus mempelajari apa yang menjadi ancaman dari keamanan dan pertahanan negara itu sendiri. Karena itu, dalam materi ini akan dipelajari juga isu-isu keamanan negara.

Pada materi ini, para mahasiswa akan dibekali dengan kemampuan untuk membedakan isu mana yang bisa berpengaruh pada keamanan negara dan mana yang tidak. Serta, mengambil langka dan tanggapan strategis untuk menangkalnya.

4. Pemahaman Tentang Perlombaan Senjata atau Arms Race

Materi mengenai perlombaan senjata atau dalam dunia militer disebut Arm Race. Materi ini biasanya diberikan pada penghujung semester studi ini. Dalam materi Arm Race, para mahasiswa akan diberikan pemahaman mengenai fungsi dari dilakukannya perlombaan senjata.

Itulah pengertian mengenai defense studies dan materi yang diberikan dalam mata kuliah satu ini. Bagi para mahasiswa yang mengambil jurusan hubungan internasional pasti akan mempelajarinya.

Postingan Terkait :