Home Pendidikan Sumber Sejarah Kerajaan Singasari yang Perlu Diketahui

Sumber Sejarah Kerajaan Singasari yang Perlu Diketahui

Wartapoin.com – Jika berbicara mengenai sejarah, maka ada begitu banyak pengertian serta perspektif. Ini berlaku untuk setiap hal, benda, dan juga tempat. Salah satunya mengenai Kerajaan Singasari, sebuah kerajaan yang menggema pada masanya. Sumber sejarah Kerajaan Singasari juga tidak berkutat hanya pada satu referensi, melainkan beberapa perspektif dan bukti lain.

Mempelajari sejarah memang begitu menarik apabila memang betul menyukainya. Sejarah dapat memberikan ruang dan wawasan baru akan berbagai kehidupan terdahulu. Dengan perjalanan zaman dahulu tadi, kehidupan sekarang ada. Khususnya Singasari, berikut beberapa sumber akan berdirinya serta renik renik yang berkaitan dengan Kerajaan Singasari.

Sumber Sejarah Kerajaan Singasari Dari Kitab

Pertama, sumber sejarah Kerajaan Singasari terbukti pada kitab. Namun, bukan hanya satu saja kitab yang bisa dipelajari akan tetapi ada beberapa panduan yang merupakan kitab sejarah mengenai singasari. Kitab kitab ini memberikan pandangan dan informasi yang beragam. Yaitu seperti dibawah:

1. Kitab NegaraKertagama Singasari

Ada sumber dari negarakertagama, sumber ini berupa kitab. Dalam kitab itu, dijelaskan dengan rinci bahwa jika singasari pertama kali berdiri pada tahun 1222. Mempunyai ibukota di Tumapel yang kiranya ini berada di Kutaraja.

Di dalam kitab tersebut juga ada silsilah mengenai singasari yang kini selalu dipelajari. Silsilah itu, pertama dimulai sari Rangga Rajasa yang tentu saja merupakan raja.

Selanjutnya diterangkan juga bahwa Anusapati juga berjaya memimpin pada 1227 hingga 1248. Uniknya, di Singasari ini banyak kejadian yang benar benar menjadikan orang kaget akan seluruh silsilahnya. Tumpahnya darah begitu banyak.

2. Kitab Pararaton Singasari

Selanjutnya, sumber sejarah Kerajaan Singasari juga di kitab Pararaton. Didalamnya, diterangkan jika raja Anuspati telah dibunuh oleh orang yang dekat dengannya. Ini menjadi sebuah skandal lama jika dalam kerajaan.

Anak dari selir telah menghabisi ayah angkatnya sendiri, sungguh tidak bisa dinalar akal. Dalam kitab ini juga diterangkan apabila pelarian Raden Wijaya nyata.

Namun saat melakukan pelarian Raden Wijaya berhasil meloloskan diri atas maut yang hamper saja menerkamnya. Begitu banyak kisah saling bunuh membunuh antara orang satu dengan orang terkait lainnya.

Sumber Sejarah Dari Prasasti dan Candi

Kedua, bukan hanya kitab saja yang dapat menjadi sumber sejarah Kerajaan Singasari ini. Ada prasasti serta ada juga candi. Setiap bangunan candi terdahulu memiliki sejarah yang tak ternilai.

Banyak yang menjadikan candi sebagai peninggalan yang religius. Adapun jenis candi juga beragam, dari yang bisa dikatakan tertua hingga yang masih berkaitan dengan sejarah pembunuhan atau lainnya.

Tersebar di berbagai daerah di Kabupaten Malang, candi ini banyak jadi destinasi yang menarik pecinta sejarah. Bagian rincinya mengenai candi,simak beberapa ulasan berikut ini:

  • Candi Cungkup terletak tepat di kabupaten Malang.
  • Candi Jago, tepat terletak di area kecamatan Tumpeng.
  • Serta Candi Sumberawan, letaknya masih di daerah Malang yaitu di Kecamatan Singosari.

Karena sejarah tidak hanya terkait pada bangunan, maka sumber sejarah Kerajaan Singasari juga sangat memungkinkan dilihat dari beberapa perspektif. Kitab yang lainnya juga akan sangat terkait dengan setiap kerajaan, terutama Singasari sendiri. Bukan hanya kitab melainkan prasasti serta candi lainnya.

Walaupun memang benar banyak sejarah yang kelam atau yang kurang pantas untuk diketahui, sebaiknya bijak dalam mengambil makna positif setiap sejarah. Tidak sepantasnya mengolok olok sebuah sejarah, karena bagaimanapun sejarah tersebut akan selalu melekat pada setiap kehidupan selanjutnya.

Semoga uraian diatas bisa memberikan Anda pengetahuan baru mengenai salah satu kerajaan besar di Nusantara ini.

Postingan Terkait :