Home Pendidikan Kehidupan Ekonomi Kerajaan Sriwijaya yang Perlu Diketahui

Kehidupan Ekonomi Kerajaan Sriwijaya yang Perlu Diketahui

Wartapoin.com – Kehidupan ekonomi Kerajaan Sriwijaya selalu menjadi perhatian, sejak dahulu sampai sekarang. Kecerdasan dalam mengatur sistem Kerajaan Sriwijaya ini merupakan hal yang mengesankan dan menarik buat dipelajari lebih lanjut. Bagaimana tidak menarik, karena sebuah kerajaan yang memiliki sumber alam melimpah dikelola dengan sistem manajemen yang sangat bagus.

Dengan corak Budha yang melekat pada kerajaan ini, tidak dipungkiri bahwa begitu banyak hal yang dapat dijadikan sebagai sumber ekonomi. Pemimpin yang bijak serta sistem Kerajaan Sriwijaya yang baik membuat hal tersebut jadi lebih baik.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan ringkas mengenai sektor ekonomi Kerajaan Sriwijaya.

Berbagai Sumber Ekonomi Kerajaan Sriwijaya

1. Pertanian

Kerajaan Sriwijaya tidak dapat lepas pada sektor ini. Kehidupan ekonomi Kerajaan Sriwijaya berkutat pada pertanian yang menjadikan ia sebagai kerajaan besar dan sukses pada zamannya. Berkat dukungan sektor pertanian, maka sriwijaya dapat melakukan beberapa ekspor yang bisa dikatakan berlimpah. Adanya sektor pertanian ini sangatlah membantu para petani.

Petani yang merupakan bagian dari Kerajaan Sriwijaya ini memberikan dampak yang lumayan signifikan pada kehidupan kerajaan. Dengan tidak melakukan penindasan serta memberikan kesejahteraan pada petani, maka kerajaan ini dapat mengembangkan sayapnya begitu besar.

Banyak yang belum mengetahui apabila ekspor Kerajaan Sriwijaya sangat beragam dan lumayan sukses. Untuk petani obat obatan seperti halnya rempah rempah, mereka juga melakukannya dengan baik. Contoh ekspor barangnya dilakukan ke negeri Cina. Banyak dari petani kemenyan yang meraup untung menjanjikan.

2. Perkebunan

Selanjutnya, kehidupan ekonomi Kerajaan Sriwijaya juga berkutat pada bidang perkebunan. Sebagai contoh, beberapa hasil dari perkebunan juga diekspor ke negara lain yang begitu digemari disana. Negara Arab adalah contoh dari negara yang melakukan impor terhadap Kerajaan Sriwijaya.

Contoh barang yang diekspor adalah kayu cendana. Sebetulnya tidak hanya cendana saja, tetapi gaharu dan juga kayu ulin. Mengapa hasil hutan atau kebun ini sangat digemari? Jawabanya karena memang salah satu hasil terbaik yang diberikan.

Contoh lain dari hasil perkebunan adalah mawar. Betul sekali bahwa kebun mawar cukup banyak ada di daerah Kerajaan Sriwijaya. Lainnya selain mawar adalah buah buahan. Bahkan hebatnya, buah buahan saja bisa menjadi sebuah komoditi ekspor yang begitu terkenal sampai bisa diekspor.

3. Perdagangan

Selain beberapa hal lain di atas, kehidupan ekonomi Kerajaan Sriwijaya adalah melakukan perdagangan. Beberapa hal yang bisa dijadikan untuk berdagang adalah dengan hasil bumi itu sendiri. Karena Kerajaan Sriwijaya adalah sebuah kerajaan yang maju serta melek terhadap memanfaatkan sumber, maka ini jadi peluang.

Beberapa barang yang dijadikan sumber atau ladang uang bagi Kerajaan Sriwijaya adalah timah, kapur barus, serta ada juga batu karang. Jadi dengan memanfaatkan sekitar alam, para penduduk yang ada di Kerajaan Sriwijaya mampu berdiri dengan keadaan ekonomi yang cukup baik.

4. Maritim

Terakhir, ada sekot maritime yang menjadi sumber ekonomi bagi warga Kerajaan Sriwijaya. Pastinya tidak sedikit kapal yang sering dijadikan sebagai ladang dalam mencari uang. Hal ini begitu dimanfaatkan oleh sriwijaya.

Walaupun memang betul bahwa kehidupan ekonomi Kerajaan Sriwijaya tidak begitu kaya, namun kegigihan dan sistem yang baik dari Kerajaan Sriwijaya ini begitu menolong. Kerajaan Sriwijaya begitu memperhatikan kedamaian serta manajemen yang baik sehingga bisa berjuang dengan sangat kuat.

Tidak hanya pada sektor itu saja, sebenarnya Kerajaan Sriwijaya ini juga mengepakan sayap pada bidang maritime. Saat itu kerajaan ini juga melakukan negosiasi dengan beberapa negara untuk melakukan kerjasama. Dalam perjalanannya, bahkan sriwijaya ini bisa menjadi salah satu kerajaan terbaik.

Postingan Terkait :