Home Informasi Apa itu Garuda Militer? Berikut Penjelasannya

Apa itu Garuda Militer? Berikut Penjelasannya

Wartapoin.com – Ketika masih anak-anak, banyak yang berkeinginan menjadi tentara. Sosok tentara kelihatan begitu keren, sehingga tidak sedikit yang ingin berprofesi sebagai TNI. Bicara soal TNI, profesi satu ini sebenarnya memiliki banyak tugas yang diemban. Salah satu adalah menjaga perdamaian dunia yang terbentuk menjadi garuda militer Indonesia.

Garuda militer merupakan kumpulan orang yang telah diseleksi dari anggota TNI menjadi tim yang ditugaskan untuk menjaga perdamaian dunia. Namun tak hanya tim garuda saja, kali ini akan dibahas mengenai apa saja tugas TNI.

Daripada sekedar penasaran, bagaimana kalau langsung disimak penjelasannya dibawah.

Pengertian Tentang Garuda

Tim garuda atau yang juga disebut dengan kontingen Garuda atau pasukan garuda merupakan pasukan TNI atau tentara nasional Indonesia. Pasukan Garuda sendiri merupakan pasukan yang ditugaskan untuk menjaga perdamaian antara negara dunia. Juga termasuk dalam kelompok pasukan PBB.

Pasukan garuda ini terbentuk dari hasil menyeleksi semua kesatuan TNI yang sekarang terdiri dari tiga kesatuan. Yang pertama adalah TNI AD, TNI AD ini merupakan TNI angkatan udara dan bertugas di daratan seperti namanya. Juga menjadi kesatuan yang paling besar.

Selain itu ada TNI AU, TNI angkatan udara ini bertugas menjaga perdamaian dari wilayah udara. Kemudian yang terakhir adalah TNI AL yakni angkatan laut yang nantinya memiliki tugas menjaga kedamaian di laut. Jadi semua kesatuan memiliki peranannya sendiri-sendiri.

Nah, pasukan garuda militer adalah prajurit yang diseleksi dari tiga kesatuan tersebut untuk menjaga perdamaian antara negara. Biasanya dikirimkan untuk membantu saat negara lain terjadi peperangan atau semacamnya. Intinya adalah melakukan operasi militer dalam peperangan.

Apa Saja Tugas TNI (Kontingen Garuda)

Yang memiliki tugas untuk menjaga perdamaian tak hanya orang-orang terpilih dalam seleksi garuda saja. Namun, seluruh TNI juga memiliki tugas yang sama hanya saja dalam wilayah atau porsi berbeda. Nah kali ini akan dibahas apa saja tugas dari TNI.

1. Operasi Militer Perang

Tugas terpenting yang dimiliki TNI adalah operasi militer perang. Hal ini juga yang dilakukan oleh kontingen atau pasukan garuda. Anda sendiri sudah pasti tahu apa tugas dari operasi militer perang. Yakni melindungi warga negara dari serangan perang.

Namun, tugas TNI dari seluruh kesatuan tak hanya melakukan operasi militer perang saja. TNI juga mengemban tugas berupa operasi selain perang. Intinya TNI adalah tentara atau prajurit yang mengupayakan keamanan dan kenyamanan warganya.

2. Operasi Militer Selain Perang

Bukan berarti saat tidak ada perang dan negara tengah aman, lantas TNI hanya diam saja. Padahal TNI juga melakukan operasi militer selain dalam peperangan. Seperti yang akan diuraikan berikut ini.

  • Mengatasi apabila ada pemberontakan yang bersenjata.
  • Apabila ada gerakan separatis bersenjata, maka TNI akan turun tangan.
  • Bila ada aksi terorisme yang mengganggu kenyamanan maka TNI juga yang turun tangan.
  • Tak hanya soal persenjataan, pada wilayah batas negara juga ditempatkan sejumlah TNI untuk menjaga perbatasan.
  • Juga mengamankan wilayah suatu objek vital nasional yang memiliki sifat strategis.
  • Kemudian seperti yang diemban pasukan Garuda, yakni melakukan tugas perdamaian untuk dunia namun dengan kesesuaian yang ditetapkan luar negeri dalam kebijakannya.
  • Memberikan pengamanan atau pengawasan terhadap presiden dan juga wakil presiden, sekaligus
  • Membantu menanggulangi yang diakibatkan bencana alam dan beberapa tugas lainnya juga diembankan pada TNI.

Demikian pembahasan mengenai pengertian garuda militer dan juga beberapa tugas yang diemban oleh seorang TNI. Jadi TNI dan juga pasukan Garuda ini tak hanya paham soal persenjataan saja. Tapi juga beberapa upaya tentang perlindungan untuk masyarakat seperti melakukan penanganan bencana.

Postingan Terkait :