Home Informasi 5 Cara Cek Kuota 3 (Tri) Dengan Mudah di Tahun 2023

5 Cara Cek Kuota 3 (Tri) Dengan Mudah di Tahun 2023

Wartapoin.com – Tri merupakan salah satu perusahaan operator telekomunikasi besar yang beroperasi di negara kita Indonesia. Tri memberikan harga layanan yang cukup murah, khususnya pada paket internetnya, dengan begitu tak heran jika mereka mempunyai banyak pelanggan setia.

Saat ini pun banyak pengguna baru yang ingin merasakan paket murah dari tri, namun setelah berlangganan paket internetnya, mereka bingung bagaimana cara cek kuota 3 tersebut. Wajar saja karena masih pengguna baru dan awam tentang seluk beluk kartu Tri.

Sebenarnya juga ada manfaat yang diberikan ketika kita rutin untuk mengecek sisa kuota internet kita, seperti:

  • Mengetahui sisa kuota. Dengan mengecek kuota secara rutin, Anda akan tahu berapa banyak kuota yang masih tersisa dan dapat menggunakannya dengan lebih efisien.
  • Mencegah terjadinya kelebihan tagihan. Jika Anda tidak rutin mengecek kuota dan terus menggunakan layanan data tanpa batas, maka kemungkinan besar Anda akan mengalami kelebihan tagihan pada akhir bulan.
  • Merencanakan pemakaian data. Dengan mengecek kuota secara rutin, Anda dapat merencanakan pemakaian data dengan lebih baik dan menghindari kehabisan kuota di saat-saat yang tidak diinginkan.
  • Mengetahui pemakaian data yang tidak diinginkan. Jika Anda menemukan bahwa kuota Anda habis dengan cepat, maka Anda dapat mengecek apa yang menyebabkan pemakaian data yang tinggi dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghemat kuota.

5 Cara Cek Kuota 3 (Tri) Dengan Mudah di Tahun 2023

Cara Cek Kuota 3 (Tri) Dengan Mudah di Tahun 2023

Nah, pada kesempatan kali ini wartapoin.com akan memberikan cara cek paket tri yang mudah untuk dilakukan, bahkan untuk orang yang masih awam pun. Ada lima tutorial yang bisa Anda praktekkan untuk mendapatkan informasi tentang kuota internet simcard tri Anda. Berikut beberapa tutorialnya:

1. Cek Kuota Internet 3 melalui Aplikasi Bima+

Cara pertama dengan memanfaatkan aplikasi smartphone yang sudah disediakan oleh pihak operator Tri, nama aplikasinya yaitu Bima+.

Dari semua layanan penyedia internet yang ada di Indonesia, pasti mereka juga memberikan fitur aplikasi yang membuat pengguna lebih mudah saat mengecek sisa pulsa, masa aktif, kondisi kartu sekaligus informasi paket internet yang digunakan sekarang. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi tentang bagaimana cara supaya mengetahui informasi simcard Anda saat ini.

Dalam aplikasi Bima+ juga terdapat promo-promo yang diberikan khusus untuk simcard Anda, dan itu terkadang berbeda setiap harinya. Maka tidak ada salahnya untuk mengeceknya setiap hari, agar tidak ketinggalan promo promo menariknya.

Nah langsung saja begini cara cek kuota tri menggunakan aplikasi Bima+:

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi Bima+ dari Playstore atau App Store smartphone Anda.
  2. Buka aplikasi Bima+.
  3. Masukkan nomor telepon tri Anda lalu klik lanjutkan.
  4. Dapatkan kode verifikasi via SMS di nomor tersebut.
  5. Masukkan kode verifikasi lalu klik “lanjutkan”.
  6. Aplikasi kemudian akan menampilkan sisa kuota Indosat Anda bersama masa aktifnya.

2. Cek Kuota Internet 3 melalui Website Bima+

Cara kedua ini dikhususkan untuk Anda yang tidak mau ribet instal-instal aplikasi baru atau memang hemat memori internal smartphone, yakni dengan menggunakan website bima+ dengan url linknya (bima.tri.co.id).

Entah itu versi aplikasi maupun versi website, informasi yang diberikannya pun sama lengkapnya, yaitu semua informasi tentang simcard tri Anda, termasuk paket internetnya. Untuk langkah-langkahnya seperti dibawah ini:

  1. Buka situs bima.tri.co.id.
  2. Masukkan nomor telepon tri Anda lalu login.
  3. Dapatkan kode verifikasi via SMS di nomor tersebut.
  4. Masukkan kode verifikasi lalu klik “lanjutkan”.
  5. Aplikasi kemudian akan menampilkan sisa kuota Indosat Anda bersama masa aktifnya.

