Home Tutorial Begini Cara Melacak IP Address Orang Lain Paling Mudah

Begini Cara Melacak IP Address Orang Lain Paling Mudah

Begini Cara Melacak IP Address Orang Lain Paling Mudah | IP Address merupakan sederet angka yang menjadi sebuah identitas dari piranti di jaringan internet. IP Address memiliki peran dalam pengiriman data. Alamat IP ini juga bisa dilacak dengan mudah saat ini. Jika Anda ingin mempelajari cara melacak IP Address, berikut ulasannya.

cara melacak ip address

Macam-Macam IP Address

Terdapat dua macam IP Address berdasarkan versinya yaitu IPV4 dan IPV6. IP Address yang ada sejak keperluan internet digunakan untuk menunjang kebutuhan komersil termasuk dalam IPV4. Versi ini memiliki deretan angka 32 bit dengan 4 kumpulan kata dan dipisahkan oleh titik.

Sedangkan IPV6 adalah versi yang memiliki deretan angka sebanyak 128 bit yang terdiri dari 8 kumpulan angka serta huruf yang dipisahkan oleh tanda titik dua. IP versi ini diciptakan karena ketersediaan IPV4 yang mulai menurut, namun IPV6 belum digunakan secara luas.

Macam-macam IP Address berdasarkan cakupannya dibedakan menjadi 2 yaitu IP Address Publik dan IP Privat. Jenis IP Publik dapat diakses dan dimiliki oleh semua perangkat untuk khalayak umum. Sedangkan IP Privat hanya digunakan untuk komunikasi secara lokal, misalnya LAN.

Cara Melacak Alamat IP Menggunakan WolframAlpha

Langkah pertama untuk melacak IP Address adalah mencari alamat IP yang ingin lacak melalui platform android, Mac, windows, maupun iPhone. Kemudian, baru membuka web resmi WolframAlpha melalui peramban web. Setelah muncul halaman utama web tersebut, klik bilah pencarian.

Masukkan alamat IP yang Anda dapatkan tadi ke bilah pencarian. Setelah itu, tekan enter untuk melacak IP Address dengan geografis yang rinci. Hasil yang bisa Anda dapatkan dari pelacakan tersebut berupa jenis IP Address, pihak penyedia layanan IP tersebut, dan daerah atau kota asal alamat IP.

Cara Melacak Alamat IP Menggunakan IP Lookup

Cara melacak IP Address berikutnya adalah menggunakan IP Lookup. Langkah pertama dalam pelacakan IP Address ini sama seperti yang sebelumnya yakni mencari alamat IP yang dilacak. Setelah menemukannya, Anda bisa membuka web resmi IP Lookup untuk memulai pelacakan.

Setelah di halaman utama web IP Lookup, masukkan alamat IP yang telah Anda peroleh ke bilah pencarian yang berjudul IP Address or Hostname. Kemudian, klik Looking IP Address berwarna biru di samping bilah pencarian tersebut.

Hasil yang bisa Anda dapatkan dari pelacakan menggunakan IP Lookup adalah informasi tentang lokasi pemilik IP Address yang mencakup kota, provinsi, dan peta beserta penanda lokasi.

Cara Melacak Alamat IP Menggunakan Grabify IP Logger

Anda juga bisa melacak IP Address menggunakan Grabify IP Logger. Untuk langkah-langkahnya, bisa Anda simak melalui uraian berikut ini.

Membuat Link Baru untuk Para Target

Langkah pertama dalam melacak IP Address menggunakan Grabify IP Logger adalah mengunjungi web resmi melalui browser Anda. Kemudian, masukkan link yang bisa diakses para target, Anda bisa menggunakan link twitter ataupun instagram ke kolom yang tersedia.

Setelah memasukkan link tersebut, klik Create URL yang berada di bawah kolom. Kemudian, klik I Agree & Create URL. Link tersebut akan menjadi lebih pendek dan menjadi link baru yang kemudian bisa Anda bagikan ke target supaya diakses.

Setelah mendapatkan link baru, Anda bisa merubahnya melalui custom link dan klik Change domain/Make custom link. Setelah itu klik domain, path, dan ekstensi URL yang akan Anda bagikan, kemudian salin ke New URL.

Anda bisa mendapatkan dan melacak IP Address setelah target mengakses link yang telah dibagikan. Cara melacak IP Address ini memang membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasil, namun ini cukup efektif.

Postingan Terkait :