Home Informasi Helm Putih Artinya Apa? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Helm Putih Artinya Apa? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Helm Putih Artinya Apa? Berikut Penjelasan Lengkapnya | Faktor keamanan menjadi salah satu faktor utama dalam kawasan konstruksi. Dengan keamanan yang terjaga, pekerjaan akan lancar dan hasilnya maksimal. Salah satu bagian dari pengaturan keamanan dan keselamatan bekerja di kawasan konstruksi ialah dengan menggunakan helm proyek. Setiap warna helm proyek memiliki artinya sendiri. Lantas, helm putih artinya apa?

Dikarenakan masing-masing warna helm memiliki artinya sendiri, begitu pula dengan helm proyek warna putih. Ada tujuh warna helm yang kebanyakan digunakan di kebanyakan negara, termasuk di Indonesia.

Tujuh warna tersebut ialah biru, merah, jingga, kuning, putih, merah muda, dan hijau. Simak ulasan berikut dan ketahui helm putih artinya apa di sini.

Arti Helm Putih dan Warna Lain Bagi Pekerja

1. Helm Biru

Helm dengan warna biru memiliki arti tersendiri seperti helm dengan warna lainnya. Biasanya helm dengan warna ini digunakan oleh para pekerja lapangan yang tingkat jabatannya berada di bawah insinyur dan mandor. Misalnya saja seperti supervisor lapangan, kontraktor kelistrikan, operator teknis, hingga pengawas sementara di lapangan.

Meskipun demikian, ketentuan ini agak berbeda dengan yang ada di lapangan. Di kawasan konstruksi, umumnya helm biru akan lebih banyak digunakan oleh para tenaga ahli seperti teknisi kelistrikan dan teknisi bangunan kayu.

Selain itu, juga sering digunakan oleh para operator alat berat seperti crane, forklift, bulldozer, dan lainnya.

2. Helm Merah

Secara umum, helm dengan warna ini digunakan oleh para safety officers. Petugas keamanan ialah petugas kawasan konstruksi yang bertanggung jawab untuk menetapkan standar keamanan bekerja di kawasan tersebut.

Salah satu tugasnya ialah dengan memastikan pekerja menggunakan helm dengan warna yang sesuai. Petugas keamanan bertugas untuk memastikan pekerja mematuhi standar keamanan yang ada.

Petugas keamanan menggunakan helm berwarna merah agar mudah dikenali jika pekerja memerlukan bantuan darinya.

Budaya kesehatan keselamatan kerja atau yang biasa disingkat menjadi K3 juga wajib diterapkan dan menjadi tanggung jawab petugas keamanan untuk menanamkannya pada pekerja lain. Ini dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan kerja di kawasan proyek.

3. Helm Jingga

Helm dengan warna jingga khusus diberikan dan digunakan oleh awam atau non-pekerja yang memasuki kawasan proyek. Misalnya saja ada orang luar atau petugas katering yang tidak bekerja di kawasan proyek tersebut. Untuk memasuki wilayah proyek, wajib menggunakan helm dengan warna jingga.

4. Helm Kuning

Warna ini digunakan untuk helm pekerja konstruksi biasa. Ini dimaksudkan agar para pekerja konstruksi mudah dikenali dan terlihat mencolok. Jumlah pekerja konstruksi biasa tentu lebih banyak daripada petugas lainnya. Dengan warna helm yang mencolok diharapkan mobilitas di kawasan proyek dapat lebih aman sebab para pekerja terlihat mencolok dengan helmnya yang berwarna kuning.

5. Helm Putih

Untuk helm putih artinya ialah petugas dengan jabatan tinggi dalam proyek tersebut. Misalnya saja seperti insinyur, mandor, pengawas proyek, hingga manajer proyek. Helm putih digunakan untuk menandai petugas yang memiliki tanggung jawab dan pengetahuan yang lebih besar terkait dengan proyek maupun kawasan proyek tersebut.

6. Helm Merah Muda

Warna ini tidak menandakan femininitas atau merujuk pada gender tertentu. Helm dengan warna merah muda justru berarti petugas magang atau pekerja yang masih baru. Jumlahnya yang tidak banyak dan masih perlu untuk berada dalam pengawasan memerlukan warna yang menarik agar mudah dicari.

7. Helm Hijau

Warna hijau memang identik dengan lingkungan. Begitu pula dengan helm berwarna hijau. Helm hijau di kawasan proyek biasanya digunakan oleh petugas kebersihan dan lingkungan. Petugas ini memiliki tanggung jawab untuk menjaga lingkungan kerja tetap menjaga kebersihan lingkungan dan ekosistem sekitar tetap terjaga dengan baik.

Itulah ulasan terkait arti warna-warna helm. Jadi, helm putih artinya ialah petugas dengan jabatan tinggi di kawasan maupun proyek tersebut. Jangan ragu untuk tanyakan kepada petugas yang bertanggung jawab jika memiliki pertanyaan terkait proyek.

Postingan Terkait :