Home Informasi Cleaning Service Adalah? Berikut Pengertian dan 12 Job Desknya

Cleaning Service Adalah? Berikut Pengertian dan 12 Job Desknya

Cleaning Service Adalah? Berikut Pengertian dan 12 Job Desknya Yang Harus Diketahui | Banyak yang tidak mengerti bahwa yang biasa membersihkan suatu tempat adalah bagian dari cleaning service. Cleaning service adalah petugas yang berikan pelayanan kebersihan di suatu tempat atau area. Job desk dari cleaning service biasanya berpusat pada layanan kebersihan, kerapian, kenyamanan dan higienis suatu gedung atau bangunan tersebut.

Dengan adanya cleaning service, maka suatu gedung atau bangunan akan terjaga kebersihan dan kehigienisannya. Sehingga akan menyebabkan kenyamanan bagi para penghuni untuk beraktivitas di dalam gedung atau bangunan tersebut.

Sebagai seorang cleaning service harus mengetahui bagian-bagian job desknya. Ada begitu banyak job desk untuk seorang cleaning service. Semua bagian job desk tersebut merupakan bagian pekerjaan yang harus dilakukan oleh seorang cleaning service.

Seorang cleaning service harus mampu menyelesaikan dan menuntaskan bagian job desk yang sudah menjadi tuntutan pekerjaannya. Hal ini dikarenakan sudah menjadi kewajiban dan keharusan yang harus dilakukan. Ada beberapa job desk yang dimiliki oleh cleaning service di antaranya adalah sebagai berikut:

12 Job Desk Cleaning Service

1.  Pengelap

Seorang cleaning service harus mengerti bagian job desknya, salah satunya adalah di sektor pengelapan. Pengelap  merupakan kegiatan untuk mengelap benda-benda yang terdapat di dalam ruangan. Pekerjaan ini umumnya dilakukan di pagi hari sebelum ada kegiatan lain.

Pengelap harus dilakukan secara teliti agar peroleh hasil yang baik, bersih dan rapi. Benda-benda yang mesti di lap adalah meja, kursi dan semua peralatan kantor. Tujuan pengelap adalah supaya terlihat lebih rajin, bersih, rapi dan nyaman ketika dipandang mata.

2.  Penyapuan

Job desk lainnya dari cleaning service adalah di bagian penyapuan. Kegiatan ini merupakan bagian yang biasa dikerjakan oleh seorang cleaning service. Penyapuan merupakan aktivitas bersih-bersih berupa menyapu lantai, baik di dalam dan di luar ruangan gedung.

Untuk menyapu lantai suatu gedung atau bangunan, tidak boleh sembarangan dilakukan. Biasanya akan ada pengaturan bagian untuk melakukannya, bagian cleaning service hanya melakukan penyapuan di ruang tertentu dan cleaning service lain bersihkan ruangan lainnya.

3.  Pengepelan

Sama seperti job desk penyapuan, bagian pengepelan juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Biasanya antar cleaning service punya bagian ruangan sendiri-sendiri untuk misi pengepelan ini. Sehingga tidak sama ruangan yang dikerjakan oleh cleaning service.

Pengepelan merupakan aktivitas bersih-bersih seperti mengepel lantai di dalam dan luar ruang gedung atau bangunan. Tujuan dari pengepelan ini adalah agar lantai yang sudah disapu menjadi bersih, licin dan higienis. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan pengepelan ini.

4.  Pengisian Toilet Supplies

Selain mengelap, menyapu dan mengepel, kegiatan job desk lainnya yang harus dikerjakan oleh cleaning service ialah melakukan pengisian toilet supplies. Jadi seorang cleaning service harus mengecek dan memastikan bahwa ketersediaan di dalam toilet harus ada.

Bukan hanya melakukan pengisian toilet supplies saja, namun tugas dan kewajiban bagi seorang cleaning service juga harus membersihkan bagian dalam toilet. Kegiatan ini harus dilakukan secara rutin dan melengkapi semua perlengkapan di dalam toilet yang kurang.

5.  Pembuangan Sampah

Tugas dan bagian job desk yang lainnya dari seorang cleaning service ialah melakukan pembuangan sampah. Kegiatan ini merupakan aktivitas yang berupa membuang sampah dan kotoran di tong sampah. Biasanya di tiap gedung atau bangunan akan ada bagiannya sendiri.

