Home Informasi FM Adalah Frequency Modulation, Ini Penjelasan Lengkapnya

FM Adalah Frequency Modulation, Ini Penjelasan Lengkapnya

FM Adalah Frequency Modulation, Ini Penjelasan Lengkapnya | Salah satu jenis frekuensi yang banyak digunakan, termasuk untuk keperluan siaran radio di Indonesia ialah FM. Frekuensi FM adalah frekuensi yang bebas dari pengaruh gangguan udara. Tidak jarang frekuensi FM dibandingkan dengan frekuensi lain yang juga banyak digunakan, yakni AM. Meski masing-masing frekuensi memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, FM disebut lebih unggul.

Khususnya dalam penggunaannya untuk keperluan siaran, frekuensi FM memiliki banyak keuntungan yang ditawarkan. Namun, tentu saja frekuensi ini juga terbatas dalam beberapa hal. Misalnya saja seperti jangkauan, rentan hambatan fisik, dan masih banyak lainnya. Jadi, apakah benar bahwa FM adalah frekuensi yang paling unggul? Berikut ulasan selengkapnya.

Pengertian FM

FM merupakan singkatan dari Frequency Modulation yang artinya ialah modulasi frekuensi. Ini merupakan proses  pemancaran sinyal dengan cara mengubah frekuensi sinyalnya. Semula, frekuensi ini ditemukan pada akhir abad 19. Frekuensi AM maupun FM digunakan untuk mentransmisikan sinyal radio untuk menjangkau area yang luas.

Pada saat itu, kedua frekuensi ini sama-sama digunakan dalam penyiaran radio saja. Frekuensi AM memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan frekuensi FM.

Sayangnya, jangkauan yang luas dari frekuensi AM tidak diimbangi dengan hasil atau kualitas sinyal yang cukup baik. FM dengan jangkauannya yang lebih sempit mampu memberikan kualitas sinyal yang lebih baik.

Seperti dari namanya, FM dipancarkan dengan metode menumpangkan sinyal informasi pada sinyal carrier. Sinyal yang ditumpangkan atau dimodulasi oleh sinyal carrier kemudian akan merubah tegangan dan frekuensi pada sinyal carrier.

Dengan demikian, sinyal carrier akan mengikuti perubahan sinyal informasi namun dengan amplitudo yang tetap konsisten.

Jika pada frekuensi FM, sinyal carrier mengikuti perubahan kecuali untuk amplitudonya, frekuensi AM justru sebaliknya. Frekuensi AM juga bekerja dengan metode modulasi atau penumpangan sinyal.

Namun, sinyal carrier yang ditumpangi oleh sinyal informasi frekuensi AM tidak akan berubah semuanya kecuali untuk amplitudonya yang harus menyesuaikan sinyal informasi.

Kelebihan dan Kekurangan FM

Meskipun sama-sama digunakan dalam pemancaran radio, frekuensi AM dan FM memiliki kelebihan maupun kekurangan. Jika dilihat dari rentang frekuensinya saja, keduanya sudah berbeda.

Dapatkan jawaban apakah frekuensi FM adalah yang terbaik dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan selengkapnya dari frekuensi ini sebagai berikut.

1. Kelebihan

Sebagai frekuensi yang disebut lebih unggul dibandingkan dengan frekuensi AM, ada banyak keunggulan yang ditawarkan oleh frekuensi ini. Adapun sebagai berikut ini ulasan kelebihan frekuensi FM selengkapnya:

  • Tidak rentan noise. Sinyal informasi yang ditransmisikan melalui berbagai sinyal carrier selain amplitude membuat frekuensi FM kurang rentan terhadap noise.
  • Amplitudo konstan. Dengan amplitudo yang konstan, frekuensi FM dapat mentransmisikan sinyal informasi yang tetap berkualitas.
  • Kualitas sinyal baik. Modulasi terhadap sinyal lain selain amplitudo membuat FM mampu menghasilkan kualitas sinyal yang lebih baik.
  • Bandwith tidak terbatas. FM memiliki dua kali jumlah frekuensi sinyal modulasi yang membuat bandwidth nya lebih tinggi dibandingkan frekuensi AM.

2. Kekurangan

Meski memiliki banyak keunggulan yang ditawarkan, FM juga memiliki beberapa kekurangan yang tidak dapat ditemukan di frekuensi AM. Adapun kekurangan yang dimaksud ialah sebagai berikut ini ulasannya:

  • Jangkauan terbatas. Sinyal FM hanya dapat menjangkau area lokal saja. Untuk menjangkau area yang lebih luas diperlukan lebih banyak pemancar dalam area tersebut.
  • Hambatan fisik menjadi kendala. Adanya bangunan tinggi atau massa tanah bisa membatasi kualitas sinyal serta jauh atau dekatnya jangkauan sinyal.
  • Memerlukan penerima dan pemancar sinyal yang kompleks. Kompleksitas transmisi sinyal frekuensi FM jauh lebih daripada frekuensi AM.

Itulah ulasan selengkapnya tentang frekuensi FM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa FM adalah frekuensi yang dapat digunakan untuk memancarkan sinyal dengan kualitas jernih namun dalam area lokal.

Postingan Terkait :