Home Informasi Flashdisk Adalah? Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Flashdisk Adalah? Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Flashdisk, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya Untuk Diketahui | Berbincang tentang media untuk menyimpan data, flashdisk menjadi salah satu pilihan yang banyak digunakan. Ya, flashdisk adalah penyimpanan eksternal yang bisa diandalkan untuk menyimpan beragam data dan memudahkan transfer data ke device lainnya dengan sangat mudah.

Tidak hanya itu, flashdisk juga memiliki ukuran yang cukup kecil dan mungil. Hal inilah yang membuatnya mudah dibawa ke mana saja dan dapat disimpan di beragam tempat secara mudah dan aman.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beragam hal terkait flashdisk yang perlu untuk kamu ketahui, mulai dari pengertian, fungsi, kelebihan serta kekurangannya. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Pengertian Singkat Flashdisk

Apa yang sebenarnya dimaksud dengan flashdisk?

Dalam pengertian singkat, flashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan beragam jenis data secara eksternal dan dihubungkan dengan port USB. Perangkat flashdisk mampu menyimpan data dengan ekstensi file yang berbeda dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup beragam.

Selain itu, flashdisk bisa menyimpan data secara permanen meskipun aliran listrik pada perangkat ini diputuskan. Artinya, data yang tersimpan di dalam flashdisk tidak akan hilang meskipun perangkat penyimpanan ini dicabut dari port USB. Hal ini dikarenakan di dalam flashdisk terdapat sebuah controller serta memory yang mampu menyimpan data.

Fungsi Flashdisk

Sebagaimana disinggung sebelumnya, secara umum, flashdisk digunakan untuk menyimpan beragam jenis data dengan ekstensi file yang berbeda. Tidak hanya itu, flashdisk pun bisa digunakan sebagai perangkat untuk melakukan transfer data ke device lainnya.

Fungsi lain dari flashdisk adalah menjadi media bootloader. Perangkat ini bisa diandalkan untuk membantu proses instalasi OS pada perangkat laptop yang tidak memiliki fitur DVD drive. Dengan menggunakan flashdisk, tentu proses instalasi OS akan tetap bisa dilakukan dengan lebih mudah dan praktis.

Ragam Kelebihan Flashdisk

Flashdisk hanyalah salah satu dari beragam jenis alat penyimpanan data yang tersedia. Namun, alat yang satu ini memiliki beberapa kelebihan yang tentu bisa dijadikan pertimbangan kenapa pengguna lebih memilih untuk menggunakan flashdisk dibandingkan dengan perangkat penyimpanan lainnya.

Adapun beberapa kelebihan dari flashdisk diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Flashdisk memiliki ukuran yang cenderung kecil dan juga simple. Namun, di balik ukuran kecil tersebut terdapat ruang penyimpanan yang cukup besar. Menariknya, semakin besar ruang penyimpanan flashdisk tidak berpengaruh pada ukuran fisik dari flashdisk tersebut. Artinya, kamu bisa saja memiliki flashdisk dengan ukuran kecil namun berkapasitas besar.
  • Flashdisk bisa dijadikan alternatif media untuk melakukan instalasi OS pada laptop yang tidak memiliki DVD drive. Hanya saja, sebelum menggunakannya, flashdisk harus diubah terlebih dahulu menjadi bootable
  • Penggunaan flashdisk bisa dikatakan sangat mudah. Pasalnya, pengguna hanya perlu memasang flashdisk pada port USB yang tersedia baik pada perangkat laptop ataupun desktop. Dalam penggunaan awal, tidak perlu ada proses instalasi yang dilakukan. Setelah flashdisk di pasang, memori penyimpanan tersebut akan langsung bisa bekerja.
  • Dengan penggunaan yang benar, flashdisk bisa memiliki umur penggunaan yang sangat panjang. Bahkan, data yang tersimpan di dalamnya pun nantinya tidak akan rusak ataupun hilang
  • Merupakan produk memori penyimpanan eksternal yang sangat terjangkau. Mengingat, produk flashdisk tersedia dalam beragam kapasitas ruang penyimpanan dan juga merek yang berpengaruh pada harga flashdisk tersebut

Beberapa hal di atas adalah ragam kelebihan dari flashdisk yang bisa jadi menjadi pertimbangan kenapa jenis memori penyimpanan ini digunakan. Terlebih lagi, flashdisk saat ini muncul dengan beragam desain yang menarik dan unik.

