Home Tutorial Cara Memperbaiki Asus Zenfone 5 Bootloop Stuck di Logo Asus

Cara Memperbaiki Asus Zenfone 5 Bootloop Stuck di Logo Asus

Cara Memperbaiki Asus Zenfone 5 Bootloop Stuck di Logo Asus | Permasalahan bootloop bisa saja terjadi di semua merk hp android, begitupun Asus. Penyebabnya pun beragam, diantaranya adalah ruang penyimpanan yang hampir penuh, dan proses root yang gagal. Ada juga karena permission yang diatur salah dan file di sistem modifikasinya gagal, bahkan bisa karena game berukuran besar. Jika belum tahu cara memperbaiki asus zenfone 5 bootloop, simak baik-baik artikel berikut.

Ketika ponsel dihidupkan dan hanya stuck di logo asus, pastinya Anda merasa jengkel. Jangan bingung atau pusing, mari perbaiki dengan langkah-langkah ini.

Cara Memperbaiki Asus Zenfone 5 Bootloop Dengan Mudah

1. Perbaiki dengan Restore Recovery

Mode Asus kondisi bootloop terbagi ke beberapa tingkatan, ada yang ringan, sedang, dan berat. Dalam kasus ringan, maka bisa dengan cara yang pertama ini. Cara ini adalah dengan merestore di recovery mode.

Setelah muncul menu recovery, maka pilih ikon recovery mode. Caranya dengan menekan tombol volume atas. Apabila telah dipilih, selanjutnya OK dengan cara mengklik volume yang bawah. Saat mengklik OK, selanjutnya adalah merestore data. Caranya dengan klik ikon user restore data. Maka proses telah selesai.

Hanya saja menunggu hp restart karena mengalami perubahan mode agar tidak stuck logo asus. Selesai restart, maka tunggu sampai homescreen layarnya dapat terlihat dan terakses kembali.

2. Perbaiki dengan Factor Reset di Recovery Mode Asus

Cara memperbaiki asus zenfone 5 bootloop stuck di logo asus ini hampir sama dengan yang pertama. Namun, metode ini diperuntukkan bagi yang bootloopnya pada tingkatan sedang. Apabila cara pertama tadi gagal, maka ditandai dengan layar homescreen tidak tampak dan bisa dicoba dengan cara kedua.

Sebagai pertimbangan, cara kedua ini akan menghapus semua data di memori internal pengguna. Adapun langkah-langkah dalam memperbaikinya bisa diikuti secara urut. Pertama, matikan daya di asus zenfone 5. Sebelum mati, coba reboot dengan tekan bersamaan pada tombol power dan volume bagian atas. Muncullah menu recovery.

Maka pilihlah ikon factory reset dengan menekan volume atas. Kemudian klik tombol yes lalu delete all user data. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa cara ini akan menghapus semua data. Tunggulah sampai proses penghapusan data selesai. Apabila telah berhasil maka pilihlah wipe cache partition.

Kembali menunggu sampai prosesnya selesai, apabila telah selesai hp akan restart dengan sendirinya. Diperiksa kembali apakah dalam proses restart hp sudah kembali dengan muncul layar homescreen. Setelah muncul maka sudah bisa diakses kembali.

3. Perbaiki dengan Flash Asus

Cara ketiga ini adalah dengan flash pada asus zenfone 5. Namun, khusus pada cara ini membutuhkan bantuan PC. Perhatikan langkannya agar bootloop bisa teratasi. Langkah pertama adalah mempersiapkan bahannya yakni Intel USB Drivers, Adb FastBoot Tool, dan Firmware Asus .Semua bahan tadi silahkan diunduh lewat PC.

Setelah berhasil diinstall, maka matikan daya asus zenfone 5 nya. Lalu tekan tombol power dan volume atas hingga muncul menu mode fastboot. Maka tekanlah tombol volume bawah untuk memilih recovery. Berbeda dengan tombol power untuk konfirmasi setting. Secara otomatis hp akan mereboot.

Logo hijau dan tulisan no command akan muncul setelah proses reboot selesai. Proses berikutnya akan diarahkan pada menu di recovery mode. Caranya dengan menekan bersamaan volume atas bawah dan jari melepaskan volume bagian atas.

Beberapa detik kemudian lepas jari yang menekan bagian volume bawah sehingga tidak lagi menekan atas dan bawah.

Selepas itu, pilih dan klik apply update from adp. Kemudian hubungkan dengan kabel USB hp asus zenfone 5 ke PC. Pada folder adb fastboot, bukalah dan operasikan command prompt.

Sebelumnya akan membuka open windows dengan mengklik tombol shift di keyboard pc. Dan tuliskan adb sideload [nama firmware].zip”. Selesaikan dengan menekan tombol enter pada keyboard. Dan proses flash pada asus zenfone 5 telah selesai.

Demikian beberapa cara memperbaiki asus zenfone 5 bootloop stuck di logo asus. Apabila cara pertama belum berhasil gunakan cara kedua dan begitu seterusnya. Semoga informasi ini dapat membantu dan bisa kembali asus zenfone 5 tidak bootloop.

Postingan Terkait :