Home Informasi Mengenal Lebih Dekat Kain Shakila yang Sedang Populer

Mengenal Lebih Dekat Kain Shakila yang Sedang Populer

Wartapoin.com – Kain shakila cukup populer saat ini, banyak produk fashion yang memanfaatkan kain shakila untuk bahan dasarnya, karena selain memiliki struktur kain yang bagus, harganya pun juga lebih terjangkau.

Mengenal Lebih Dekat Kain Shakila yang Sedang Populer

Apa itu Kain Shakila?

Kain Shakila adalah jenis kain yang terbuat dari bahan sutra dan sering digunakan untuk membuat pakaian tradisional di beberapa negara di Asia Tenggara. Kain ini memiliki tekstur yang lembut dan ringan, sehingga nyaman dipakai sepanjang hari. Selain itu, kain Shakila juga memiliki sifat yang tahan lama, sehingga cocok untuk digunakan dalam pembuatan pakaian yang akan dipakai secara rutin.

Kain Shakila memiliki sejarah yang panjang dan terkenal di Asia Tenggara. Kain ini pertama kali diperkenalkan di negara-negara seperti Thailand, Vietnam, dan Indonesia pada abad ke-19. Pada awalnya, kain Shakila hanya digunakan oleh kalangan atas masyarakat dan dianggap sebagai simbol kekayaan dan kemewahan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, kain Shakila semakin populer dan bisa diakses oleh masyarakat umum.

Karakteristik Kain Shakila

Menurut informasi yang didapat, bahan shakila diproduksi dari perpaduan 2 jenis kain yaitu kain katun dan silk. Maka dari itu karakteristik bahan shakila juga merupakan gabungan dari karakteristik kedua bahan tersebut.

Seperti yang sudah kita tahu bahwa kain katun memiliki sifat paling unggul dalam hal menyerap keringat. Alhasil, bahan shakila juga mampu menyerap keringat dengan cepat. Sedangkan kain silk memiliki sifat halus, lembut, ringan, tidak mudah kusut dan jatuh saat digunakan. Sehingga kain shakila juga mengambil sedikit karakteristik dari kain silk juga.

Selain itu, kain shakila juga memiliki serat kain yang rapat dan ketebalan yang cukup, dengan begitu saat sudah dijadikan baju tidak akan menerawang saat digunakan. Hanya saja lebih diperhatikan saat menjemur. Jemur pakaian berbahan shakila dalam kondisi dibalik (bagian luar didalam dan bagian dalam diluar) supaya motif luar lebih awet.

Mengenal Lebih Dekat Kain Shakila yang Sedang Populer

Kelebihan Kain Shakila

Ada beberapa kelebihan yang diberikan oleh kain shakila ini, seperti :

  • Perpaduan kain katun dan silk. Tapi tidak mengkilap. Jadi adem , halus dan jatuh dipakai.
  • Serat kain rapat dan tekstur diagonal miring atau tuil pada permukaan kainnya, hanya saja lebih rapat dan kecil.
  • Shakila premium yang ori, strecht/ lentur tapi tidak terlalu melar seperti jersey.
  • Meyerap keringat dengan baik.
  • Ringan tapi tidak melayang.
  • Struktur serat yang dipunyai bahan Shakila ini meski tebal dan tidak menererawang, tetapi sangat nyaman dan tidak panas.
  • Tidak nyeplak di badan.

Penggunaan Kain Shakila

Kain Shakila dikenal dengan berbagai macam motif dan warna yang indah. Motif yang paling terkenal adalah motif bunga dan kayu yang dicetak dengan menggunakan teknik batik. Selain itu, kain Shakila juga bisa ditemukan dengan motif-motif tradisional lainnya, seperti motif wayang atau motif kupu-kupu. Warna yang paling umum digunakan adalah warna-warna cerah seperti merah, kuning, dan hijau, namun terkadang juga bisa ditemukan dengan warna-warna lebih gelap seperti biru dan hitam.

Selain untuk membuat pakaian, kain Shakila juga bisa digunakan untuk membuat aksesoris, seperti ikat kepala atau ikat pinggang. Kain ini juga sering digunakan sebagai bahan untuk membuat tas atau dompet, karena memiliki tekstur yang lembut dan tahan lama.

Kain Shakila merupakan salah satu produk unggulan dari beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Kain ini dianggap sebagai produk yang bernilai tinggi dan sering dijual dengan harga yang cukup mahal. Namun, meskipun demikian, kain Shakila masih banyak dicari dan diminati oleh masyarakat karena keindahannya yang tidak tertandingi.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan tentang kain shakila, semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi tersebut. Terima kasih sudah berkunjung dan nantikan artikel menarik berikutnya hanya di website wartapoin.com

Postingan Terkait :