3. Cek Kuota Internet 3 melalui SMS

Cara ketiga yang dapat Anda lakukan untuk cek kuota tri yaitu dengan memanfaatkan layanan SMS nya.

SMS adalah singkatan dari Short Message Service, yang merupakan salah satu fitur pada telepon seluler yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan teks singkat (teks) melalui jaringan telekomunikasi.

SMS biasanya digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain secara cepat dan efisien, terutama ketika tidak memiliki akses ke internet atau tidak ingin menggunakan layanan panggilan suara. Pesan teks singkat terbatas hanya sampai 160 karakter, dan biasanya digunakan untuk pertukaran informasi ringkas seperti pengingat, pemberitahuan, atau pesan kecil lainnya.

Cara ini sebenarnya cukup simpel untuk dilakukan, namun informasi yang diberikannya terbatas, hanya menampilkan informasi yang kamu ketikkan saja, jadi tidak lengkap seperti menggunakan aplikasi bima+.

Yahh jika hanya ingin tahu tentang sisa kuota internet saja, tanpa mengetahui informasi lainnya, cara ketiga ini cocok untuk Anda coba juga. Berikut tahap-tahapnya:

  1. Buka aplikasi SMS di ponsel Anda.
  2. Ketik SMS dengan format: info(spasi)data.
  3. Kemudian kirim ke 234.
  4. Anda akan mendapatkan SMS balasan yang berisi informasi paket data dan masa aktif.

4. Cek Kuota Internet 3 melalui Menu USSD

Cara keempat yaitu dengan memanfaatkan fitur ussd yang ada di setiap smartphone Anda.

USSD (Unstructured Supplementary Service Data) adalah protokol yang memungkinkan pengguna telepon seluler untuk mengirim dan menerima pesan teks interaktif melalui jaringan telekomunikasi. USSD biasanya digunakan untuk layanan seperti pembelian pulsa, pembayaran tagihan, atau mengakses informasi lainnya yang tersedia melalui jaringan operator seluler.

USSD juga dapat digunakan oleh perusahaan untuk menyediakan layanan interaktif kepada pelanggan mereka, seperti layanan bantuan atau layanan pesan instan. Penggunaan USSD umumnya melalui menu yang dapat diakses dengan mengetikkan kode tertentu di layar telepon seluler.

Caranya pun cukup mudah, yakni dengan mengetikkan kode-kode yang sudah ditentukan oleh pihak operator, untuk lebih lengkapnya seperti dibawah ini:

  1. Buka aplikasi telepon/dialer di ponsel Anda.
  2. Lakukan panggilan ke *111#.
  3. Pilih Menu Cek Kuota, ketik 4, SEND.
  4. Pilih Kuota Data 2, SEND.
  5. Pilih Cek Kuota, ketik 1, SEND.
  6. Pilih pilihan jenis kuota sesuai dengan paket internet kamu, pilih yang mana saja. Misalnya, untuk Kuota Data Reguler, ketik 1, SEND.
  7. Pilih Status&Info, ketik 8, reply.
  8. Pilih Cek Kuota, ketik 1, reply.
  9. Tunggu SMS konfirmasi yang akan memberitahu sisa kuotamu.

5. Cek Kuota Internet 3 melalui Customer Service Tri

Cara kelima ini cukup ribet dan agak lama mendapatkan informasi balasannya, namun juga bisa dimanfaatkan untuk cek kuota paketan tri Anda, yakni dengan bertanya ke customer service tri, mereka siap melayani kapan saja saat pelanggan membutuhkannya. Untuk informasi kontaknya dibawah ini:

Telepon 132 atau 0896 44000 123 (berbayar)
Email 3Care@three.co.id
Whatsapp 08999800123
Facebook Tri Indonesia
Twitter @3CareIndonesia
Telegram TriIndonesiaCare

Akhir Kata

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui sisa kuota paketan internet kartu tri Anda. Semoga cara ini bisa bermanfaat dan memberikan hasil yang baik.

Anda juga bisa melihat cara cek kuota xl, cara cek kuota smartfren dan melihat paket internet telkomsel murah di blog wartapoin.com

Postingan Terkait :