Home Informasi Apa itu PMMC Monitoring Pergerakan Kapal? ini Penjelasannya

Apa itu PMMC Monitoring Pergerakan Kapal? ini Penjelasannya

Wartapoin.com  – Apa itu PMMC monitoring pergerakan kapal? Mungkin banyak yang masih bingung dengan istilah tersebut. Bagi teknisi kapal atau yang tengah menekuni pendidikan tentang kelautan pasti paham tentang PMMC. Karena PMMC dipakai untuk mengetahui arus serta tegangan DC pada mesin kapal selain memelihara peralatan listrik.

PMMC memang tergolong baru dan digunakan oleh jenis kapal mewah. Namun maksud dari monitoring ini bukan pemantauan terhadap mesin, melainkan pergerakan kapal. PMMC sendiri adalah sebuah aplikasi yang belum lama diluncurkan untuk memantau pergerakan kapal di Selat Sunda.

Monitoring Pergerakan Kapal

Monitoring kapal bisa dilakukan melalui aplikasi PMMC monitoring pergerakan kapal melalui website. Teknologi ini sebenarnya sudah ada sejak lama, tetapi di Indonesia baru diluncurkan. Meskipun baru bisa dipakai untuk memantau pergerakan kapal di laut Selat Sunda dan masih berupa website, aplikasi ini cukup membantu.

Dimana pengguna bisa mengakses gerak kapal di pelabuhan Bakauheni dan Merak. Informasi tersebut tidak hanya berupa titik saja melainkan gambar kapal yang sedang bergerak.  Untuk mengetahui kapal apa, pengguna tinggal menekan klik. Selanjutnya akan muncul semua informasi tentang nama kapal, berapa lama perkiraan perjalanan laut, tujuan, SOG, awal keberangkatan, dan sebagainya.

Tidak hanya itu saja, semua informasi OPP baik di pelabuhan Bakauheni dan Merak akan terlihat detail di website. Informasi itu sangat berguna untuk mengenal sistem kelautan bagi pelajar atau seseorang yang sekedar penasaran serta terdapat kebutuhan.

Manfaat Monitoring Pergerakan Kapal

Aktivitas ini selain untuk pengetahuan ternyata juga banyak manfaatnya. Meskipun sekarang masih sering terjadi error saat membukanya, tetapi aplikasi via website PMMC cukup canggih. Hanya perlu bersabar menunggu sebentar dan masuk kembali setelah menunggu berapa menit, karena aplikasinya pasti berfungsi kembali.

Maklum saja, teknologi masih dalam tahap percobaan dan terus diperbaiki. Akan tetapi, kalau sudah bisa dibuka pengguna akan mendapatkan banyak manfaat. Tidak hanya monitoring kapal, tetapi banyak manfaat  lain seperti:

1. Mengetahui Jadwal Keberangkatan Kapal

Pengguna yang akan atau sering menggunakan transportasi laut untuk bepergian pasti merasa terbantu dengan adanya website PMMC. Kenapa? Karena website ini dapat memberikan informasi lengkap tentang pergerakan kapal. Berdasarkan informasi lama perjalanan, pengguna akan mengetahui waktu tibanya.

Juga mengetahui atau memilih kapal mana yang akan dinaiki. Pasalnya sekarang banyak kapal yang pelayanan serta fasilitasnya kurang memuaskan. Terutama pada bagian toilet dan tempat istirahat. Dengan bantuan monitoring, calon penumpang dapat menyiapkan waktu keberangkatan.

Hal penting lain ialah terdapat pula informasi dermaga dimana keberangkatan kapal. Sebab di pelabuhan Bakauheni maupun Merak ada dermaga khusus bagi kapal. Jadi perhatikan supaya tidak salah.

2. Melihat OTT Pelabuhan Merak dan Bakauheni

Informasi lengkap yang diberikan akan membuat calon pelajar kelautan tentang monitoring OTT di kedua pelabuhan terbesar itu. Mulai dari pergerakan, pertukaran informasi, muatan, dan lainnya.

3. Daftar Harga Tiap Kapal

Selain kedua informasi di atas, aplikasi PMMC juga akan memberikan daftar harga bagi penumpang yang akan menaiki kapal. Entah terhitung di dalam bus angkutan, pejalan kaki, kendaraan mobil serta roda dua.

4. Jasa Angkutan Penyeberangan

Pengguna ingin menggunakan jasa kargo kapal? Melalui website yang tersedia semua informasi akan terlihat lengkap. Yaitu mengenai apa saja yang ada di kapal tersebut. Bahkan sampai nama perusahaan penyedia jasa. Selain daripada itu, pengguna tidak perlu cemas atau menunggu kapan barang datang. Tinggal lihat pergerakannya di website PMMC.

Itulah penjelasan tentang monitoring kapal yang dibuat oleh PMMC monitoring pergerakan kapal di Selat Sunda. Semoga saja tegnologi canggih seperti ini bisa untuk semua pelabuhan kedepannya.

Postingan Terkait :