Home Informasi Akurat! Begini Cara Menghitung 1000 Hari Orang Meninggal

Akurat! Begini Cara Menghitung 1000 Hari Orang Meninggal

Wartapoin.com – Cara menghitung 1000 hari orang meninggal serta memahami istilahnya penting diketahui jika ada keluarga yang meninggal. Petunjuk ini tentunya akan membantu siapapun, sehingga patut untuk disimak.

Cara yang bisa dilakukan umumnya cukup beragam baik itu secara manual atau tersistem. Bahkan, karena dunia semakin maju, perhitungannya pun juga dapat menggunakan aplikasi.

Berkat bantuan aplikasi, seseorang yang sedang berduka akan tahu bagaimana harus bertindak. Namun, untuk yang merasa sulit maka juga ada cara manualnya.

Cara Menghitung 1000 Hari Orang Meninggal

Selain memahami cara, penting juga untuk mengerti setiap istilah-istilahnya. Berikut adalah tutorial menghitung 1000 harinya orang yang meninggal antara lain:

Cara Menghitung 1000 Hari Orang Meninggal Tanpa Aplikasi

Seseorang yang sedang berduka akan merasa terpukul dan kehilangan. Namun, tidak baik untuk merasa sedih karena orang yang dicintai akan tidak tenang nantinya.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara menghitung 1000 hari orang meninggal agar pihak keluarga dapat mempersiapkannya. Semuanya bisa mengkalkulasi tanpa memakai bantuan aplikasi. Inilah cara menghitung 1000 harinya orang meninggal tanpa memakai aplikasi antara lain:

  • Buka website dan ketik situs walisongo.co.id secara benar.
  • Scroll langsung di bawah dan lihatlah apakah ada pilihan ‘Hitung tanggal selamatan’ di dalamnya.
  • Setelah semuanya selesai, langsung pilih tanggal/tahun/bulan seseorang yang telah meninggal.
  • Jika semuanya sudah selesai, maka secara otomatis sistem pada web akan mengeksekusinya dan menampilkan hasilnya.
  • Hasil tersebut berupa hitungan tempo baik 3 hari, 7 hari, 40 hari dan hingga 1000 hari.

Cara ini cukup simpel untuk diterapkan. Website tersebut juga aman dikunjungi dan cukup mudah untuk dipraktekkan.

Cara Menghitung 1000 Hari Orang Meninggal Dengan Aplikasi

Bagi yang ingin praktis dan cepat dalam mendapatkan hasil hitungan hari orang meninggal. Pihak manapun juga dapat mencoba menggunakan aplikasi.

Aplikasi dinilai lebih mudah, cepat, efisien dan tidak ribet. Penggunaan atau implementasinya dinilai lebih mudah untuk diterapkan.

Pihak yang berduka bisa mengetahui jadwal selamatan baik itu 3, 7 bahkan hingga 1000 hari memakai aplikasi secara gratis. Inilah cara menghitung 1000 harinya orang meninggal dengan memakai aplikasi antara lain:

  • Unduh aplikasi ‘Hitungan hari kematian’ di PlayStore.
  • Apabila sudah selesai didownload, lanjut membukanya.
  • Setelah membuka aplikasi dan terlihat ada peringatan di layar, tekan langsung ‘Oke’.
  • Setelah semuanya tuntas, lanjutkan dengan memasukan nama Almarhum/Almarhumah.
  • Lanjut dengan memasukan tanggal kematian.
  • Pilih oke.
  • Di dalam aplikasi tersebut akan langsung menampilkan hari selamatan baik 3, 7 bahkan hingga 1000 hari.

Dengan memakai aplikasi maka semua akan lebih cepat terselesaikan. Pihak manapun juga akan lebih lega karena bantuan teknologi dapat mempermudah semuanya.

Cara Menghitung 1000 Hari Orang Meninggal Secara Manual

Cara menghitung 1000 hari orang meninggal dapat dilakukan secara manual. Ini dinilai penting jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Apalagi untuk yang gagap teknologi, maka cara manual akan sangat membantu. Semua permasalahan juga bisa diselesaikan secara manual.

Seseorang yang telah kehilangan keluarganya juga dapat melakukan perhitungan secara manual. Namun, jika tidak memiliki ilmunya, maka lebih baik memanggil seseorang yang sudah ahli di bidangnya.

Pihak yang berduka dapat meminta bantuan ahli spiritual seperti Kyai dan sebagainya. Jika tidak ada waktu, maka disini juga akan dijelaskan perhitungan secara manual. Berikut adalah caranya:

1. Neptu Perhitungan Hari

Perhitungan hari untuk neptu kejawen tiap senin-minggu tidaklah sama. Seperti rabu dihitung 7, minggu dihitung 5, selasa dihitung 3, jumat adalah 6, kamis dihitung 8 serta sabtu dihitung 9 dan senin dihitung 4.

