Home Informasi Penjelasan dan Contoh Verifikasi paling Lengkap

Penjelasan dan Contoh Verifikasi paling Lengkap

Wartapoin.com – Dalam kehidupan moderen ini tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan kata verifikasi, semua hal atau kepentingan yang mengarah ke data diri akan membutuhkan proses verifikasi, oleh karena itu verifikasi sangatlah penting. Namun apakah kamu tahu pengertian dari verifikasi? berikut penjelasannya.

Pengertian Verifikasi

Verifikasi (dalam bahasa Inggris: Verification) merupakan proses pemeriksaan tentang kebenaran, akurasi, atau validitas sesuatu. Verifikasi juga dapat diartikan sebagai perbandingan dua atau lebih hasil, atau penggunaan tes tambahan, yang berguna untuk memastikan keakuratan dan kebenaran informasi.

Manfaat Verifikasi

Verifikasi memiliki beberapa manfaat yang penting seperti :
– Mencegah pemalsuan data diri
– Keamanan data
– Kenyamanan pengguna
– Mencegah proses robot pemrograman
– dan masih banyak lagi

Contoh Verifikasi

Banyak sekali yang dapat kita ambil sebagai contoh verifikasi, namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan membagikan satu saja contoh verifikasi yang paling banyak dilakukan, yaitu saat kita membuat sebuah akun sosial media Facebook.

Facebook menjadi salah satu jejaring sosial yang digemari dan menjamur di kalangan masyarakat Indonesia. Facebook merupakan sebuah situs jejaring sosial yang memungkinkan pengguna dapat saling berinteraksi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia. Selain bisa digunakan gratis facebook juga bisa diakses menggunakan browser ataupun aplikasi facebook.

Nah pada umumnya untuk mendaftar akun facebook baru diperlukan sebuah verifikasi data diri terlebih dahulu untuk menjamin bahwa kita memang manusia, berikut tutorialnya :

  1. Pertama siapkan akun email, baik itu GMail, Yahoo, Outlook (Microsoft account) dll. Karena persayaratan mendaftar akun facebook memang harus menggunakan email (bisa juga dengan menggunakan nomor hp)
  2. Buka aplikasi Facebook di smartphone atau kunjungi www.facebook.com
  3. Ketuk / Klik Sign Up
  4. Isi Lengkap identitas mulai dari nama, tanggal lahir juga jenis kelamin
  5. Masukkan email atau nomor telepon

Lakukan konfirmasi untuk melengkapi pendaftaran akun baru, jika konfirmasi diabaikan tentu saja akun baru yang kita buat tadi akan terkunci sementara. Jadi kita wajib konfirmasi atau memverifikasi data kita tersebut supaya tidak terjadi hal-hal yang merepotkan di kemudian hari, seperti akun tidak bisa dibuka, diblokir dan lain lain.

Kesimpulan

Dari proses pendaftaran akun Facebook diatas pastinya sudah cukup jelas bahwa proses verifikasi itu sangatlah penting, pihak Facebook membutuhkan kita melakukan konfirmasi atau Verifikasi agar akun baru bisa digunakan. Jika melihat contoh diatas maka yang dibutuhkan adalah email dan nomor ponsel.

Banyak jenis berkas yang biasanya ditanyakan saat proses verifikasi seperti nomor hp, Kartu Tanda Penduduk, Surat Ijin Mengemudi, Nomor telepon, tergantung dari objek yang akan diverifikasi. Bahkan saat kita mendaftar rekening tabungan di Bank seperti BRI, BNI, BCA dan sebagainya, kita diwajibkan membawa Kartu Keluarga untuk proses verifikasi.

Demikianlah artikel tentang Penjelasan dan Contoh Verifikasi paling Lengkap, semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari penjelasan tentang apa itu verifikasi. Kurang lebihnya saya meminta maaf sebesar-besarnya dan saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung di website wartapoin.com

Postingan Terkait :