Home Tutorial Cara Mengambil Text Dari File Jpg atau Foto Dengan Mudah

Cara Mengambil Text Dari File Jpg atau Foto Dengan Mudah

Cara Mengambil Text Dari File Jpg atau Foto Dengan Mudah | Ketika Anda sekolah, pasti memiliki banyak file JPG yang berisi foto tugas. Terkadang, Anda akan merasa kebingungan ketika mencari cara untuk dapat menyalin tulisan yang ada di gambar. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena sekarang ada pembahasan tentang cara mengambil text dari file JPG.

Melalui Text Fairy (OCR Text Scanner)

Untuk menggunakan metode ini, pertama, download aplikasi Text Fairy (OCR Text Scanner) dan jalankan aplikasi ini. Lalu, klik Allow agar diizinkan untuk mengakses media penyimpanan pada HP.

Setelahnya, unduh bahasa Indonesia ke dalam aplikasi dengan klik tulisan Download Your Language. Lalu, klik download.

Kemudian, pilih salah satu cara copy tulisan di gambar dengan memotret secara langsung, atau Anda bisa mengambil gambar yang telah tersimpan sebelumnya di media penyimpanan. Setelah itu, klik ikon gambar dengan bentuk kotak dan di dalamnya ada gambar gunung.

Lalu, pilih file JPG yang diinginkan dengan klik gambar tersebut. Setelahnya, pilih salah satu dari 3 fitur seperti Potong, Saring, dan Pilih Kolom Teks. Tujuannya untuk dapat menyorot bagian teks mana yang ingin diambil.

Setelah selesai, klik OK dan tunggu beberapa saat hingga Anda dapat menyalin teks tersebut. Setelahnya, hasil dari kegiatan tersebut akan secara otomatis tersimpan di aplikasi. Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur lainnya seperti Beralih, Kirim Teks, Terjemah, dan Ekspor.

Melalui Live Text

Fitur Live Text dapat secara akurat mengenali teks yang ada di foto. Untuk langkah-langkah penggunaannya, pertama, buka aplikasi Photos di iPad atau iPhone. Apple sendiri telah menambahkan fitur baru bernama Live Text di perangkat yang telah menjalankan iPadOS 15 dan Ios 15.

Lalu, pilih foto yang diinginkan dan perbesar ke bagian teks dari foto yang ingin disalin. Setelahnya, tekan dan tahan teks yang akan disalin dan seret ujungnya. Setelah itu, pilih opsi Copy dari pop up menu.

Melalui Google Docs

Cara mengambil Text dari file JPG yang juga bisa jadi alternatif adalah melalui Google Docs. Pertama, buka akun Google Drive Anda dan klik kanan. Setelahnya, pilih upload file gambar JPG yang ingin disalin. Kemudian, klik kanan pada gambar yang akan disalin tulisannya.

Setelah itu, pilih Open With dan pilih Google Docs. Setelah Google Docs berhasil dibuka, tulisan yang ada di gambar akan muncul. Lalu, salin teks tersebut.

Melalui Google Lens

Langkah-langkah mengambil teks menggunakan Google Lens bisa dimulai dengan membuka Google Photos dan pilih foto yang diinginkan. Kemudian, pilih fitur yang bernama Lens. Lalu, sorot teks tersebut, dan pilih opsi Copy Text.

Selain berfungsi menyalin teks, aplikasi Google Lens juga memiliki berbagai macam fungsi yang tersedia. Fungsi-fungsi tersebut seperti menerjemahkan tulisan, mendeteksi makanan, dan acan barcode.

Melalui Microsoft OneNote

Untuk menggunakan metode ini, klik start dan klik all programs pada perangkat. Kemudian, klik Microsoft Office dan pilih Microsoft Office OneNote.

Setelahnya, pilih menu Insert dan pilih Picture. Lalu, klik Form Files dan pilih direktori tempat Anda menyimpan file gambar yang ingin Anda salin menjadi teks.

Jika file gambar berhasil di tempatkan pada Microsoft OneNote, klik kanan pada mouse. Lalu, pilih Copy Text From Picture, kemudian pilih format file apa yang diinginkan. Jika docx, maka buka Microsoft Word dan tekan CTRL+V untuk menempelkan teks yang disalin ke MS.Word.

Cara mengambil text dari file JPG dapat melalui 5 metode di atas. Anda dapat menggunakan salah satu dari ke 5 cara tersebut untuk menggunakannya sesuai kebutuhan.

Postingan Terkait :