Home Informasi Tamyiz Adalah? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Tamyiz Adalah? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Wartapoin.com – Fiqih adalah ilmu yang memuat banyak hal tentang hidup umat muslim. Mulai dari tata cara beribadah, sampai kegiatan sehari-hari. Mendiskusikan tentang suatu hal menurut ilmu fiqih seringkali dilakukan oleh sebagian orang. Ketika membicarakan fiqih, Anda pasti pernah atau bahkan sering mendengar istilah tamyiz. Lantas, tamyiz adalah apa sih sebenarnya?

Istilah tamyiz mungkin sering terdengar bagi umat muslim. Namun, tak banyak pula yang sudah mengerti istilah ini kecuali jika sekolahnya termasuk sekolah islam. Tak perlu khawatir karena informasi ini akan memberitahukan seputar tamyiz adalah yang akan membuat siapapun menjadi lebih paham.

Apa Itu Tamyiz?

Di dalam diskusi fiqih sering sekali terdengar istilah tamyiz yang memuat orang awam langsung penasaran dengan arti dari istilah tersebut. Para ulama dan ustadz tentu sudah tidak asing lagi karena sering menggunakan istilah tersebut ketika berdakwah ataupun berdiskusi dengan pihak lain, sehingga sangat familiar.

Tamyiz adalah suatu kemampuan seseorang untuk bisa membedakan suatu kebaikan dan keburukan serta bisa menentukan pilihannya sendiri yang mampu dipertanggungjawabkan. Biasanya orang dikatakan tamyiz berumur sudah cukup dewasa, akalnya sudah matang, dan dilihat dari keyakinannya sudah memenuhi syarat-syarat yang berlaku.

Seseorang yang belum mencapai tamyiz tidak akan dikenai hukum agama karena dianggap belum dewasa atau belum sanggup jika dikenai hukum. Begitulah islam mengatur sebuah hukum agar tidak memberatkan para penganutnya, sehingga siapapun yang masuk agama islam bisa lebih santai dalam menjalankan ibadah.

Tanda Seseorang Sudah Tamyiz

Orang yang sudah tamyiz tentu memiliki tanda-tanda yang bisa dikenali sendiri. Mungkin belum banyak yang mengetahui tanda-tanda tamyiz ini sehingga masih bingung menentukan apakah dirinya sudah tamyiz atau belum. Agar tidak salah lagi dalam menentukan hal tersebut, silahkan simak ulasan berikut:

1. Mampu Membedakan Hal Baik dan Buruk

Sejak kecil, pasti orang tua sudah mengajarkan mana hal yang baik dan buruk sehingga seorang anak bisa mengerti maksud tersebut. Namun maksud dari tamyiz disini, seorang anak tersebut mampu membedakannya secara mandiri.

Tanpa harus ada campur tangan orang lain, sehingga hatinya bisa bergerak tanpa campur tangan pihak luar. Seiring dengan berkembangnya usia, maka akal anak akan semakin berkembang dan disaat inilah mulai bisa membedakan mana yang memang terbaik dan bukan bagi dirinya.

Jadi, tanpa diberitahu oleh siapapun sudah bisa membedakan sendiri. Biasanya, kemampuan ini berkaitan erat dengan usia dari seseorang.

2. Dapat Memahami Serta Membalas Percakapan

Percakapan yang dimaksud disini bukanlah terhadap sesama anak-anak, melainkan percakapan orang yang sudah cukup dewasa. Seseorang yang sudah mampu untuk memahami apa yang dibicarakan oleh orang dewasa dengan baik biasanya dianggap sudah tamyiz.

Terlebih lagi jika bisa membalas percakapannya sesuai dengan tema. Seseorang yang sudah tamyiz bisa melakukan percakapan dengan baik dengan lawan di depannya dan mampu bertukar pendapat dengan baik.

Otak pun akan membantu pemikiran seseorang sehingga lebih aktif dan bisa membantu dalam menyampaikan pendapat yang sudah ada di otak. Kondisi seperti inilah yang dinamakan tamyiz.

3. Mandiri

Mandiri merupakan tanda  tamyiz selanjutnya. Umumnya, seseorang yang sudah tamyiz mampu untuk melakukan segala sesuatunya tanpa harus dibantu oleh orang lain seperti makan, mencuci piring, dan lainnya.

Kondisi seperti ini membuat orang tersebut lebih bebas dalam memilih keputusan yang akan diambil karena mampu mempertanggungjawabkannya. Seseorang yang sudah mandiri pun mampu membedakan hukum-hukum islam.

Sehingga tahu mana yang wajib, sunah, haram, dan lainnya. Melakukan ibadah pun menjadi lebih mudah jika sudah mengetahui hukum pastinya.

Itulah informasi terkait tamyiz adalah yang bisa disimak. Terdapat pula informasi terkait tanda-tanda tamyiz yang akan membantu seseorang untuk menentukan apakah dirinya sudah tamyiz atau belum. Islam memang tidak memberatkan bagi para umatnya sehingga tidak perlu takut jika ingin memeluk agama islam.

Postingan Terkait :