Home Tutorial Cara Mematikan HP Otomatis Tanpa Sentuh Tombol Power Off

Cara Mematikan HP Otomatis Tanpa Sentuh Tombol Power Off

Wartapoin.com – Cara mematikan HP otomatis terkesan sangat keren untuk dilakukan. Apalagi, jika para pengguna bisa mematikan HP tanpa perlu menyentuh tombol off. Selain karena fitur ini terkesan keren, fitur ini juga bisa mempermudah akses.

Ada banyak alternatif cara agar bisa mematikan HP secara otomatis. Bahkan, sudah ada banyak aplikasi tambahan yang bisa dipasang pada smartphone. Jadi, para pengguna bisa mematikan HP otomatis walaupun tanpa pengaturan bawaan.

Pada beberapa smartphone, terutama smartphone seri yang paling baru. Smartphone juga memiliki fitur bawaan yang membuatnya bisa mematikan HP secara otomatis. Walaupun, para pengguna tidak menyentuh tambal OFF.

Cara Mematikan HP Otomatis Tanpa Sentuh Tombol Power Off

Cara Mematikan HP Otomatis Tanpa Sentuh Dengan Fitur Bawaan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pada beberapa smartphone ada cara mematikan HP otomatis yang merupakan fitur bawaan dari smartphone tersebut. Beberapa fitur bahkan bisa membuat para pengguna mengatur waktu yang diinginkan.

Berikut ini berbagai cara untuk memanfaatkan fitur bawaan pada smartphone. Jadi, HP bisa secara otomatis mati dan hidup tanpa sentuh.

1. Menggunakan Pengaturan Waktu

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pada beberapa brand smartphone terutama sistem Android. Seperti Vivo, Xiaomi, Oppo, dan sebagainya dilengkapi fitur untuk menentukan waktu dalam mematikan ponsel.

Para pemilik HP bisa mengatur waktu yang diinginkan. Berikut adalah cara untuk melakukan pengaturan waktunya.

  • Pada tampilan utama smartphone buka menu Settings atau Pengaturan.
  • Kemudian, masuk ke dalam fitur yang bernama ‘Scheduled Power On and Off’. Biasanya fitur ini juga bernama ‘Auto Power On or OFF’.
  • Pada fitur ini atur jadwal mati dan hidup smartphone sesuai dengan keinginan.
  • Simpan perubahan yang sudah diatur pada smartphone.

Setelah waktu yang diatur sudah disimpan. Smartphone akan mengikuti jadwal yang ditetapkan. Tanpa menekan tombol OFF, smartphone akan mati dengan sendirinya pada jadwal yang sudah ditentukan.

2. Menggunakan Assistive Touch

Assistive touch adalah fitur bawaan yang ada pada smartphone Android. Fitur ini umumnya terdapat pada smartphone Android keluaran yang terbilang baru. Dengan fitur ini, para pengguna bisa mematikan smartphone tanpa menekan tombol power.

Untuk menggantikan tombol power, para pengguna bisa menggunakan akses sentuhan pada layar. Para pengguna juga bisa menetapkan akses cepat untuk langsung mematikan HP.

Namun, fitur ini walaupun merupakan fitur bawaan tidak bisa langsung aktif pada smartphone. Melainkan harus diaktifkan terlebih dahulu oleh para pengguna dan diatur bagaimana cara aksesnya. Berikut adalah cara untuk mengaktifkannya.

  • Buka fitur Assistive Touch pada menu Pengaturan atau Settings di smartphone Android.
  • Kemudian, masuk ke dalam opsi untuk menambah fitur pada smartphone.
  • Pilih untuk mengakses tombol OFF dengan sentuhan atau dengan menu cepat.
  • Jika para pengguna memiliki dengan fitur sentuhan, maka para pengguna akan diminta untuk menentukan pola untuk mengaktifkan dan mematikan HP secara otomatis.
  • Jika ingin dengan akses menu cepat, para pengguna tinggal menambahkan tombol untuk mematikan HP pada bar menu HP di tampilan utama.
  • Setelah itu, para pengguna bisa menyimpan perubahan yang dilakukan.

Jika para pengguna memilih fitur sentuhan, para pengguna tinggal melakukan pola yang sudah disimpan sebelumnya untuk mematikan smartphone. Kemudian, melakukan pola lain untuk menyalakan smartphone sesuai dengan yang sudah disimpan.

Sedangkan, jika para pengguna memiliki akses menu cepat. Para pengguna tidak membuka bar menu cepat. Kemudian, memilih opsi untuk mematikan smartphone dengans atu sentuhan. Tidak perlu lagi menyentuh tombol power untuk melakukannya.