Ragam Kekurangan Flashdisk

Meskipun beberapa kelebihan yang ditawarkan flashdisk terkesan memberikan keuntungan kepada pengguna, memori penyimpanan eksternal ini nyatanya masih memiliki sejumlah kekurangan. Tentu saja, kamu sebagai pengguna flashdisk perlu mengetahui kekurangan tersebut.

Adapun beberapa kekurangan dari flashdisk diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Risiko hilang yang cukup tinggi terutama dikarenakan bentuk flashdisk yang cukup kecil. Oleh karenanya, perlu kehati-hatian perihal penyimpanan dan bagaimana flashdisk tersebut dibawa.
  • Ruang penyimpanan yang cenderung terbatas, terutama untuk pengguna yang terbiasa menyimpan file dalam ukuran besar, seperti melakukan back up pada data sebuah perangkat dan lainnya.
  • Transfer rate yang tergolong cukup lambat jika dibandingkan dengan memori eksternal lainnya. Hal ini mengakibatkan proses pengiriman file dari device ke flashdisk bisa berlangsung lebih lama.
  • Rawan rusak terutama jika penggunaan dilakukan secara asal-asalan, seperti asal melepaskan flashdisk dari port USB padahal masih digunakan.

Tentu saja, penting bagi kamu untuk mengetahui kekurangan tersebut agar nantinya pengguna memiliki kesadaran dan pemahaman yang lebih baik ketika menggunakan flashdisk.

Tips Memilih Flashdisk yang Bagus

Sebagaimana diketahui, ada banyak sekali produk flashdisk yang dijual bebas di pasaran. Hal tersebut tentu saja akan memudahkan kamu untuk memilih mana produk flashdisk yang tepat untuk digunakan sesuai dengan keinginan.

Nah, untuk mendapatkan flashdisk terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan kamu, ikuti beberapa tips memilih flashdisk berikut ini:

1)     Memastikan kapasitas penyimpanan

Ketika memilih flashdisk, maka kapasitas penyimpanan adalah hal pertama yang harus kamu perhatikan. Pasalnya, kapasitas penyimpanan ini nantinya akan sangat berpengaruh pada bagaimana flashdisk tersebut hendak digunakan.

Bisa dikatakan jika saat ini produk flashdisk tersedia dengan lebih banyak variasi kapasitas penyimpanan. Nah, kamu bisa membandingkan kapasitas yang ada dan menerapkannya sesuai dengan kebutuhan.

2)     Memperhatikan kecepatan transfer

Seperti yang dibahas sebelumnya, salah satu kekurangan dari flashdisk adalah kecepatan transfer yang terbatas. Oleh karenanya, saat hendak memilih flashdisk yang tepat, cek terlebih dahulu bagaimana kecepatan transfer produk tersebut.

Pastikan jika kamu memilih produk flashdisk dengan kecepatan transfer yang maksimal. Dengan demikian, proses transfer data dari perangkat nantinya akan berlangsung dengan lebih cepat.

3)     Pertimbangkan fitur pengaman

Bisa dikatakan jika teknologi flashdisk juga berkembang dari waktu ke waktu. Salah satu teknologi yang kini banyak diaplikasikan pada produk flashdisk adalah fitur keamanan. Mulai dari finger print dan fitur keamanan lain.

Nah, kamu bisa mempertimbangkan fitur pengaman sebagai salah satu tips memilih flashdisk yang tepat. Dengan fitur pengaman yang dimiliki, tentu saja masalah kebocoran data yang disimpan pada flashdisk bisa diminimalisir.

4)     Perhatikan bentuk fisik

Selain mempertimbangkan kapasitas dan kecepatan transfer, pertimbangkan pula bentuk fisik flashdisk. Pertimbangan ini penting karena akan berpengaruh pada bagaimana penyimpanan yang perlu dilakukan.

Selain itu, dengan memilih bentuk fisik yang tepat, kamu pun nantinya bisa menggunakan dua perangkat berbeda pada port USB yang tersedia.

Beberapa hal di atas bisa dijadikan tips untuk memilih flashdisk yang tepat sesuai kebutuhan.

Sebagai tambahan, jangan lupa untuk memperhatikan brand dari produk flashdisk yang kamu pilih. Pasalnya, brand juga akan berpengaruh pada mutu dan kualitas produk flashdisk yang disediakan. Meski brand yang menawarkan kualitas terbaik umumnya juga menawarkan harga flashdisk yang cenderung tinggi.

Postingan Terkait :