Home Informasi Palmtop Adalah? Berikut Penjelasan Secara Lengkapnya

Palmtop Adalah? Berikut Penjelasan Secara Lengkapnya

Palmtop Adalah? Berikut Penjelasan Secara Lengkapnya | Palmtop adalah jenis komputer zaman dahulu yang saat ini terbilang mulai langka seiring dengan perkembangan produk teknologi. Komputer ini bentuknya sangat kecil dan bahkan bisa dipegang hanya dengan satu tangan. Simak ulasan lengkap mengenai palmtop berikut ini.

Mengenal Pengertian Palmtop

Palmtop merupakan perangkat yang ukurannya paling kecil jika dibandingkan dengan jenis komputer lainnya. Perangkat komputer ini hadir di masa awal-awal penggunaan PC secara masif.

Handheld komputer atau palmtop merupakan perangkat yang sangat praktis dan mudah dibawa. Perangkat ini juga mendukung pengalaman komputasi menggunakan sistem operasi Windows CE dan XP. Perangkat ini cukup terkenal pada saat pertama peluncurannya, karena dianggap ringan.

Akan tetapi, saat ini palmtop telah menjadi barang yang cukup langka. Apalagi seiring dengan perkembangan PC, kondisi ini membuatnya tidak diproduksi lagi. Saat ini, Anda harus pergi ke toko barang second di Jepang apabila ingin mendapatkan palmtop.

Spesifikasi Palmtop

Palmtop hadir dengan layar berukuran 6 hingga 7 inchi, atau kurang lebih sebesar ponsel masa kini. Palmtop juga dilengkapi dengan keyboard standar seukuran layarnya yang membuatnya mudah dibawa ke berbagai tempat untuk kepentingan pengiriman maupun penyimpanan data.

Selain itu, ada juga palmtop yang didesain tanpa keyboard, dan pengoperasiannya menggunakan PDA atau pena. Perangkat ini tidak dibekali dengan disk drive karena ukurannya terlalu kecil untuk dimasuki perangkat penyimpan.

Keyboard pada perangkat ini sudah berbentuk QWERTY dengan keypad yang berguna untuk memasukkan data. Palmtop sendiri bisa dijalankan menggunakan daya baterai kecil untuk mengaktifkan LCD kecilnya yang cukup unik.

Fungsi Palmtop

Kegunaan utama dari palmtop adalah untuk membangun program database yang berguna ketika Anda ingin menyimpan data dengan aman. Tak hanya itu saja, perangkat komputer dengan ukuran mini tersebut juga dilengkapi dengan beberapa program.

Anda bisa mengakses program kalender, buku telepon, pengolah kata, bahkan spreadsheet dengan sistem operasi yang kompatibel di sini. Umumnya, palmtop digunakan oleh aparat keamanan guna menyimpan informasi militan mengenai operasinya melalui perangkat digital.

Palmtop digunakan sebagai pengganti kertas oleh aparatur keamanan agar informasinya bisa lebih aman dan mampu menyimpan data dalam jumlah besar. Meski tidak begitu canggih, namun untuk kegunaan tersebut perangkat mini yang satu ini memang bisa dikatakan paling efektif digunakan.

Kelebihan Palmtop

Salah satu kelebihan dari palmtop, yaitu sangat ringan yang membuat pengguna tidak perlu merasa kesulitan saat membawanya bepergian. Ukurannya yang minimalis juga membuat Anda semakin mudah untuk mencari tempat penyimpanan untuknya.

Spesifikasi di perangkat ini membuatnya menjadi salah satu perangkat yang tepat untuk menyimpan file database. File tersebut akan disimpan dengan aman, sehingga pengguna bisa mengaksesnya lagi dengan mudah.

Kelemahan Palmtop

Selain beberapa hal menarik tersebut, palmtop ternyata juga memiliki beberapa kekurangan yang membuatnya perlahan ditinggalkan. Kekurangan pertama, ukuran palmtop yang hanya 6 hingga 7 inchi saja yang mempengaruhi keyboard serta tampilan grafis yang dihasilkan oleh layarnya.

Keyboard palmtop berukuran sangat kecil, sehingga banyak membuat pengguna kesulitan untuk mengoperasikannya. Selain itu, tampilan perangkat komputer ini juga terbilang kurang menarik. Terakhir, palmtop juga memiliki spesifikasi yang sangat minim, sehingga kurang memadai.

Palmtop adalah salah satu perangkat hasil pengembangan komputer yang juga memiliki kegunaan, meskipun ukurannya sangat kecil. Perangkat ini memang sangat langka saat ini namun terbilang unik karena memiliki layar dan keyboard terpisah untuk ukuran perangkat komputer mini.

Postingan Terkait :