Home Tutorial Cara Mengatasi Error there was a problem parsing the package

Cara Mengatasi Error there was a problem parsing the package

Pernahkah kamu mendapatkan notifikasi “There was a Problem Parsing the Package di Android” saat menginstall aplikasi android? dan aplikasi tersebut gagal untuk diinstall. Yup, untuk saat ini ada 2 tempat yang digunakan untuk mencari dan menginstal aplikasi android, yaitu bisa melalui google play store dan bisa dari luar google play store (misalnya mesin pencari google, bing, dll).

Tentu saja tempat yang paling aman dan nyaman untuk melakukan pengunduhan paket instalasi aplikasi yaitu tetap dari google play store, namun sayangnya tidak semua aplikasi tersedia dalam google play store, ada juga banyak aplikasi yang tersedia di luar google play store yang harus kita unduh dan instal secara manual, contohnya saja aplikasi yang sudah di modifikasi oleh orang luar.

Nah, permasalahan yang cukup sering dialami oleh pengguna saat menginstal aplikasi, terutama ketika menginstal aplikasi android yang sumber unduhannya dari luar google playstore adalah munculnya kesalahan parse, dengan notif “Parse Error – there was the problem parsing the package”.

Error tersebut sebenarnya permasalahan klasik yang paling umum dan sering dialami oleh pengguna perangkat android, dan memang permasalahan ini sering muncul ketika menginstal file apk android. Untuk penyebabnya bisa bermacam-macam, beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Pengguna melakukan modifikasi pada file manifes aplikasi dan struktur package (sering terjadi pada file apk mod)
  2. File APK yang diinstal mengalami kerusakan atau corrupt
  3. Izin instalasi file apk dari pihak ke 3 dari sumber tak dikenal masih non-aktif
  4. Versi OS ponsel Android kamu atau perangkat keras ponsel pintar kamu tidak kompatibel dengan aplikasi yang diinstal
  5. Sistem keamanan pada perangkat android kamu memblokir instalasi aplikasi pihak ketiga

Cara Mudah Mengatasi Error “there was a problem parsing the package”

Setelah kamu sudah berhasil mengetahui penyebabnya, maka akan cukup mudah untuk mengatasi permasalahan parse error tersebut, berikut merupakan cara mengatasi error there was a problem parsing the package:

#Aktifkan izin pemasangan dari sumber tak dikenal

Umumnya untuk alasan keamanan, smartphone android melarang pengguna untuk memasang aplikasi dan perangkat lunak pihak ketiga dari semua sumber selain dari Google Play Store. Alasannya karena memasang aplikasi pihak ketiga dari sumber yang tidak dikenal dapat membahayakan smartphone android kamu.

Maka dari itu, jika kamu mencoba untuk menginstal file .apk, pasti kamu akan menghadapi notifikasi “Parse Error: Ada masalah saat menguraikan paket / there was the problem parsing the package”. Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah kamu harus mengizinkan pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.

Tahap untuk mengatur izin sumber tak dikenal di beberapa hp android mungkin akan sedikit berbeda antara merk hp satu dengan hp lainnya, namun untuk hp xiaomi langkahnya seperti ini:

  • Masuk ke menu settings / pengaturan / setelan
  • Pilih menu Setelan tambahan / additional settings » Privacy / Privasi
  • Aktifkan opsi Unknown resource / sumber tidak dikenal

#Aktifkan mode USB Debugging

Pada umumnya mengaktifkan mode usb debugging tidak terlalu diperlukan untuk menginstal aplikasi Android menggunakan file .apk. Namun beberapa pengguna melaporkan bahwa mengaktifkan USB debugging bisa memperbaiki masalah berkaitan dengan Parse error.

Pengaturan USB Debugging terletak di menu opsi pengembang / developer option, dan umumnya developer option tidak ditampilkan secara default. Maka dari yang pertama harus dilakukan yaitu mengaktifkan menu opsi pengembang, kemudian baru mengaktifkan USB Debugging. Untuk langkah-langkahnya begini:

a. Aktifkan Opsi Pengembang

Di beberapa merk android cara mengaktifkan opsi pengembang mungkin sedikit berbeda, tapi untuk pengguna hp xiaomi kamu bisa mengaktifkan opsi pengembang dengan cara masuk ke menu settings » about, kemudian silahkan klik 7 kali pada versi MIUI sampai muncul kamu sudah menjadi pengembang. Untuk melihat opsi pengembang yang sudah aktif maka: Buka menu settings » additional setting » opsi pengembang / developer options.

b. Aktifkan USB Debugging

Sedangkan untuk mengaktifkan USB Debugging cukup mudah, silahkan masuk ke halaman opsi pengebang di menu settings » additional setting » opsi pengembang / developer options, kemudian aktifkan opsi Debugging USB. nah, mode usb debugging sudah aktif.

#Disable anti virus di hp android kamu

Untuk kamu yang kebetulan mengaktifkan antivirus di smartphone android yang kamu gunakan, silahkan mencoba untuk mematikan antivirus kemudian ulangi untuk instal file apk lagi, terkadang antivirus memang mempengaruhi dalam proses instalasi aplikasi dari pihak ketiga dan menyebabkan beberapa kasus parse error seperti there was the problem parsing the package pada smartphone android yang kamu gunakan.

#File .apk rusak atau corrupt

Berikutnya yang menyebabkan parse error ketika instalasi file apk di smartphone android itu dikarenakan file apk rusak atau bisa juga corrupt, silahkan untuk mencoba download kembali dan pastikan sinyal stabil, setelah itu instal ulang. Karena bisa jadi peyebabnya file .apk yang kamu download tadi corrupt atau rusak.

#File tidak cocok dengan sistem perangkat

Nah yang terakhir, yaitu karena versi peruntukan file APK tidak sesuai dengan system android kamu, tidak memenuhi persyaratan sistem minimum yang diwajibkan oleh aplikasi tersebut. Karena munculnya parse error ini kemungkinan besar penyebabnya karena file apk tidak support atau tidak compatible dengan sistem android perangkat kamu, silahkan cari versi lainnya dan lihat spesifikasinya.

Postingan Terkait :