2. Neptu Perhitungan Untuk Pasaran

Untuk perhitungan neptu pasaran pada Wage dihitung 4, Legi adalah 5, Pon dihitung 7, Kliwon dihitung 8 dan Paing dihitung 9. Perhitungan ini mengikuti kalender jawa.

3. Neptu Perhitungan Untuk Bulan

Pada perhitungan bulan mengikuti hitungan islam. Seperti Ruwah dihitung 4, Puasa dihitung 5, Sura dihitung 7, Sapar dihitung 2, Rabiul Awal dihitung 3, Rabiul Akhir dihitung 5.

Adapun Syawal dihitung 7, Rajab dihitung 2, Zulkaidah dihitung 1, Besar dihitung 3, Jumadil Awal dihitung 6 dan Jumadil akhir dihitung 1. Perhitungan ini dapat dilihat dari kalender.

4. Neptu Perhitungan Untuk Tahun

Pada neptu tahunan ada hitungan tersendiri. Seperti Jimawal dihitung 3, Alip dihitung 1, Ehe dihitung 5, Wawu dihitung 6, Je dihitung 7, Be adalah 2, Jimakir adalah 3 dan Dal dihitung 4.

Perhitungan yang dilakukan secara manual mungkin untuk orang awam akan terasa sulit. Namun, jika mempelajarinya secara bertahap maka akan tahu letak kuncinya.

Memperingati 1000 Hari Orang Meninggal

Istilah Hari Selamatan dalam Budaya Jawa

Tidak hanya mempelajari cara menghitung 1000 hari orang meninggal saja, siapapun juga perlu mempelajari istilah-istilahnya. Tujuannya adalah agar pihak yang berduka juga sekaligus mengetahui budaya jawa.

Ini memang berlaku bagi siapapun yang tinggal di Pulau Jawa. Seperti tradisi, hal ini juga diberlakukan. Berikut adalah istilah-istilah yang ada pada hari selamatan antara lain:

1. Hari Geblag (Hari Wafat)

Pada saat seseorang meninggal, maka tepat di hari pertama inilah disebut sebagai hari geblag. Pada saat hari ini dimulai, maka beberapa upacara peringatan kematian akan digelar.

Upacara ini meliputi kirim doa yang akan dilakukan setelah prosesi pemakaman. Selamatan ini tentunya pasti dilakukan disaat hari wafat atau disaat waktu menjelang sore.

2. Nelung Dino (3 Harian)

Di adat jawa, orang yang meninggal juga ada prosesi nelung dino. Ini adalah acara selamatan yang dilaksanakan ketika seseorang yang meninggal sudah menginjak 3 hari.

Untuk mengadakan sesi selamatan ini, paling umum dilakukan disaat malam hari tiba. Untuk mengetahuinya dan agar dapat menghitungnya, maka dapat memakai metode lusarlu.

3. Pitung Dino (7 Harian)

Seseorang yang meninggal akan melalui beberapa prosesi kejawen. Acara selamatan pitung dino adalah upacara doa yang dilakukan setelah 7 hari kepergian almarhum/almarhumah.

Upacara doa ini bisa dilakukan di rumah atau di masjid. Umumnya selamatan 7 hari juga dilakukan pada malam hari.

4. Patangpuluhan Dino (40 Harian)

Tidak hanya cara menghitung 1000 hari orang meninggal, seseorang yang kehilangan orang yang dicintai juga perlu memahami istilah selametan. Patangpuluh dino adalah salah satu hari peringatan yang juga bagian dari budaya jawa dan perlu dilestarikan.

Upacara patangpuluh dino ini cukup mudah diketahui apalagi juga menghitungnya dengan teknik 30 hari. Prosesi selamatan nya juga dilakukan pada malam hari.

5. Satusan/Nyatus (100 Harian)

Untuk bisa menghitung satus dino cukup simpel. Seseorang dapat menghitungnya berdasar hitungan 3 bulan setelahnya.

Pada prosesi doa perlu mengundang beberapa orang agar orang yang tiada mendapat kiriman. Prosesi selamatan satus dino juga dilakukan pada malam hari.

6. Nyewu Dino (1000 harian)

Untuk upacara selametan nyewu dino ini dilakukan setelah 2 tahun lebih 9 bulan. Setelah hari itu tiba, maka prosesi selamatan bisa dilakukan secara kekeluargaan.

Kesimpulan

Sangat penting untuk mengetahui cara menghitung 1000 hari orang meninggal agar dapat menghitungnya secara mandiri. Dengan memiliki dasar yang tepat, maka perhitungan dapat dilakukan secara akurat.

Tidak hanya penting untuk mengetahui perhitungan, semuanya diharapkan juga dapat mengerti setiap istilahnya. Istilah inilah yang ada pada budaya jawa.

Perhitungannya bisa dilakukan dengan 3 metode yakni aplikasi, non aplikasi dan manual. Untuk istilahnya bisa dipelajari secara manual.

Bagi yang merasa kesulitan, juga bisa mempercayakan pada yang ahli. Namun, jika sudah mengerti konsepnya, maka bisa mempraktekkannya sendiri.

Postingan Terkait :