Home Pendidikan Penjelasan Sudut Sehadap dan Contohnya yang Mudah Dipahami

Penjelasan Sudut Sehadap dan Contohnya yang Mudah Dipahami

Wartapoin.com – Matematika adalah mata pelajaran yang cukup membuat banyak orang pusing. Hal itu tidak lain karena materinya sangat kompleks dan terdiri dari banyak rumus. Jika harus mengingat semuanya, rasanya tidak sanggup untuk dilaksanakan. Salah satu yang sering dibingungkan adalah mengenai sudut sehadap dan contohnya.

Dalam pembelajaran matematika ada yang disebut dengan sudut sehadap. Namun mungkin masih banyak yang tidak paham dengan apa yang dimaksud sudut sehadap ini. Nah berikut akan dijelaskan tentang sudut sehadap dan contohnya berikut.

Sekilas Tentang Sudut

Sebelum membahas tentang sudut sehadap, Anda harus pahami terlebih dahulu tentang sudut. Sudut sendiri merupakan bentuk dari adanya perpotongan yang terjadi antara dua garis atau lebih. Dari perpotongan tersebut, nantinya akan menciptakan berbagai jenis sudut, seperti:

  • Sudut lancip yang memiliki besar antara 0 derajat hingga 90 derajat.
  • Kemudian ada juga sudut siku-siku di mana antara dua garis memiliki jarak yang sama yakni pas di 90 derajat.
  • Selanjutnya ada sudut tumpul dengan besar ukuran lebih dari 90 derajat tapi kurang dari 180 derajat.
  • Selain sudut-sudut tersebut masih ada lagi sudut lurus yang memiliki ukuran pas 180 derajat.
  • Kemudian yang terakhir ada sudut refleks dengan ukuran lebih 180 derajat namun kurang dari 360 derajat.

Pengertian Tentang Sudut Sehadap

Bila paham dengan apa yang dimaksud dengan sudut, maka Anda bisa langsung simak mengenai apa yang dimaksud dengan sudut sehadap. Sudah dikatakan bahwa sudut ada karena adanya perpotongan pada garis. Sudut sehadap ini karena hubungan antara garis dan sudut.

Diumpamakan ada dua garis vertikal atau diagonal berjarak, kemudian ada satu garis horizontal yang berada di tengah keduanya seperti pagar. Seperti pada garis yang ada pada ikon ++.

Nah, sudut sehadap adalah dua sudut yang sama-sama menghadap pada salah satu ujung garis horizontal. Sudut sehadap ini juga memiliki besar ukuran yang sama seperti yang sudah diumpamakan pada ikon tambah yang digabungkan ++.

Sudut sehadap adalah sudut yang ada pada bagian kanan atas pada masing-masing ikon +. Kedua sudut tersebut juga menghadap ujung kiri garis horizontal.

Contoh Sudut Sehadap

Dalam pembahasan mengenai sudut sehadap dan contohnya di atas sudah dijelaskan tentang pengertiannya. Maka kali ini akan dibahas mengenai Contohnya. Sebenarnya secara tidak langsung pada pengertian mengenai sudut sehadap sudah dijelaskan contohnya.

  • Nah kali inimenggunakan ikon + sebagai contohnya. Namun ikon plus ini diumpamakan ada dua dan saling berdempetan.
  • Yakni ikon tersebut seperti ++ dan dengan bentuk yang lebih besar. Kemudian diberi tanda antara dua + tersebut.
  • Ikon + pertama ditandai dengan huruf A sedang + keduanya ditandai dengan huruf B. Setiap ikon memiliki empat sudut yang sama. Kemudian setiap sudut diberi dari + diberikan angka.
  • Pada sudut kanan atas dari + A diberi angka 1. Sudut kanan sebelah kiri atas diberi angka 2. Lalu sudut kanan bawah diberi angka 3 dan sudut kiri bawah diberi angka 4. Lakukan hal yang sama pada + B.
  • Untuk mengetahui sudut sehadap, maka tinggal lihat sudut mana yang sama-sama menghadap ke ujung garis horizontal. Yakni A1 merupakan sudut sehadap dengan B1.
  • Kemudian A2 sehadap dengan B2 yakni menghadap ke ujung garis horizontal yang berlawanan dari ujung Sebelumnya.
  • Kemudian A3 sehadap dengan sudut B3. Lalu untuk A4 sehadap dengan sudut B4. Begitu seterusnya dengan garis yang berbeda. Hal tersebut juga hanya contoh mudahnya saja.

Demikian pembahasan sudut sehadap dan contohnya yang bisa Anda pelajari. Agar tak bingung, Anda bisa menggambarkan ikon ++ tersebut pada kertas yang lebih besar.

Pastikan bahwa garis horizontal antara keduanya tidak terputus. Lalu tinggal praktekkan seperti yang dicontohkan.

Postingan Terkait :