Home Informasi FW atau Firmware Adalah, Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

FW atau Firmware Adalah, Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Dalam dunia komputer tentu sering kali menemui istilah-istilah yang membuat jadi familiar. Salah satunya Firmware yang penting akan keberadaannya. Dimana FW atau Firmware adalah perangkat lunak yang bekerja untuk membantu perangkat keras. Meskipun berwujud perangkat lunak kecil, tetapi firmware memiliki fungsi yang besar.

Sebagai pengguna PC, apakah Anda sudah tahu apa itu firmware? Banyak orang mungkin menjawab hanya sekedar tahu namanya, namun tidak paham betul fungsi dan seperti apa perangkat satu ini. Nah, agar lebih jelasnya bisa simak yang berikut.

Apa itu Firmware?

Di dalam suatu komputer atau alat elektronik lainnya, tentu di dalamnya memiliki suatu perangkat. Dimana perangkat tersebut akan disusun dengan rapi, sehingga akan menimbulkan fungsi yang diinginkan. Nah, salah satu perangkat yang ada tersebut adalah Firmware. FW atau Firmware adalah suatu perangkat kecil yang ada di dalam perangkat lunak.

Tidak jarang, Firmware ini disebut dengan perangkat tegar. Terkadang juga dianggap seperti sistem operasi yang ada di komputer. Hal ini dikarenakan Firmware memiliki fungsi yang penting untuk menjalankan suatu perintah. Nah, untuk fungsinya sendiri bisa simak yang ada dibawah.

Fungsi Firmware

Sebenarnya Firmware ini telah mengalami perkembangan. Terkait perkembangan tersebut, Firmware telah berubah menjadi memory flash yang tentu sering digunakan sekarang. Apalagi perkembangan tersebut telah memberi kemudahan bagi para penggunanya, sekaligus lebih praktis untuk update.

Pastinya, setiap perangkat elektronik akan membutuhkan yang namanya Firmware ini. Sebab, tidak adanya Firmware akan membuat perangkat tersebut tidak dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai fungsi dari Firmware bisa simak rincian berikut.

  • Berfungsi sebagai alat pengontrol dari kinerja yang ada pada perangkat keras yang digunakan tersebut.
  • Dapat digunakan sebagai peningkatan performa dari perangkat keras.
  • Dapat untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi di suatu sistem yang dipakai tersebut.
  • Adanya instruksi untuk pengoperasian perangkat keras.
  • Dapat menyaring, kontrol, serta mengatur lalu lintas data yang sudah diizinkan perangkat lunak yang digunakan.

Jenis-jenis Firmware

Fw atau Firmware adalah suatu perangkat kecil yang berada pada perangkat lunak. Nah, Firmware ini memiliki beberapa jenis yang cukup tidak asing didengar. Apalagi, bagi mereka yang mengetahui dunia elektronik. Adapun jenis-jenis yang ada pada Firmware bisa diketahui sebagai berikut.

1. BIOS

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa letak Firmware ini ada di dalam perangkat lunak. Adapun terdapat jenis dari Firmware yang ada dan tersimpan di MOBO atau motherboard. Nah, motherboard yang ada di dalam komputer ini biasa disebut dengan BIOS. FW jenis ini bisa melakukan suatu interaksi terhadap hardware.

Tentu hal tersebut sangat berguna, sebab akan dapat mendeteksi error yang tersembunyi dan software tidak tahu. Nantinya, BIOS akan memberitahu kepada bootloader. Dimana program tersebut akan menjalankan instruksi dari OS lalu akan masuk ke memori device. Dengan begitu, sehingga bisa mengontrol semua komponen agar berjalan dengan baik.

2. EFI

Jenis Firmware berikutnya adalah EFI yang memiliki kepanjangan Extensible Firmware Interface. Dimana, EFI ini memiliki instruksi oleh CPU terhadap hardware agar menyala. Nah, kemudian akan diteruskan kepada bootloader. Sebenarnya setiap jenis dari Firmware ini memiliki kesamaan dalam fungsinya. Hanya saja penempatan yang berbeda.

Dimana, EFI ini memiliki keunggulan ketika dibandingkan dengan BIOS. Meskipun memiliki fungsi yang sama, sistem EFI kompatibel dengan yang dimilikinya yakni secure boot. Penambahannya adalah secure boot berguna untuk meningkatkan security system yang ada pada device.

Itulah tadi ulasan mengenai FW atau Firmware sebagai perangkat kecil yang ada di perangkat lunak. Tentu setiap komponen perangkat memiliki fungsi, begitu juga pada Firmware. Dimana Firmware ini memiliki jenis dengan fungsi yang berguna untuk peningkatan kinerja pada sistem.

Postingan Terkait :