Home Informasi Pengertian Data Raster dan Manfaatnya Dalam Kehidupan

Pengertian Data Raster dan Manfaatnya Dalam Kehidupan

Mengenal Data Raster, Pengertian Hingga Manfaatnya Dalam Kehidupan | Di bumi yang luas ini, manusia mengembangkan sistem informasi geografis (SIG). Yaitu sebuah teknologi berbasis komputer yang dimanfaatkan untuk mengintegrasikan, mengumpulkan hingga menganalisis berbagai informasi mengenai permukaan bumi. Dalam penyajiannya SIG memiliki beberapa jenis data, salah satunya yaitu data raster.

Raster merupakan jenis data spesial yang sangat penting dalam ilmu geografi yang ternyata memberikan begitu banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Lantas, apa itu data raster dan apa manfaatnya dalam kehidupan? Untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Data Raster

Data raster merupakan sebuah data yang tersusun atas sel-sel berdasarkan garis dan kolom. Pada tiap-tiap sel tersebut mengandung sebuah nilai tunggal, sehingga setiap satu sel hanya dapat menyimpan satu keterangan saja.

Data model ini berwujud gambar yang memiliki warna beragam seperti hijau, kuning, biru dan sebagainya. Biasanya digunakan untuk menunjukkan kondisi suatu tempat contohnya seperti tekanan udara, ketinggian, PH tanah, ketone, aliran air dan juga jarak.

Setiap warnanya dapat merepresentasikan daerah tertentu. Misalnya warna kuning berarti menunjukkan bahwa daerah tersebut memiliki ketinggian 400 hingga 1000 meter di atas permukaan laut. Untuk daerah yang mempunyai tingkat ketinggian kurang dari 200 meter biasanya ditandai dengan warna hijau, dan lain sebagainya.

Kelebihan Dan Kekurangan Data Raster

Perlu diketahui bahwa dalam penggunaannya untuk mengembangkan sistem informasi geografi (SIG), raster memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan menggunakan raster dibanding menggunakan jenis data lain yaitu sebagai berikut:

  • Teknologi yang digunakan jauh lebih murah dibanding jenis data lain.
  • Struktur data yang dimiliki sangat sederhana.
  • Overlay dan kombinasi data dengan citra satelit jauh lebih mudah.
  • Data sangat mudah untuk dimanipulasi menggunakan fungsi matematika yang sederhana.
  • Semua data mempunyai bentuk dan ukuran yang sama sehingga lebih mudah saat melakukan simulasi.

Adapun kekurangan menggunakan jenis data ini dalam pengembangan sistem informasi geografi (GIS) yaitu:

  • Memerlukan ruang penyimpanan yang cukup besar dibanding jenis data lain.
  • Kualitas tampilan grafis nya kurang jelas dibanding kualitas grafis jenis data lain.
  • Data lebih sulit untuk dilakukan analisis keterkaitan.
  • Output yang dihasilkan tergantung pada alat sensor (printer/plotter).

Nah itulah kelebihan serta kekurangan menggunakan data jenis raster dibanding menggunakan data jenis lain. Karena apapun data yang digunakan sudah pasti memiliki keunggulan serta kekurangannya masing-masing.

Manfaat Data Raster Dalam Kehidupan

Dengan adanya data tersebut dalam sistem informasi geografis (SIG), hal ini sangat bermanfaat dalam membantu manusia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di berbagai bidang. Adapun manfaatnya dalam bidang lainnya yaitu:

  • Dengan adanya bantuan data-data tersebut sehingga para ahli dapat memanajemeni berbagai potensi sumber daya alam, menilai kesesuaian lahan yang cocok untuk pertanian, perkebunan serta kehutanan. Melakukan perencanaan tata guna lahan hingga menganalisis daerah rawan bencana serta potensi laut.
  • Di bidang perencanaan, data-data tersebut bermanfaat dalam melakukan perencanaan wilayah, lokasi industri, hingga daerah pemukiman transmigran.
  • Pada bidang ekonomi, data-data tersebut sangat bermanfaat dan membantu dalam mencari serta menentukan lokasi yang memiliki prospek tinggi bagi Bank, pasar swalayan dan lain sebagainya.
  • Untuk bidang transportasi, data-data tersebut memberikan manfaat dalam memberikan petunjuk arah atau rute-rute alternatif bagi transportasi, dan masih banyak lagi.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian hingga manfaat dari penggunaan data raster dalam Sistem Informasi Geografis (GIS). Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Diharapkan kedepannya Anda tidak bingung lagi ketika ada orang yang menyinggung data raster.

Postingan Terkait :