Home Informasi Kenali Alat Serpih, Peninggalan Zaman Purba Berikut Ini

Kenali Alat Serpih, Peninggalan Zaman Purba Berikut Ini

Wartapoin.com – Mengenali beberapa peninggalan dari masa lalu terutama pada masa prasejarah memang menjadi hal penting, khususnya bagi generasi saat ini. Misalnya saja, ada alat serpih yang secara sederhana bisa dikategorikan ke dalam contoh peninggalan terpenting dan banyak digunakan saat itu.

Untuk mengenali peninggalan seperti alat serpih, alangkah lebih baik juga mengenal beberapa fungsi yang dimiliki ketika alat ini masih ada. Bagi yang ingin tahu lebih detail tentang alat menarik ini, bisa menyimak terlebih dahulu informasinya dalam uraian lengkap berikut.

Apa Itu Sebenarnya Alat Serpih?

Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, alat ini merupakan salah satu bentuk peninggalan sejarah yang penting dengan desain yang mudah diingat. Secara garis besar, alat ini juga dikenal dengan istilah flakes, yang memiliki model sedikit runding di bagian pucuk dari alatnya.

Alat ini juga tidak sembarangan dibuat dari bahan yang sekitar, namun pada awalnya dibuat dari bahan utama dari batu gamping. Walaupun begitu, ada juga yang membuat alat serpih dari bahan seperti batu endapan yang mungkin lebih mudah dibentuk nantinya.

Jika dibandingkan dengan alat lainnya, jenis alat ini termasuk yang sudah maju dan banyak digunakan untuk keperluan memasak yang kompleks. Selain itu, ukurannya sebenarnya cukup bervariasi mulai dari 10 cm dan lebih besar sesuai kebutuhan yang dimiliki orang saat itu.

Karakteristik dan Ciri Alat

Selain penjelasan yang singkat tersebut, ada penjelasan lain berkaitan erat dengan alat serpih yang harus dikenali setiap orang. Untuk yang belum tahu tentang alat yang menarik ini, tentu saja menjadi penting memahami apa saja karakteristik yang ada.

Walaupun termasuk alat yang pertama kali ada ketika masa prasejarah, alat ini terus menerus berkembang sampai sekarang dengan adanya modifikasi. Untuk apa saja karakteristik atau ciri khas yang dimiliki oleh alat serpih, maka sebaiknya simak beberapa penjelasan di bawah ini:

  • Alat ini hanya dibuat dari bahan khusus dan tidak sembarangan. Pada umumnya, serpih dibuat dari bahan gamping atau endapan.
  • Untuk persoalan bentuk dari alatnya pun lebih khas daripada lainnya. Bentuknya secara sederhana memang serut di bagian ujung dan cekung.
  • Beberapa model alatnya yang lain memiliki bentuk yang sedikit membulat.
  • Ukurannya bisa dimulai dari 2 cm atau 10 cm sesuai kebutuhan.
  • Setiap daerah memiliki model yang beraneka macam dan
  • Alat ini menggunakan teknik yang khusus yaitu bernama teknik Clacton

Kegunaan dan Manfaat Alat

Tidak terbatas pada penjelasan tersebut, ada juga informasi terkait manfaat atau kegunaan dari alat ini. Jangan sampai salah paham nantinya, simak beberapa fungsi yang dimaksud dan dimiliki oleh alat ini dalam uraian seperti berikut:

  • Alat ini umumnya digunakan untuk membantu mengolah hewan hasil buruan. Misalnya saja digunakan sebagai pisau alami untuk membantu menguliti hewan.
  • Terkadang alat ini juga dipakai ketika membantu mencari bahan makanan. Misalnya saja, ketika mencari umbi, alat ini digunakan untuk mengais.
  • Ketika memasak pun secara langsung, alat ini menjadi sangat penting. Beberapa bahan makanan yang ada akan dihaluskan dengan alat ini.
  • Bahkan pada beberapa aspek kehidupan, alat ini digunakan untuk lainnya. Terkadang alat ini dipakai untuk mengikis.

Uraian yang menjelaskan secara detail mengenai alat serpih di atas sebaiknya dipahami oleh setiap orang agar nanti tidak salah mengenali. Selain itu, ada beberapa ciri yang khas dari alat tersebut ditambah dengan fungsi atau kegunaan yang ada pada masa prasejarah.

Postingan Terkait :