Akan ada petugas kebersihan yang membawa mobil khusus untuk mengangkut sampah yang sudah penuh dari tong sampah. Setiap harinya, tugas seorang cleaning service harus membuang sampah dan memastikan bahwa ruangan kerja wajib bersih dari segala sampah.

6.  Perawatan

Tidak banyak yang tahu bahwa job desk dari seorang cleaning service ialah melakukan perawatan. Perawatan ini ditujukan agar suatu gedung atau bangunan tertawa kerapian, kerajinan dan kebersihannya. Sehingga terciptalah kenyamanan di dalam beraktivitas.

Jika suatu gedung atau bangunan terawat, maka kebersihan dan kerajinan pun akan lebih terjaga. Tentunya ini merupakan bagian tugas dan job desk dari seorang cleaning service. Perawatan yang harus dilakukan adalah merawat suatu ruangan dan taman sebuah kantor.

7.  Pelayanan

Kegiatan atau job desk lainnya yang mesti dikerjakan adalah menyediakan serta memberikan pelayanan. Sebagai seorang cleaning service yang handal haruslah sediakan pelayanan kepada para penghuni gedung atau bangunan. Ini adalah keharusan bagi cleaning service.

Memberikan pelayanan kepada para penghuni gedung atau bangunan biasa dilakukan oleh seorang cleaning service. Pelayanan seutuhnya diberikan untuk seluruh orang yang ada di lingkungan kerja baik dari level bawah hingga level atas, terutama untuk tamu / pengunjung.

8.  Pembersihan

Melakukan pembersihan merupakan bagian job desk yang harus dikerjakan oleh seorang cleaning service. Pembersihan ini dilakukan dengan cara membersihkan area dan tempat yang ada di dalam maupun luar gedung atau bangunan yang ditempati kerja oleh orang.

Bersih-bersih yang harus dilakukan oleh seorang cleaning service merupakan hal yang wajib dikerjakan. Hal ini karena sudah merupakan kewajiban dan tugas dari cleaning service untuk menjaga kebersihan dari sebuah ruangan dari gedung atau bangunan yang ditempati.

9.  Pemeliharaan

Job desk lainnya yang mesti dikerjakan oleh cleaning service adalah melakukan pemeliharaan pada suatu tempat di gedung atau bangunan. Pemeliharaan ini adalah berupa memelihara kebersihan dan kerajinan dalam ruangan tersebut, bahkan termasuk pemeliharaan tanaman.

Pemeliharaan ini biasa dilakukan oleh seorang cleaning service, karena kegiatan ini merupakan kewajiban dan keharusan yang mesti dikerjakan. Sehingga tergolong ke dalam bagian job desk atau pekerjaan sehari-hari yang harus dilakukan oleh cleaning service itu.

10. Penjagaan

Cleaning service perlu melakukan penjagaan dari tempat atau area yang dibuat bekerja oleh banyak orang. Penjagaan ini dikerjakan sebagai upaya untuk menjaga kebersihan dan kerapian serta kenyamanan dari tempat yang dihuni untuk bekerja oleh orang-orang.

Sebagai seorang cleaning service perlu melakukan penjagaan terhadap kebersihan dan kerajinan di dalam ruangan. Hal ini penting untuk dilakukan karena tanpa penjagaan maka suatu area gedung atau bangunan akan berantakan dan menjadi kotor serta tidak nyaman.

11. Pembuatan Laporan Kerja

Aktifitas kerja yang telah menjadi bagian dari job desk seorang cleaning service adalah membuat laporan kerja. Ini juga merupakan bagian dari tanggung jawab cleaning service, biasanya setelah selesai bekerja harus membuat laporan kerja kepada atasan tersebut.

Ini dilakukan agar atasan bisa mengetahui bagaimana kinerja dan performa dari seorang cleaning service tersebut. Laporan kerja ini akan selalu dibuat sebagai bahan pertimbangan untuk evaluasi dan laporan di suatu Internal Perusahaan yang menaungi cleaning service itu.

12. Penggantian

Job desk terakhir yang menjadi tugas dan kewajiban dari seorang cleaning service adalah melakukan penggantian terhadap barang-barang yang sudah tak dipakai. Menggantinya menjadi barang baru atau membuangnya.

Sekian informasi dan penjelasan mengenai sejumlah job desk cleaning service adalah mengelap, menyapu, mengepel, mengisi toilet supplies, membersihkan, menjaga dan lain sebagainya. Ada begitu banyak tugas yang mesti dilakukan oleh seorang cleaning service.

Postingan Terkait :