Home Informasi K3 Adalah? Simak Penjelasan Paling Lengkapnya Disini!

K3 Adalah? Simak Penjelasan Paling Lengkapnya Disini!

K3 Adalah? Simak Penjelasan Paling Lengkapnya Disini! | Pada saat mengunjungi rumah sakit atau kantor, seringkali terlihat rambu-rambu dengan beberapa macam warna. Terkadang, ada rambu-rambu yang menandakan gawat darurat, namun juga ada yang hanya sekedar penunjuk. Rambu-rambu tersebut diciptakan dari K3, tetapi apakah K3 adalah hal yang sebenarnya penting untuk diketahui?

Sebagai mahasiswa, ternyata K3 ini wajib untuk dipelajari dan dipahami. Pada saat kerja, mahasiswa yang lulus akan masuk ke lingkungan pekerjaan yang sering mengandalkan prinsip K3.

Oleh karena itu, sebagai calon pekerja di masa depan, seorang mahasiswa perlu memahami definisi dan tujuan dari K3.

Pengertian dan Tujuan K3

K3 adalah ilmu yang terkait dengan keselamatan dan kesejahteraan manusia pada saat bekerja. Disingkat dari Kesehatan dan Keselamatan Kerja, K3 memiliki pengertian yang sedikit berbeda menurut beberapa lembaga, namun memiliki satu tujuan. Tujuan dari terciptanya K3 yaitu:

  • Melindungi setiap pekerja dan orang yang terkait dalam melakukan pekerjaan di tempat kerja.
  • Memastikan lapangan pekerjaan dan sumber produk yang digunakan dalam pekerjaan aman dan tanpa ada resiko yang membahayakan.
  • Meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas bagi para pekerja.

Bentuk dan Makna dari Lambang Yang Diterapkan di K3

Seperti lambang pada umumnya, lambang K3 memiliki bentuk yang unik namun punya arti tersendiri. Logo K3 adalah gambar berbentuk roda hijau bergigi sebelas di atas latar putih, serta lambang palang berwarna hijau di dalamnya. Berikut makna dari setiap elemen yang digunakan sebagai logo:

  • Palang memiliki arti bebas dari kecelakaan, serta penyakit yang terjadi karena pekerjaan.
  • Roda yang memiliki gigi, artinya bekerja dengan menggunakan jasmani dan rohani.
  • Warna hijau yang artinya, sehat, sejahtera, dan selamat.
  • Latar belakang berwarna putih sering dianggap sebagai warna suci.
  • Sebelas gigi pada roda, merupakan referensi dari sebelas bab sesuai dari aturan Undang-Undang mengenai Keselamatan Kerja.

Beberapa Jenis Rambu-Rambu Yang Sering Digunakan dalam K3 

K3 menerapkan rambu-rambu untuk mempermudahkan pekerja untuk mengetahui informasi secara singkat dan jelas. Rambu-rambu K3 biasanya disebut sebagai Safety Sign, yang artinya lambang keamanan. Rambu-rambu ini dapat dibagi menjadi lima tipe, dengan warna dan tingkat bahaya yang berbeda-beda. Berikut penjelasan dari lima macam rambu-rambu:

1. Warning Sign

Rambu-rambu ini memiliki warna dasar kuning berbentuk segitiga, dengan gambar hitam di dalamnya. Warning Sign bertujuan sebagai peringatan bahaya dari sebuah benda atau efek yang berada di sekitar rambu-rambu. Misalnya, peringatan hati-hati terhadap bahan mudah terbakar, atau peringatan bahaya biologi dan radioaktif.

2. Mandatory Sign

Rambu-rambu ini memiliki warna dasar biru berbentuk lingkaran, dengan gambar berwarna putih. Mandatory Sign biasanya ditambahkan sebagai instruksi bagi pekerja untuk melakukan sesuai dengan yang tertulis di rambu-rambu. Misalnya, instruksi gunakan pelampung atau instruksi gunakan sabuk pengaman.

3. Prohibition Sign

Rambu-rambu ini memiliki gambar berwarna hitam, yang dihalangi oleh tanda lingkaran merah. Prohibition Sign berfungsi sebagai suatu larangan agar tidak melakukan apa yang ditulis di rambu-rambu. Contohnya, larangan dilarang merokok atau dilarang parkir di area dimana rambu-rambu ditegakkan.

4. Fire Sign

Rambu-rambu ini memiliki bentuk persegi panjang dengan warna merah yang mencolok, serta gambar putih di dalamnya. Sesuai dengan namanya, rambu-rambu ini khusus untuk informasi yang terkait dengan kebakaran. Contohnya, rambu-rambu pintu darurat kebakaran, atau tangga pemadam kebakaran.

5. Emergency and Direction Sign

Rambu-rambu yang terakhir memiliki bentuk persegi panjang berwarna hijau, dengan gambar putih di dalamnya. Emergency and Direction Sign digunakan sebagai direksi atau petunjuk bagi orang yang sedang mencari hal tertentu. Misalnya, rambu-rambu yang menunjukkan arah pintu keluar darurat, atau rambu-rambu yang menandakan klinik darurat.

Sekian penjelasan mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang disingkat dengan K3. Meskipun istilah K3 jarang terdengar bagi kalangan awam, setidaknya banyak orang yang tentunya paham dan mengikuti rambu-rambu ini. Karena itu, bagi mahasiswa dan juga bukan mahasiswa, K3 adalah pengetahuan penting yang dapat menyelamatkan banyak jiwa.

Postingan Terkait :