Home Informasi Pengertian Rok Suai, Pola Dasar dan Tahap Pembuatannya

Pengertian Rok Suai, Pola Dasar dan Tahap Pembuatannya

Pengertian Rok Suai, Pola Dasar dan Tahap Pembuatannya | Rok merupakan jenis pakaian dengan bentuk pipa atau kerucut yang cara pemakaiannya dimulai dari pinggul dan menutupi sebagian atau seluruh bagian kaki. Rok juga bisa diartikan sebagai bagian dari busana yang dipakai mulai dari batas pinggang sampai bawah yang mempunyai panjang bervariasi.

Rok sendiri merupakan busana yang diperuntukkan untuk kaum perempuan, karena dengan menggunakan rok tersebut maka pengguna akan memiliki kesan feminin dan anggun. Pada saat ini model rok memang sangatlah banyak sekali, seperti:

Jenis-Jenis Rok

  • Rok Suai (rok lurus)
  • Rok Kerut
  • Rok Lingkar
  • Rok Lipit
  • Rok Pias
  • Rok Pelpum
  • Rok Drapery
  • Rok Susun (double dress)

Namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas detail tentang jenis rok suai saja, silahkan simak bahasan artikel tentang rok suai dari pengertian, pola dasar sampai cara membuatnya di bawah ini.

Pengertian Rok Suai

Rok Suai atau biasa disebut juga dengan rok lurus, yaitu merupakan rok yang mempunyai model sederhana, mungkin jika diperlukan hanya terdapat garis kupnat saja tanpa adanya lipit, kerut sama sekali. Rok suai ini modelnya lurus kebawah tanpa ada penambahan ukuran pada bagian bawah rok, jadi akan terlihat simpel, elegan dan tentunya sederhana.

Biasanya rok suai diberi belahan pada bagian sisi kiri dan sisi kanan, atau bisa juga diberi belahan pada bagian belakang rok. Karena rok ini kesannya lebih formal, jadinya banyak dipakai oleh pekerja kantoran, seorang guru, pegawai-pegawai bank dan lain-lain

Pola Dasar Rok Suai

Untuk pola dasar rok suai, saya mengambil screenshot dari dokumen yang di share di mesin pencari google oleh upi.edu, kamu bisa mendownloadnya disini untuk melihat lebih lengkapnya, atau bisa juga mengunjungi halaman academia.edu disini, dibawah ini hanya secuil screenshot yang saya ambil dari dokumen tersebut.

Pola Dasar Rok Suai

Tahap Pembuatan Rok Suai

#Mengambil Ukuran

Yang pertama harus dilakukan dalam pembuatan rok suai adalah mengambil ukuran tubuh sesuai yang di inginkan oleh pemesan, seperti biasa yang perlu di ukur adalah

  • lingkar pinggang: di ukur sekeliling pinggang di tambah 2cm
  • lingkar panggul: di ukur sekeliling panggul terbesat di tambah 4cm
  • tinggi panggul: di ukur dari garis pinggang sampai garis panggul
  • panjang rok: di ukur dari garis pinggang sampai panjang yang di inginkan

#Membuat Pola Dasar dan Pecah Pola Rok Sesuai

Hal selanjutnya yang harus dilakukan yaitu membuat pola dasar rok suai sesuai ukuran yang di inginkan, maksudnya kita akan membuat pola biasa (dasar) terlebih dahulu tanpa di bentuk bentuk, nah setelah pola dasar sudah selesai dan sudah benar-benar sesuai dengan ukurannya, baru kita bisa membuat pecah pola sesuai model yang di inginkan pemesan.

#Meletakan Pola di Atas Bahan

Tahap ini dapat dimulai jika bahan sudah kita siapkan, dan pemotongan pola sudah selesai. Yaitu meletakan bahan, langkah awalnya adalah menggelar bahan (bisa dilantai, meja atau apapun yang lebar) sesuai arah serat dan motif bahan jika bahan yang digunakan memiliki motif, kemudian meletakan pola yang telah di potong sesuai model tadi, setelah itu semat pola dan bahan menggunakan jarum pentul kalo tidah tindih bahan dengan penindih.

Hal ini harus dilakukan dengan teliti, supaya tidak mempengaruhi hasil jadi rok.

#Memotong Bahan Sesuai Pola

Langkah selanjutnya, pola yang sudah di letakan di atas bahan tadi kemudian di gunting, pengguntingan bahan di mulai dari pola yang paling besar terlebih dahulu baru pola yang kecil.

#Memindahkan Tanda-tanda Pola

Setelah bahan di potong, langkah selanjutnya memindahkan tanda pola,, langkah ini sangat mudah hanya saja tidak boleh tergeser antara pola dengan bahan nya, cara kerjanya masukan kertas jiplak(karbon) di antara 2 bahan yang sudah di potong tadi, kemudian jalankan raider di atas kain yang di selipi karbon sesuai ppola dan tidak boleh tergeser agar ukurannya tidak tergeser pula

#Proses Menjahit

Dalam proses menjahit memiliki langkah-langkah tersendiri, yaitu sebagai berikut:

  • Menjahit kupnat rok depan belakang
  • Memasang ritsleting belakang
  • Menjahit sisi rok

#Memasang Ban Pinggang Rok

Sebelum ban pinggang dipasang, ban harus di tempeli kain keras sesuai ukuran pinggang dengan cara di setrika agar ban kaku dan mudah di pasang.

#Menyelesaikan Bagian Kelim Rok

Penyelesaian bagian kelim ada beberapa cara, ada yang di obras ada yang di tindas, tetapi kebanyakan untuk rok suai menggunakan kelim obras dan kemudian di som.

#Mengepres Rok Jadi

Ini adalah langkah terakir dalam proses pembuatan busana yaitu mengepres atau menyetrika agar busana tampak rapi dan halus, jaman saya sekolah dulu kalau jahitan nya jelek lankah ini yang di unggulkan, heheh untuk menutupi kekurangan jahitan maklum pada gag mw mengulang menjahit.

Penutup

Nah itulah pembahasan tentang rok suai dari pengertian, pola dan tahap pembuatannya. Saya merangkum dan mengambil referensi dari website upi.edu, academia.edu, dan likhaaiu.blogspot.com. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Postingan Terkait :