Cara Mematikan HP Otomatis

Cara Mematikan HP Otomatis Tanpa Sentuh Dengan Aplikasi Tambahan

Tidak memiliki fitur bawaan pada smartphone untuk dapat mematikan HP secara otomatis ?. Jangan khawatir para pengguna bisa mengaktifkan fitur ini dengan memasang aplikasi tambahan yang menyediakan layanan tersebut.

Aplikasi-aplikasi yang menyediakan fitur ini biasanya merupakan aplikasi ringan yang bisa diunduh di toko aplikasi resmi. Para pengguna pun bisa mengunduh dan menggunakan aplikasi ini secara gratis.

1. Power Schedule Untuk Mematikan dengan Pengaturan Waktu

Aplikasi pertama yang bisa dicoba untuk cara mematikan HP otomatis adalah aplikasi Power Schedule. Aplikasi ini sesuai dengan namanya, bisa mematikan dan menyalakan smartphone sesuai dengan jadwal yang sudah diatur. Berikut cara penggunaannya.

  • Download dan pasang aplikasi Power Schedule melalui toko aplikasi yang resmi.
  • Pada tampilan utama, pilih fitur ‘Add Event’ untuk menambah pengaturan baru.
  • Masukkan detail peristiwa dan pengaturan yang diinginkan.
  • Aktifkan pengaturan ‘Auto Power’ pada jadwal tersebut.
  • Simpan perubahan yang sudah dibuat dengan menekan tombol ‘Done’.
  • Setelah itu, para pengguna bisa keluar dari aplikasi dan menggunakan smartphone seperti biasanya.

Dengan aplikasi ini, para pengguna bisa membuat smartphone mati dengan jadwal yang diinginkan. Bahkan, para pengguna bisa membuat beberapa jadwal sekaligus dan menyesuaikannya dengan porsi penggunaan.

2. Auto Off Untuk Pengaturan dengan Gerakan

Aplikasi satu ini memiliki fitur keren di mana para pengguna bisa mengatur fitur untuk mematikan smartphone menggunakan gerakan. Cara untuk mengaktifkan aplikasi ini pun juga sangat mudah. Berikut adalah cara untuk memasang dan mengaturnya.

  • Unduh dan install aplikasi Auto Off pada smartphone yang digunakan.
  • Setelah itu, buka aplikasi pada smartphone.
  • Pada tampilan utama, cara opsi pengaturan untuk mengatur tombol Off.
  • Pilih opsi gerakan sebagai cara untuk menyalahkan dan mematikan smartphone.
  • Tentukan gerakan yang ingin dilakukan untuk mematikan dan menyalakan smartphone.
  • Jangan lupa untuk konfirmasi gerakan tersebut dengan mengulanginya beberapa kali.
  • Simpan gerakan yang sudah diulangi pada aplikasi dan perubahan yang sudah dilakukan.

Jika gerakan sudah disimpan, para pengguna tidak perlu menyentuh tombol Off lagi untuk menyalakan atau mematikan smartphone. Cukup lakukan gerakan yang sudah disimpan sebelumnya.

3. Layar Pintar On Off Untuk Mematikan dengan Ketukan Jari

Jika aplikasi Auto Off bisa membuat layar menyalah dan mati dengan gerakan tertentu. Aplikasi Layar Pintar On Off bisa menyalahkan dan mematikan layar smartphone dengan ketukan jari. Tentu saja, hal ini akan membuat akses layar lebih mudah.

Cara aksesnya lebih sederhana karena para pengguna tidak perlu mengingat gerakan atau pola tertentu untuk mematikan atau menyalakan layar. Cukup membuat pengaturan agar layar menyalah dan mati dengan ketukan dengan cara berikut ini.

  • Unduh dan pasang aplikasi Layar Pintar On Off.
  • Setelah itu, langsung buka aplikasi pada smartphone.
  • Pada tampilan utama, langsung cari opsi untuk mengatur On Off layar.
  • Pilih opsi ketuk jari sebagai akses yang dipilih.
  • Simpan perubahan yang sudah dilakukan pada aplikasi setelah akses ketuk jari sudah dipilih.

Jika akses ini sudah aktif, mulai sekarang para pengguna tidak perlu menggunakan tombol power lagi. Cukup ketukan jari di area layar manapun yang diinginkan, maka layar akan mati dengan sendirinya. Begitu juga, jika ingin menyalakan layar smartphone.

Akhir Kata

Itulah cara mematikan HP otomatis, para pengguna bisa memanfaatkan fitur bawaan atau menambah aplikasi yang baru lagi. Cara ini bisa mempermudah akses para pengguna dan membuat tombol OFF menjadi semakin awet.

Postingan Terkait :