Home Informasi Teladan Kisah Nabi Shaleh AS yang Bisa Diterapkan di Kehidupan

Teladan Kisah Nabi Shaleh AS yang Bisa Diterapkan di Kehidupan

Wartapoin.com – Kisah Nabi Shaleh AS sangatlah terkenal di kalangan umat muslim. Terutama, dengan mukjizatnya yang bisa melahirkan seekor unta yang cantik dari sebuah batu saja. Kisah dari Nabi Shaleh AS memang dipenuhi dengan keajaiban.

Namun, ada banyak hal dan teladan yang bisa dipelajari  dari kisah nabi satu ini. Teladan dan pelajarannya bisa Anda terapkan pada kehidupan sehari-hari. Mungkin, beberapa berhubungan dengan kehidupan pada zaman modern.

Karena itu, walaupun berbeda zaman namun kisah nabi Shaleh AS Masih bisa berhubungan dengan permasalahan sekarang ini.

Sekilas Kisah Nabi Shaleh AS

Sebelum membahas teladan yang bisa Anda kaitkan dengan kehidupan sekarang. Ada baiknya untuk membahas sekilas mengenai kisah dari Nabi Shaleh AS. Kisah nabi ini memang sudah cukup terkenal dan banyak diketahui oleh banyak umat muslim.

Nabi Shaleh AS turun untuk membimbing kaum Tsamud. Dimana kaum ini merupakan kaum kaya raya. Pada masanya, mereka terkenal dengan kemampuan mendirikan rumah-rumah yang megah dan kokoh.

Hal ini membuat kaum Tsamud tidak percaya dengan adanya Tuhan, karena merasa merekalah kaum dan makhluk yang paling kuat di Bumi serta kaya raya. Kedatangan Nabi Shaleh AS yang menyebarkan agama Islam pastinya ditentang oleh kaum ini.

Suatu hari, Nabi Shaleh AS diminta untuk membuktikan keberadaan Allah SWT. Maka, berdoalah Nabi Shaleh AS agar menunjukan mukjizat yang bisa membuat Kaum Tsamud percaya.

Atas perintah Allah SWT, sebuah batu besar terbelah dan dari dalamnya keluar seekor unta yang cantik. Kaum Tsamud pun bisa menikmati air susu dan kebermanfaatan dari unta yang muncul dari batu besar tersebut.

Teladan yang Bisa Dipelajari dari Kisah Nabi Shaleh

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak teladan dan pelajaran yang bisa diambil dari kisah satu ini. Karena itu, berikut ini akan dibahas berbagai kisah dan teladan yang bisa diambil dari kisah Nabi Shaleh ini.

1. Jangan Ingkar pada Kekuasaan Allah

Teladan pertama adalah jangan mengingkari kekuasaan Allah SWT. Seperti yang dilakukan oleh Kaum Tsamud, seperti yang diketahui secara luas, walaupun sudah ditunjukan mukjizat yang sangat hebat di depan mata.

Mukjizat tersebut adalah lahirnya seekor unta dari sebongkah batu. Namun, tetap saja Kaum Tsamud enggan untuk mengakui kekuasaan Allah SWT dan tetap mengingkarinya.

Bahkan, kaum Tsamud malah merencanakan pembunuhan pada unta yang didatangkan oleh Nabi Shaleh AS tersebut. Karena itu, Kaum Tsamud pun mendapatkan akibat dari Allah SWT.

Janganlah kita menjadi umat  yang seperti Kaum Tsamud. Kekuasaan Allah SWT. Tentu saja, sudah terlihat nyata di kehidupan kita. Karena itu jangan sampai mengingkarinya.

2. Berani dalam Menyerukan Kebenaran

Perjuangan Nabi Shaleh AS pastinya sangat berat untuk menyerukan kebenaran pada kaum yang kuat dan sombong seperti Kaum Tsamud. Namun, Nabi Shaleh AS tetap berjuang dan dengan berani menyebarkan agama kebenaran dari Allah SWT.

Padahal, kaum Tsamud adalah kaum yang kuat dan kaya raya. Nabi Shaleh AS dengan mudah mengalami penindasan dari berbagai sisi kehidupan. Namun, Nabi Shaleh AS tetap teguh dan memohon pertolongan Allah SWT untuk menyebarkan ajaran-Nya.

Itulah teladan yang bisa dipelajari dari kisah Nabi Shaleh AS. Semoga Anda dan kita semua dihindarkan dari sifat-sifat seperti kaum Tsamud dan tidak mengingkari kekuasaan yang sudah ditentukan Allah SWT pada umatnya.

Postingan Terkait :