Home Informasi Kenapa Baterai iPhone Cepat Habis? Inilah Penyebabnya

Kenapa Baterai iPhone Cepat Habis? Inilah Penyebabnya

Kenapa Baterai iPhone Cepat Habis? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya | Bagi pengguna baru iPhone mungkin bertanya-tanya, kenapa baterai iPhone cepat habis? Permasalahan ini seringkali dialami pengguna ponsel, baik iPhone maupun android. Walau canggih, iPhone tetap tidak terlepas dengan kemungkinan masalah yang muncul dalam pemakaiannya. Untuk menghindarinya, perlu pengetahuan yang cukup agar dapat merawat iPhone dengan baik.

Beberapa alasan bisa menjadi penyebab masalah baterai cepat habis. Berikut akan diulas tentang penyebab dan cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Penyebab Baterai iPhone Cepat Habis

Permasalahan daya baterai yang cepat habis sebenarnya tidak hanya dialami oleh iPhone, tetapi juga ponsel merek lainnya. Terkadang pemilik tidak sadar bahwa melakukan hal-hal tertentu bisa membuat baterai cepat habis. Berikut adalah penyebab yang harus diketahui setiap pemilik iPhone:

1. Banyak Aplikasi yang Beroperasi pada Latar Belakang

Penyebab pertama untuk menjawab kenapa baterai iPhone cepat habis adalah terlalu banyak aplikasi yang berjalan atau beroperasi di latar belakang. iPhone sebagai HP yang multitasking memungkinkan pemiliknya untuk membuka berbagai aplikasi secara bersamaan. Tapi ternyata, hal ini dapat membuat baterai cepat terkuras.

2. Sering Dimainkan saat Melakukan Pengisian Daya

Seseorang yang senang bermain game terkadang bermain walau iPhone sedang di charge. Tahukah bahwa hal ini dapat menyebabkan kualitas baterai menjadi menurun. Hal ini tentu akan menyebabkan baterai iPhone cepat habis saat tidak disambungkan dengan kabel daya.

3. Terlalu Banyak Notifikasi yang Aktif

Siapa sangka bahwa notifikasi dapat memakan daya baterai cukup banyak. Notifikasi dari aplikasi ataupun game yang muncul menandakan bahwa aplikasi tetap berjalan di belakang layar walaupun tidak dibuka. Sehingga, tetap bisa mengurangi baterai walau aplikasi tidak dibuka saat itu.

4. Suhu yang Terlalu Panas

Suhu yang terlalu panas dapat menyebabkan iPhone bekerja lebih keras dan membuat perangkat ikut panas. Hal ini dapat membuat daya baterai lebih cepat turun dibandingkan jika sedang berada di dalam ruangan yang dingin.

Selain suhu sekitar, penyimpanan didalam jaket atau kantong celana yang tebal juga bisa meningkatkan suhu mesin iPhone apalagi jika terdapat aplikasi yang masih bekerja. Hal tersebut tentu juga dapat berpengaruh pada kondisi kekuatan daya baterai.

5. Menggunakan Perangkat Charger yang Tidak Sah

Tak dipungkiri bahwa perangkat charger yang tidak sah memiliki harga yang lebih murah dibandingkan perangkat asli dari iPhone. Namun, hal ini ternyata tidak baik bagi kesehatan perangkat iPhone itu sendiri.

Charger dari iPhone berfungsi juga sebagai adaptor yang dapat mengubah tingkat daya menjadi tingkat yang diperlukan perangkat. Sehingga, penggunaan perangkat asli dapat menjaga ketahanan baterai iPhone dan tidak cepat rusak.

Cara Mengatasi Baterai iPhone yang Cepat Habis

Setelah mengetahui penyebabnya, tentu pengguna ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi permasalahan baterai yang cepat habis ini. Berikut beberapa solusi yang bisa dicoba agar baterai lebih tahan lama dan tidak cepat habis:

  • Menghindari suhu panas. Suhu yang panas terbukti dapat mengurangi daya secara signifikan. Untuk itu, hindari paparan panas secara langsung agar tidak terkena perangkat.
  • Melepaskan casing saat mengisi daya. Casing yang tebal juga dapat meningkatkan suhu perangkat. Sebaiknya lepaskan casing jika ingin mengisi daya dalam waktu yang lama.
  • Mematikan aplikasi yang tidak digunakan. Perangkat yang tetap beroperasi dapat berpengaruh pada daya baterai. Maka dari itu, jika sedang tidak digunakan segera mematikannya.
  • Menggunakan perangkat asli. Walau harga yang cukup mahal, penggunaan perangkat asli seperti kabel daya dan adaptor-nya dapat menjaga kualitas baterai dan tidak mudah habis.

Itulah penyebab kenapa baterai iPhone cepat habis dan cara mengatasinya. Daya baterai dari iPhone bisa dicek pada menu kesehatan baterai yang terdapat di pengaturan. Apabila kesehatannya mulai menurun, sebaiknya pergi ke service khusus Apple untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Postingan Terkait :