Home Informasi 5 Sumber Sejarah Kerajaan Aceh yang Patut Dilestarikan

5 Sumber Sejarah Kerajaan Aceh yang Patut Dilestarikan

Wartapoin.com – Sebagai bukti kejayaan islam di nusantara, Kerajaan Aceh bisa menjadi referensi bagi generasi sekarang. Sudah sejak lama, agama islam berkembang pesat di nusantara dengan nilai-nilainya yang teramat kental. Sampai saat ini, tidak sedikit orang yang merasa tertarik buat mempelajari sumber sejarah kerajaan Aceh.

Kerajaan Aceh tergolong ke dalam kerajaan islam yang besar pada kala itu.  Terbukti bahwa kerajaan ini mampu menaklukkan kerajaan lain seperti Kedah dan Pahang. Beberapa sumber sejarah kerajaan Aceh pun masih bisa dilihat sampai sekarang sehingga sangat awet sekali. Penasaran apa saja peninggalannya? Lihatlah informasi berikut.

Deretan Sumber Sejarah Kerajaan Aceh yang Masih Ada

1. Masjid Raya Baiturrahman

Keberadaan masjid ini sudah sangat terkenal sekali karena berada di pusat kota, sehingga mudah untuk dijangkau. Warga setempat maupun para pengunjung sering berdatangan untuk sekedar beribadah maupun mengenang sejarah Kerajaan Aceh pada zaman dahulu.

Tak sedikit pula ilmuwan yang berdatangan kesini. Masjid Raya Baiturrahman cukup megah dengan disertai kolam yang ada di bagian depan masjidnya.

Bangunannya pun begitu estetik dengan 5 kubah yang berada di atasnya. Konon, masjid ini diprakarsai oleh Raja Kerajaan Aceh pada masa kejayaannya dulu. Tak heran jika banyak orang yang kagum dengan keberadaan masjid ini.

2. Makam Sultan Iskandar Muda

Jasa dari seorang raja sekelas Sultan Iskandar Muda masih terus dikenang sampai saat ini oleh warga Aceh. Tak khayal jika namanya masih saja disegani hingga kini dan makamnya masih terawat dengan baik.

Raja tersebut berperan besar dalam membuat Aceh lebih maju sehingga dampaknya bisa dirasakan sampai sekarang oleh masyarakat. Makam Sultan Iskandar Muda sering dikunjungi oleh warga sekitar ataupun peziarah yang datang dari luar kota.

Pada bagian nisannya pun terdapat pahatan kaligrafi yang begitu estetik sehingga bisa memanjakan mata para pengunjung. Makam ini merupakan bukti sejarah perkembangan islam pada masa lampau yang patut dikenang.

3. Gunongan

Gunongan ini lebih dikenal sebagai taman oleh masyarakat secara luas. Pembuatan taman ini pun ada sejarahnya tersendiri, yaitu dibuat oleh Sultan Iskandar Muda kepada permaisurinya yang begitu cantik dan dicintai.

Pantas saja jika taman ini terlihat begitu cantik dan menarik, karena dibuat untuk orang yang istimewa. Lokasinya pun ada di tengah kota dan tidak jauh dari Masjid Baiturrahman.

Jadi apabila pengunjung melakukan ibadah di masjid tersebut, jangan lupa untuk mampir ke taman ini. Selain bisa digunakan sebagai tempat ibadah, pengunjung pun pasti akan takjub dengan tamannya yang masih terawat hingga sekarang.

4. Benteng Indrapatra

Sumber sejarah kerajaan Aceh berikutnya adalah Benteng Indrapatra yang memiliki usia sudah tua sehingga cocok dijadikan sebagai sumber sejarah. Fungsi benteng ini pada masa itu yaitu untuk berlindung ketika kerajaan sedang diserang oleh bangsa ataupun kerajaan lain.

Tempat ini pun cukup aman untuk berlindung. Sampai saat ini, Benteng Indra Patra masih bisa dikunjungi oleh wisatawan untuk sekedar berfoto ataupun mengagumi arsitekturnya.

Datang saja ke Kabupaten Aceh Besar jika ingin melihat benteng ini. Pasti pengunjung akan takjub melihatnya karena dari dulu hingga sekarang bentengnya masih kokoh saja sehingga bisa dinikmati keindahannya.

5. Meriam Kesultanan Aceh

Suatu hal yang menarik dari meriam ini adalah senjata yang dibuat sendiri oleh kesultanan Aceh pada masa itu sehingga menandakan bahwa orang zaman dulu memang hebat. Para teknisi Aceh pada masa itu telah belajar membuat senjata dari kerajaan Turki Usmani sehingga sudah lihai dalam membuat meriam.

Adanya sumber sejarah kerajaan Aceh tersebut bisa digunakan sebagai pengingat bahwa dulunya Kota Aceh menjadi tempat berkembangnya kerajaan islam. Peninggalan yang masih ada hingga sekarang pun bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan dan pusat pembelajaran bagi para ilmuwan. Mengunjungi tempat tersebut pun pasti menarik untuk dilakukan ketika berlibur.

Postingan Terkait :